• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Terjawab Sudah Alasannya, Kenapa Motor Matic Sekarang Nggak Pakai Kick Starter

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Terjawab Sudah Alasannya, Kenapa Motor Matic Sekarang Nggak Pakai Kick Starter


Beberapa waktu lalu saya membahas masalah motor kemudian ada Kaskuser menyinggung kick starter, nah kebetulan saya dibengkel berkesempatan menanyakan hal ini ke mekanik langganan saya. Mengapa motor matic tidak ada kick starternya?

Kita umumnya akan semakin bingung ketika motor mogok, elektric starternya sudah dipencet mesin tidak mau hidup, entah karena akinya mulai soak, dinamo starternya sudah lemah, atau businya bermasalah. Disinilah kick starter berperan sebagai 'tombol' darurat untuk mengidupkan mesin.

Tapi tentu semudah itu Ferguso karena kita masih harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk men-selah kick starter beberapa kali agar mesin bisa hidup. Terkadang sampai kaki ini pegel, tapi mesin tidak juga mau hidup. Akhirnya dorong deh ke bengkel terdekat emoticon-Hammer (S)

Motor biasa saja kita cukup repot mendorongnya apalagi ini motor matic yang biasanya lebih berat ketika harus didorong. Nah, akibatnya tidak bisa dibayangkan kalau para perempuan atau emak-emak yang mendorong akan semakin repot, bisa-bisa bedaknya luntur dijalan. Heuheu.

Kalau difikir produsen motor kok tega bener ya, salahsatu fitur penting seperti kick starter ini malah dihilangkan? Apa alasannya sih kenapa harus absen, jelas-jelas ini membuat repot kita semua. Sudah susah hidup karena mesin mati, masih harus mendorongnya, pula!

Jadi berdasarkan informasi yang saya dapat dari mekanik motor langganan kenapa produsen motor sebagian (dan beberapa motor keluaran terbaru) mulai menghapuskan fitur kick starter ini. Nah, beberapa alasan akan saya share disini berdasarkan informasi mekanik langganan, yaitu:



Motor matic tanpa kick starter biasanya masuk dalam kategori matic menengah ke atas contohnya saja ada Yamaha Nmax, Honda PCX , dan Vario 150 dimana meski kick starter dihilangkan tapi mereka memiliki ACG starteryang lebih hemat daya dan suara, serta sistem injeksi bahan bakar yang membuat motor mudah dihidupkan.

Jikapun tetap dipasangkan kick starter maka men-selahnya/engkolnya akan semakin berat (menurut mekanik CC motor semakin besar akan semakin berat menselahnya) belum lagi urusan menggunakan standar tengah pemotor akan semakin kerepotan dibuatnya terutama bagi kaum wanita.

Alasan berikutnya karena motor matic mayoritas sudah bermesinkan injeksi semua, jadi kick starter tidak lagi diperlukan.

Alasan lain adalah mengurangi jumlah komponen yang artinya akan mengurangi biaya produksi, ujung-ujungnya produsen lebih untung karena harga motor tidak lebih murah alias sama saja.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 05-08-2022 01:49
jlamp
s.c.a.
septcember
septcember dan 18 lainnya memberi reputasi
19
12.1K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.