• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Aneka Masalah yang Dihadapi Pemotor Akibat Kemacetan, Pernah Ngalamin kan?

schofi.techAvatar border
TS
schofi.tech
Aneka Masalah yang Dihadapi Pemotor Akibat Kemacetan, Pernah Ngalamin kan?
Kemacetan udah jadi bagian dari keseharian masyarakat, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Semakin lama, jalanan semakin ramai, semakin macet. Mau gak mau, harus dihadapi, termasuk seabrek masalah yang terpaksa harus kita jalani akibat kemacetan itu.


Sumber foto: https://img.okezone.com/content/2022...m1zln3mC5H.jpg

Banyak banget deh yang dirugikan oleh kemacetan, termasuk pemotor. Walaupun ukuran motor itu lebih kecil, lebih ramping dibanding mobil dan bisa lebih sat set di jalanan, tetap aja ada saat-saat motor juga terjebak kemacetan. Kalo udah kena macet, pemotor bakalan lebih sulit sih, soalnya gak ada AC kayak di mobil, gak bisa nyender, kalo pas hujan juga jadi harus lama basah-basahan di jalan. Selain itu, ada banyak masalah lainnya yang harus dihadapi pemotor akibat kemacetan. Ini nih contohnya:

1. Waktu yang terbuang

Kemacetan membuat kita rugi waktu. Karena waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan jadi lebih panjang. Kita pun jadi sering membuang waktu di jalanan. ‘Tua di jalan’ katanya. Jarak 1-2 kilometer aja kalo di waktu-waktu padat bisa ditempuh lebih dari 30 menit. Menurut hasil riset Inrix, jika diakumulasi, warga Jakarta menghabiskan waktu 28 jam di tengah kemacetan dalam setahun. Lumayan juga kan, kalo dipakai istirahat udah sama kayak 1 hari cuti tuh.

2. Stres


Sumber foto: https://static9.depositphotos.com/15...stress-man.jpg

Menghabiskan waktu lama di jalan bisa membuat emosi. Apalagi bagi para pengendara motor (mobil juga sih), semakin lama di jalan berarti semakin lama harus berkonsentrasi sekaligus jaga emosi. Ini bikin stres sih. Bahkan jika sudah terbiasa melewati kemacetan pun, stres itu tetap kerasa. Belum lagi segala keruwetan di jalan, bunyi klakson yang berisik, pengguna jalan yang gak tertib, ditambah cuaca yang panas. Wah, lengkaplah sudah penyebab stres berkumpul semua emoticon-Hammer (S)

3. Bau asap knalpot


Sumber foto: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...pr2sQ&usqp=CAU

Aroma tubuh yang gak karuan mungkin bukan masalah besar bagi sebagian orang. Tapi bagi orang-orang tertentu, aroma tubuh yang gak enak itu benar-benar bisa mengganggu, merusak kepercayaan diri, dan mengacaukan suasana hati. Apalagi buat yang kerja di kantor dengan jabatan yang mengharuskan berpenampilan menarik. Masak penampilan udah cakep, tapi bau asap knalpot, bau debu, dan bau matahari gara-gara lama di jalan saat motoran? Gak heran banyak pekerja yang berangkat ke kantor sebelum mandi, biar mandinya sekalian di kantor. Jadi gak bau knalpot lagi emoticon-Big Grin

4. Overheat kendaraan

Mesin motor yang menyala terlalu lama bisa mengakibatkan overheat, terutama di tengah cuaca panas terik. Saat jalan macet, mesin kendaraan hampir gak mungkin dimatikan karena khawatir harus melaju walaupun melajunya sedikit demi sedikit. Malas juga kalo sedikit-sedikit harus matikan mesin, terus dihidupkan lagi. Nah, karena dipaksa terus menyala, bisa menyebabkan mesinnya jadi overheat. Jika terlalu sering terjadi, overheat kayak gitu bisa merusak mesin. Selain karena menyala terlalu lama, overheat juga bisa disebabkan oleh kondisi mesin yang kurang oke. Jadi, pastikan kendaraan kalian rajin diservis dan ganti oli, ya. Pilih bengkel yang tepat, yang pelayanannya handal, komponennya asli, dan berkualitas. Soalnya banyak juga bengkel yang kurang lengkap atau kurang handal. Ada juga bengkel yang curang, yang mekaniknya suka nambah-nambahin parts baru seenaknya ke motor kita padahal gak ada kerusakan apa-apa emoticon-Cape d... (S)Gue sendiri biasa servis dan ganti oli motor di Planet Ban sih. Olinya pake X-Ten, cocok buat motor gue dan mekaniknya gak aneh-aneh atau curang.


5. Bangun tidur lebih awal

Bangun tidur pagi itu emang sehat dan merupakan kebiasaan yang bagus. Tapi, jika harus bangun tidur awal banget demi menghindari kemacetan, rasanya jadi tersiksa juga. Ya, kalo bisa agak santai kan enak, gitu. Sebagian orang terpaksa bangun pagi, bahkan dini hari agar bisa melewati jalanan dengan lancar, tanpa kemacetan. Akibatnya, waktu istirahat berkurang. Solusinya ya paling tidur lebih awal juga.

Banyak deh masalah yang dihadapi oleh pemotor akibat kemacetan. Kalian biasa menghadapi masalah apa aja akibat kemacetan? Kuy curhat sini, gan. Biar stresnya berkurang hehe.
emoticon-Leh Uga

Diubah oleh schofi.tech 10-08-2022 09:34
provocator3301
jiresh
bang.toyip
bang.toyip dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.