hamtonzAvatar border
TS
hamtonz
Belanja di Tokopedia Kena Biaya Rp1.000 per Transaksi
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...-per-transaksi

Jakarta, CNN Indonesia --

Platform belanja online, Tokopedia mengenakan biaya tambahan untuk jasa aplikasi dan jasa layanan masing-masing Rp1.000 untuk setiap transaksi.

Biaya jasa aplikasi diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi di Tokopedia.

"Biaya Jasa Aplikasi dapat dilihat pada halaman pembayaran dan invoice," tulis Tokopedia dikutip dari website resminya, Kamis (4/8).

Biaya jasa aplikasi itu mereka tegaskan hanya berlaku untuk pembelian produk barang saja dan tidak berlaku untuk transaksi pembelian produk keuangan, produk digital, topAds, zakat dan donasi, kecuali transaksi pembulatan e-gold donasi atau pulsa yang disertakan dalam pembelian fisik.

Pembeli juga tidak akan dikenakan biaya jasa aplikasi apabila total pembayaran Rp0 dan terdapat informasi 'bebas bayar dari Tokopedia' di halaman pembayaran.

Biaya jasa aplikasi sudah termasuk biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan di bidang perpajakan yang berlaku.

Sedangkan, biaya jasa layanan dengan nominal yang sama yakni Rp1.000 dalam setiap transaksi hanya berlaku untuk metode pembayaran melalui KlikBCA, BCA Klikpay, BRImo, CIMB Clicks, Jenius Pay, JakOne, LinkAja, Direct Debit BRI, OneKlik, Direct Debit Mandiri, dan OCTO Cash by CIMB Niaga.

"Biaya layanan berbeda dan terpisah dari biaya jasa aplikasi. Biaya jasa aplikasi dikenakan untuk semua metode pembayaran," tulis Tokopedia
.

Namun, pengguna baru tidak akan dikenakan biaya layanan selama 30 hari sejak terdaftar pada situs/aplikasi dan hanya berlaku untuk 3 transaksi pertama dengan menggunakan metode pembayaran instan.

Sementara, biaya layanan untuk metode pembayaran cicilan akan dikenakan tarif bervariatif sesuai dengan jangka waktu. Misalnya, jika cicilan 3 bulan maka dikenakan biaya layanan sebesar 2,5 persen, 6 bulan sebesar 3,5 persen, 12 bulan sebesar 6 persen, 18 bulan sebesar 6 persen dan 24 bulan sebesar 10 persen.

==========
Pokoknya tiap pake tokped pasti kena Rp1000, kalo pake pembayaran mobile kena lagi charge biaya jasa Rp1000. Total 2 rb.

Kendala terbaru: banyak seller mengeluh kurir sicepat menghilang dari pilihan kurir penjual baik bebas ongkir atau non bebas ongkir. Akan bernasib sama seperti OVO. Jadi bebas ongkir di-monopoli sama entaraja (grup GoTo).

Gabung sama gojek malah jadi kacau, baru ada 1 tahun merger malah nilai promo makin turun:
1.bebas ongkir via klaim kupon dulu tanpa min, skrg min 50rb
2.Nilai cashback makin kecil, cuma dipamerin nominal cashback tapi persentasenya kecil.
3.Biaya dari power merchant juga naik, rata2 sampai 2,5%. Buat official store malah bisa lebih tinggi.
4. Terakhir free ongkir wib tokped dulu min 10rb, bulan juli kemarin jadi min 20rb


Paham sih, ini namanya siklus "bakar duit" udah usai, tapi strategi bisnis yang terlalu rakus IMO karena dari biaya power merchant sih udah cukup gede.

Saatnya beralih ke grup Djarum yang juga pemilik kaskus emoticon-Ultah emoticon-Malu
Diubah oleh hamtonz 05-08-2022 03:15
qavir
jiresh
viniest
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4K
120
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.