ariemail
TS
ariemail
Inspirasi Desain Warung Kopi Rumahan yang Unik dan Kekinian

Warung kopi sudah menjadi salah satu usaha rumahan yang menjamur dan mungkin masih akan populer untuk waktu yang lama. Dari waktu ke waktu, makin banyak kreasi menu kopi yang dijual di warung kopi. Meski sederhana, cita rasa setiap seduhan kopi selalu berbeda.

Tidak sedikit warung kopi yang muncul di dalam komplek perumahan. Bisa dibilang bahwa hal ini juga sudah menjadi salah satu tren baru yang populer. Warung kopi rumahan hadir untuk bisa mengakomodasi permintaan dari warga di perumahan yang ingin jajan kopi dengan mudah.

Nah, buat kamu yang ingin memulai usaha warung kopi rumahan, mungkin sedang butuh referensi untuk membuat kedai yang unik. Selain cita rasa kopi yang lezat, tidak dapat dimungkiri bahwa desain unik warung kopi juga menjadi daya tarik bagi calon pelanggan.

Agar mendapatkan kesan pertama yang baik untuk calon pembeli, kamu perlu melakukan beberapa persiapan. Hal ini sebaiknya dipertimbangkan agar usaha warung kopi kamu bisa berjalan lancar dan tentunya cepat balik modal.



- Lokasi usaha
Makin banyaknya warung kopi rumahan yang muncul di berbagai lokasi membuat faktor lokasi menjadi sangat penting. Kamu harus menemukan target pasar yang potensial seperti area dekat pasar, sekolah, atau tempat umum lainnya.

- Menu pendukung
Meski menu kopi yang disediakan lezat, sebaiknya jangan kesampingkan ketertarikan dari para pembeli untuk membeli menu lainnya. Kamu bisa menyediakan menu nonkopi, camilan kue, atau roti yang bisa jadi teman minum kopi para pelanggan.

- Kenyamanan tempat
Tak kalah penting, kenyamanan tempat juga menjadi nilai utama yang dipertimbangkan saat mulai usaha makanan. Meskipun hanya menyediakan menu take away (bawa pulang), warung kopi di rumah harus bersih dan nyaman.

Desain Warung Kopi Rumahan Kekinian


Agar mampu bersaing dengan warung kopi yang sudah muncul lebih dulu, warung kopi kamu juga harus mengikuti tren. Salah satu cara untuk bersaing dengan warung kopi lain adalah mengadaptasi desain warung kopi rumahan yang kekinian.

Banyak inspirasi kedai kopi minimalis yang bisa dipilih dengan desain interior yang ringkas dan sederhana. Namun, pertimbangan soal ketersediaan lahan dan budget pasti jadi hal yang tidak kalah penting. Berikut inspirasi desain warung kopi rumahan yang kekinian.

1. Coffee Bar Bergaya Barat
Kedai kopi di film-film Barat sering kali jadi inspirasi untuk membuat warung kopi kekinian yang trendy. Mengadaptasi gaya sederhana, kamu bisa mendesain warung dengan dominasi warna gelap dan kekayuan. Aksen lampu gantung juga bisa menambahkan kesan klasik.

2. Desain Warung Kopi Rumahan di Kontainer Bekas
Kamu bisa menyimpan kontainer berukuran besar untuk area berjualan kopi di rumah. Konsep warung kontainer ini sangat populer dan kekinian karena memungkinkan boks kontainer dipindah-pindahkan.

3. Modifikasi Garasi Mobil Sederhana
Bagi kamu yang memiliki ruangan garasi cukup besar, area ini mungkin bisa dimodifikasi jadi warung kopi. Kamu hanya memerlukan meja bar panjang dengan beberapa kursi. Dengan konsep open kitchen, para pelanggan juga bisa melihat proses pembuatan kopi.

4. Desain Warung Kopi Rumahan di Lapak Tenda
Kalau sekedar tempat nongkrong, sebenarnya lapak tenda di halaman rumah sudah cukup nyaman buat warung kopi. Kamu hanya perlu modal meja, kursi, dan terpal untuk membuat tempat berteduh sambil menikmati secangkir kopi.

5. Warung Kopi Lesehan
Kalau jalan-jalan ke Yogyakarta, banyak warung kopi lesehan yang bisa kamu temukan di pinggir jalan. Nah, konsep ini juga bisa kamu adaptasi di rumah, dong. Kuncinya, kamu hanya perlu menjaga kebersihan sehingga tempat duduk lesehan juga jadi nyaman.

6. Kedai Kecil Bernuansa Jepang
Aksen Jepang dengan nuansa kayu minimalis biasanya juga jadi pilihan. Kesan warung kopi Jepang biasanya diperkuat dengan beberapa tanaman kaktus atau bonsai.

7. Desain Warung Kopi Industrial
Konsep bangunan ‘setengah jadi’ juga jadi konsep yang kekinian buat warung kopi. Sudah makin banyak orang yang membiarkan sudut rumah tanpa cat, tapi tetap terlihat artsy buat warung kopi.

8. Minimalis Bernuansa Putih
Nuansa warna serbaputih juga selalu menarik buat calon pelanggan. Inspirasi desain warung kopi rumahan dengan nuansa putih ini paling praktis. Jangan lupa untuk menyiapkan interior dengan warna putih yang tentunya harus kamu sering bersihkan, ya!

9. Minimalis Bernuansa Monokrom
Jika merasa kurang percaya diri dengan warna putih, kamu bisa memilih nuansa warna abu-abu, cokelat, hitam, atau warna lain yang senada. Biasanya, gradasi warna senada atau monokrom juga menarik buat jadi warung kopi yang Instagramable.

10. Desain Warung Kopi Rumahan To-Go
Buat kamu yang punya budget terbatas atau memang tidak ingin membuat warung kopi tongkrongan, bisa pakai konsep to-go-coffee. Layaknya layanan drive thru, kamu bisa membuat satu petak rumah dengan jendela tempat memesan saja.

11. Coffee Shop Jadul (Vintage)
Konsep jadul juga banyak digunakan untuk desain warung kopi rumahan. Biasanya, konsep ini dibuat dengan mempertahankan beberapa interior kursi atau jendela rumah tua. Orang yang datang akan tertarik seakan menikmati kopi di rumah nenek.

12. Kedai Skandinavia Bernuansa Pastel
Desain warung kopi rumahan dengan warna pastel pasti jadi target yang sangat menarik bagi mayoritas konsumen perempuan. Interior pastel sangat identik dengan interior minimalis bergaya skandinavia dengan kursi berwarna kayu atau putih.

13. Kios Mini di Depan Rumah
Jika tidak ingin menggunakan space ruangan di rumah, kamu bisa membuat bangunan terpisah dari rumah. Biasanya, kalau ada ruang yang lumayan besar di halaman, kamu bisa membuat kios portabel berukuran kecil untuk warung kopi take away.

14. Kios Bambu Minimalis
Nah, kalau konsep kios bambu akan lebih cocok untuk ‘dapur’ dan tempat memesan. Kamu bisa memanfaatkan area halaman rumah yang asri dengan kios minimalis untuk area membuat kopi dan hidangan lainnya. Jadi, lebih hemat budget dan efisien juga, deh!

15. Rumah Kaca di Halaman
Masih memanfaatkan area halaman, kamu juga bisa membuat semacam rumah kaca kecil di tengah halaman. Konsep rumah kaca akan cocok saat kamu juga ingin membuat konsep open kitchen untuk desain warung kopi rumahan yang akan dibuat.

Itulah beberapa inspirasi desain warung kopi rumahan untuk mulai usaha kedai kopi yang kekinian. Dengan konsep yang kekinian, kamu bisa menarik perhatian calon pelanggan di sekitar area rumah untuk sekedar mampir saat perjalanan menuju rumah.
Untuk dapat mengakomodasi kebutuhan lain bagi para pelanggan, kamu juga bisa jadi agen kecil-kecilan.
Mari kembangkan usaha sekarang!






Posted by: 3776331
#ForumKomunitasWarungKopi via @KASKUS
olasajasontoloyo81kodak.black
kodak.black dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.8K
161
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Komunitas Warung Kopi
Komunitas Warung Kopi
31Thread156Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.