• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Alarming Deployment ! Empat Pesawat Pengebom B-2 Spirit USAF Ditempatkan di Australia
Quote:


Angkatan Udara AS (USAF) mengirimkan 20% kekuatan pesawat pengebomnya ke Australia, dari citra satelit Planet Labs; tampak 4 bomber B-2 Spirit telah berada di Amberley Airbase, Queensland. Keempat pesawat itu berasal dari 509th Bomb Wing yang bermarkas di Whiteman Air Force Base, Missouri, mereka dikerahkan dalam misi bertajuk Pacific Air Forces Bomber Task Force.

Dua B-2 Spirit tiba di Amberley pada 10 Juli, sementara dua B-2 lainnya tiba pada 12 Juli 2022. Sementara itu meski B-2 telah mengunjungi Australia sebelumnya, kunjungan kali ini adalah penyebaran pertama B-2 ke negara itu sebagai bagian dari Bomber Task Force (BTF). BTF sendiri merupakan misi yang sering dilakukan USAF untuk menempatkan pesawat pengebomnya di pangkalan udara milik sekutu.

Pengerahan pengebom B-2 Spirit juga merupakan bagian dari Enhanced Air Cooperation Initiative di bawah kesepakatan Force Posture Agreement antara AS dan Australia, yang mencakup pengerahan rotasi pesawat AS dari semua jenis ke Australia untuk pelatihan dan latihan bersama dengan RAAF (Angkatan Udara Australia). USAF dan RAAF juga merencanakan untuk bereksperimen dengan pengisian bahan bakar B-2 dari tanker KC-30 RAAF. Selain itu, USAF megatakan jika kehadiran mereka juga bertujuan untuk melatih kesiapan dan kekuatan serangan penetrasi jarak jauh.

Beberapa bulan terakhir memang sudah terlihat peningkatan penyebaran B-2 di Australia. Misalnya, pada bulan Maret 2022, B-2 Spirit melakukan misi di Indo-Pasifik dengan lima pesawat tempur yang berbeda, termasuk dua F-35A, dua EA-18 Growler, dan dua F/A-18F Super Hornet dari RAAF, dua F-16C, dan sebuah kapal tanker KC-135 dari USAF.

Quote:


Menurut juru bicara Departemen Pertahanan Australia, sepasang B-2 pertama yang tiba di Amberley akan tetap di sana sepanjang bulan Juli dan Agustus, dan berencana untuk terlibat dalam berbagai latihan Angkatan Pertahanan Australia (ADF) seperti Latihan 'Koolendong' dan Latihan 'Arnhem Thunder.' Koolendong sendiri baru saja berakhir pada akhir bulan Juli lalu, ketika Australian 13th Brigade melawan musuh fiktif yang diperankan tentara AS. Dalam latihan tersebut, pengebom B-2 juga berpartisipasi dalam latihan dengan F-35 Australia terbang di atas Pangkalan Udara Curtin.

Meningkatnya kehadiran B-2 berkemampuan nuklir USAF di Indo-Pasifik mengirimkan pesan yang kuat ke China, mengingat pengebom B-2 adalah salah satu dari tiga kaki triad nuklir AS.Pesan itu datang ketika ketegangan di Indo-Pasifik berada pada titik tertinggi sepanjang masa karena latihan militer China di perairan sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi di pulau itu dengan pesawat pada 2 Agustus, meskipun ada beberapa peringatan  dari China.

Quote:


Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) telah meluncurkan latihan angkatan laut besar-besaran di lima wilayah di sekitar Taiwan yang tumpang tindih dengan perairan teritorial negara pulau itu. Latihan tersebut mencakup latihan menembak langsung yang telah memaksa pelayaran komersial dan lalu lintas penerbangan untuk mengubah rute untuk menghindari latihan militer.

China juga telah menembakkan sekitar 16 rudal balistik Dongfeng pada hari Kamis (04/08/2022), di mana 5 diantaranya nyasar ke zona ZEE Jepang. Aksi uji coba rudal itu kemungkinan juga akan menghambat ekspor atau impor barang dari Jepang dan Korea Selatan. Menurut Ambrose Linn, mantan anggota Dewan Pengembangan Logistik Hong Kong, biaya logistik bisa naik 10%. Barang-barang yang sangat dibutuhkan akan dipindahkan dari kapal ke pesawat untuk pengiriman lebih cepat.


The Black Jet


B-2 Spirit adalah pesawat yang lahir dari Black ProgramAmerika yang sangat rahasia pada era Perang Dingin, dari program ini Amerika sukses membuat berbagai pesawat dengan teknologi paling canggih pada masanya. Dimulai dengan membuat pesawat mata-mata U-2 Dragon Lady, pesawat mata-mata paling cepat SR-71 Black Bird, pengebom siluman B-2 Spirit yang mahal serta satu-satunya pesawat pengebom yang diberi kode F, yakni F-117 Night Hawk. Yang unik, semua pesawat yang lahir dari Black Program tersebut memakai warna kamuflase hitam.

Awalnya pihak Paman Sam akan memproduksi 132 pesawat B-2, namun jumlah itu dikurangi menjadi 75, dan pada tahun 1990-an jumlahnya menyusut lagi menjadi 21 pesawat setelah bubarnya Uni Soviet. Pesawat bomber ini memang dirancang untuk menjatuhkan bom nuklir di kawasan Uni Soviet jika sewaktu-waku Perang Dingin pecah. Namun, setelah negara komunis tersebut bubar, peran B-2 hanya sebagai bomber konvensional.

B-2 Spirit merupakan salah satu pesawat USAF yang paling mahal dalam biaya produksi, perawatan dan operasional. Satu unit B-2 Spirit dibanderol dengan harga US$ 2 Miliar atau setara Rp 29,490 Triliun, harga ini belum termasuk perangkat senjata yang dibawanya. Untuk perawatannya tergolong cukup lama, untuk satu jam penerbangan pesawat B-2 membutuhkan perawatan mencapai 124 jam. Untuk per jam terbangnya pesawat futuristik ini menghabiskan biaya US$ 130.159 setara dengan Rp 1,77 Miliar.

Quote:


Sebagai tambahan informasi pesawat B-2 harus diletakkan di dalam hanggar dengan fasilitas AC, hal ini dilakukan untuk menjaga lapisan siluman (stealth) pada badan pesawat. B-2 dirancang untuk terbang begitu rendah dan cepat sehingga radar akan kesulitan mengidentifikasinya, fitur stealth adalah keunggulan utama pesawat tersebut. Tanpa lapisan siluman (stealth), pesawat ini akan mudah di deteksi karena terbangnya tidak terlalu cepat.

B-2 juga punya desain sayap terbang yang unik karena tidak memiliki bagian vertikal, seperti ekor. Fungsinya untuk memantulkan kembali gelombang radar lawan. Permukaan badan pesawat juga dibuat halus, hal ini dilakukan untuk menghamburkan gelombang radar sepenuhnya, membuat pesawat tampak seperti burung kecil jika dilihat pada radar.

Untuk mesin, pesawat dibekali 4 mesin General Electric F118-GE-100 turbofan, mesin ini memiliki kecepatan maksimal sampai 1.010 km/jam dengan jarak jelajah maksimal 11.000 km. Untuk ketinggian maksimal yang bisa dicapai adalah 15.000 m. Pesawat memiliki panjang 21 m, rentang sayap 52.4 m dan tinggi 5.18 m. Untuk payload senjata yang dibawanya bisa sampai 18.000 kg yang terdiri dari berbagai jenis bom seperti bom nuklir B61 dan B8, Mk82, Mk84 serta JDAM.

Meski di tahun 2019, tingkat kesiapan misi pengebom B-52 lebih baik dari B-2, yakni adalah 66%. Akan tetapi pengebom B-2 punya kesiapan tingkat misi 60%, lebih baik dari pengebom B-1 yang punya tingkat kesiapan misi 46%. Terlepas dari rumitnya perawatan dan mahalnya biaya operasional, bomber futuristik ini masih bisa memberi efek detterent di era modern.


Quote:



Referensi Tulisan: eurasiantimes.com& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 05-08-2022 08:30
gabener.edanmynameisantprovocator3301
provocator3301 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.8K
37
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.