harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
7 Kue Khas Betawi Yang Lezat Dan Mulai Jarang Ditemui. Wajib Coba Gan!

Sumber gambar: cookpad.com

emoticon-Hai
Welcome semua

Setelah kemarin TS sudah membahas makanan khas Betawi, kini TS akan membahas mengenai kue-kue atau hidangan ringan khas Betawi. Enak dimakan saat jam tanggung. Kue-kue ini termasuk jajanan yang jadul, sebagian masih eksis hingga saat ini. Tapi sebagian sudah mulai susah dicari.

Quote:


Sebenarnya ada banyak kue-kue tradisional Betawi, namun yang bisa TS bagikan hanya tujuh. Boleh ditambahkan apabila ada yang terlewat. Oke kita langsung ke daftarnya! emoticon-Cool

1. Kue Ape


Sumber gambar: cookpad.com

Kue ape adalah kue yang mirip dengan serabi. Pembuatannya pun hampir sama. Hanya saja, kue ape ini lebih tipis. Karena tipis, bagian pinggirnya jadi lebih garing dan menyisakan bagian tebal di bagian tengah.

2. Kue Dongkal


Sumber gambar: cookpad.com

Kue ini berbahan dasar campuran tepung beras dan kelapa yang ditumbuk kemudian dikukus. Bentuk kue ini cenderung mirip nasi tumpeng. Rasanya manis dan gurih. Lalu selain dong kak ada juga yang menyebutnya awug.

3. Kue Rangi


Sumber gambar: cookpad.com

Kue Rangi ini salah satu kesukaan TS gan. Dibuat dengan campuran tepung kanji dan kelapa parut yang dimasak di dalam cetakan khusus. Biasanya penjual kue rangi masih memakai arang. Setelah matang, kue rangi diberi gula merah yang kental dan manis.

4. Kembang Goyang


Sumber gambar: cookpad.com

Berbeda dengan sebelumnya, kue yang satu ini krispi dan renyah. Rasanya manis dan sedikit gurih. Berdasarkan cerita, nama kembang goyang diambil dari bentuknya yang menyerupai bunga dan pembuatannya dengan di goyang-goyang.

5. Putu Mayang


Sumber gambar: cookpad.com

Kue Putu Mayang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras. Adonannya dibentuk menyerupai mie dan memiliki beragam warna. Kue ini biasa disajikan dengan minta atau air gula yang kental.

6. Cente Manis


Sumber gambar: cookpad.com

Kue Cente adalah kue yang legit dan sedikit kenyal. Berbahan dasar tepung hunkwe, teoung terigu dan santan. Biasanya kue ini dijual di warung-warung. Kadang juga kue ini muncul di berkat atau kue pengajian/hajatan.

7. Roti Buaya


Sumber gambar: cookpad.com

Roti buaya mirip roti pada umumnya. Hanya saja roti ini memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai seekor buaya. Mengapa demikian? Karena buaya hanya kimpoi dengan satu buaya betina dan hal itu melambangkan kesetiaan. Karena itulah roti buaya sering dijumpai di acara pernikahan.

emoticon-2 Jempol

Ya, segitu saja yang bisa TS bagikan mengenai kue khas Betawi yang TS ketahui. Semua kue ini pada dasarnya enak, dan menurut TS semua kue ini bisa cocok dengan semua lidah karena rasanya tidak terlalu asing. Dominan dengan manis khas gula merah.

Kalau ada koreksi dan tambahan, boleh banget gan komentar di bawah. Kalo kalian pernah coba yang mana nih?

emoticon-Cendol Gan
jlannister
nketiahrobin763
lusfdlrrhmn
lusfdlrrhmn dan 13 lainnya memberi reputasi
14
6.4K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.