News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ecfb2a65c25366550be4c1/sultan-sekolah-tidak-boleh-memaksakan-pemakaian-jilbab-terhadap-muslim-sekali-pun
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Istimewa Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan sekolah umum negeri tidak boleh memaksa siswi, termasuk siswi muslim, memakai jilbab. Sultan mengatakan aturan penggunaan seragam sekolah sudah tertera jelas dalam Peraturan Mendikbud (Permendikbud). Sultan memi
Lapor Hansip
05-08-2022 18:12

Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun

Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Istimewa

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan sekolah umum negeri tidak boleh memaksa siswi, termasuk siswi muslim, memakai jilbab.

Sultan mengatakan aturan penggunaan seragam sekolah sudah tertera jelas dalam Peraturan Mendikbud (Permendikbud). Sultan meminta sekolah berpegang pada aturan yang sudah ada untuk mencegah pemaksaan menggunakan jilbab seperti di SMAN 1 Banguntapan Bantul.

Sultan menjelaskan tidak perlu ada baru terkait seragam karena sudah ada Permendikbud No 45/2014. Permendikbud ini menyatakan sekolah tidak boleh melarang peserta didik mengenakan seragam sekolah dengan model pakaian agama tertentu berdasarkan kehendak orang tua, wali, dan peserta didik yang bersangkutan. Sebaliknya, sekolah juga tidak boleh memaksakan siswa memakai seragam dengan model agama tertentu.

"Aturan itu sudah ada, aturannya jangan dilanggar menurut penafsiran sendiri. Sudah jelas sudah ada. Itu karena kepentingan sendiri saja, sehingga melakukan hal yang tidak pas," kata Sultan seusai Rapat Paripurna di DPRD DIY, Jumat (5/8/2022) sore.

HB X menyatakan pemerintah daerah memiliki wewenang sendiri untuk memberikan sanksi. Akan tetapi sanksi harus berdasarkan hasil tim investigasi.

Sultan mengatakan hingga saat ini kasus pemaksaan tersebut hanya terjadi di satu sekolah dalam hal ini SMAN 1 Banguntapan.

Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini menegaskan pengunaan jilbab tidak bisa dipaksakan di sekolah negeri meskipun menggunakan alasan nasehat. "Biar pun sesama orang muslim tetapi jangan dipaksa, itu enggak boleh," ujarnya.
---------------------------------------
Wong sudah ada permendikbud yang terang benderang melarang peserta didik mengenakan seragam sekolah dengan model pakaian agama tertentu berdasarkan kehendak orang tua, wali, dan peserta didik, kok ya masih ada aja guru dan kepsek yang ngeyel. Wis angel wis.... Ini contoh dagelan kepsek SMAN 1 Banguntapan Bantul yang mencoba ngeles. Tidak mewajibkan, hanya menyarankan dengan sangat: Ombudsman: SMAN 1 Banguntapan Bantul Bantah Memaksa Pakai Jilbab, Hanya Menyarankan dengan Sangat

Ya pantesan lah pak kepsek dicopot.
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
28.6K Anggota • 649.2K Threads
Halaman 1 dari 2
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 18:24
ada yg berani sebut sultannya i-phobia ? emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 18:28
Dulu zaman Ane SD, guru agama cewek jilbabnya ala tukang sate madura. Kain segitiga menutup rambut diikat di belakang bawah kepala. Masih kelihatan kuping dan lehernya. Ada juga yg cuma pakai semacam topik rajut yg dipakai nenek2. Atau yg suka model gaul pakai kerudung ala penyanyi Nasida Ria. Nggak ada yg pakai kerudung besar sampai menyapu lantai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 18:30
Kalau sultan yg turun tangan, kadrun gak berani komment
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 18:50
bagi siswi korban pemaksaan atribut agama tertentu di wilayah jogja, barangkali ini momen yang tepat untuk melapor ke sri sultan, biar ditindaklanjuti..
0 0
0
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 18:50

Sultan mesti mikirnya, kalau jilbabisasi ini diterusin habis2an, budaya Jawa udah pasti bakalan hilang dari tanah Yogya.
emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 19:01
Eh bukannya tu permendikbud pernah digugat ya
Terus yang gugat menang? Atau ane salah ingatan

Btw sultan udah merasakan kah, tapi salut sih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 19:11
Jangan ada pemaksaanlah apalagi di lingkungan sekolah. Bahaya banget ini sudah masuk di kalangan guru/pendidik
0 0
0
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 19:36
Gurunya yg maksa di non aktifkan gak?🤔
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 19:38
bahagianya gw dulu sekolah jaman rok mini tanpa tayet emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxxjembutkuda dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 19:50
Quote:Original Posted By baworsari
bahagianya gw dulu sekolah jaman rok mini tanpa tayet emoticon-Cool


Pasti lu sering sengaja jatuhi pensil pena atau tip ex ke lantai

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxxjembutkuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 19:52
seandainya DKI . . . . . ..
0 0
0
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 20:01
Kadrun mana suaranya nih emoticon-Leh Uga
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
1 0
1
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 20:05
jika seandainya umat mengetahui asbabun nuzulnya ayat hijab diturunkan,
dikarenakan sahabat nabi umar bin khattab yg horny melihat istri nabi pergi berak emoticon-Hammer



Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun


Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun


profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxxjembutkuda dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 20:20
Sorry to say, biasanya yang pake hijab gede banget kayak bungkusan melayang-layang dan ribet itu cewek yang insecure dengan badannya sendiri. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kosofyu dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 20:43
tanpa dipaksa pun, sekarang klo ane liat2 ciwi2 sma umum negeri mayoritas pake jilbab.
entah emang benar2 hidayah, dipaksa tp gk mau ngaku (cari aman), atau dipaksa scr halus?
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 20:51
astagfirullah, ini adalah penjoliman thd sekolah yg memaksa siswanya berhijab ya akhi emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxxjembutkuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 20:57
nais inpoh gan
kiip posting ya gan
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Sundul
0 0
0
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 21:06
"Ape lo !!!"

Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
profile-picture
profile-picture
xxxjembutkuda dan GadingPutih memberi reputasi
2 0
2
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 21:08
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
profile-picture
xxxjembutkuda memberi reputasi
1 0
1
Sultan: Sekolah Tidak Boleh Memaksakan Pemakaian Jilbab, terhadap Muslim Sekali Pun
05-08-2022 21:12
saya dulu ada staf yang senang banget hallyu. dia ngomong kalau pakai baju agamis itu asli tekanan ortu & teman2, dia sendiri sebetulnya ingin pakai baju gaya korea. begitu pula pas kerja, kebetulan itu lembaga internasional yang punya dress code ketat, nggak boleh pakai baju agamis, banyak yang pergi & pulang pakai baju agamis, di kantor nggak pakai. saya tanya nggak masalah? mereka omong sebetulnya pakai baju agamis karena tekanan lingkungan, mereka sendiri nggak mau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
starcrazy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia