samsol...Avatar border
TS
samsol...
Viral Roy Suryo Ikut Acara Club Mercy, Pelapor: Rasanya Mau Nangis
Jakarta - Video yang memperlihatkan Roy Suryo tertawa bersama koleganya dalam acara Mercedes SL Club Indonesia tengah menjadi sorotan. Video itu muncul setelah Roy Suryo menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur dan berujung tidak ditahan.
Dalam dua kali pemeriksaan tersangka di Polda Metro Jaya, Roy Suryo keluar ruang penyidik dengan kondisi sakit. Video viral Roy Suryo yang tertawa lepas itu direspons oleh pelapor kasus tersebut.

"Kalau dari sisi kita dari umat Buddha begitu melihat mau nangis aja rasanya, sedih," kata pengacara Kevin Wu, Herna Sutana, selaku pelapor Roy Suryo, saat dihubungi, Selasa (2/8/2022).

Herna mengatakan pihaknya selama ini bersikap kooperatif atas penanganan kasus yang menjerat Roy Suryo. Dia mempertanyakan penyidik yang tidak menahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut karena, berkaca pada kasus penistaan agama yang lain, para tersangka bisa ditahan.

"Kita berkaca pada kasus penistaan agama bahwa tersangka itu semuanya langsung ditahan. Kita juga legowo itu kewenangan penyidik untuk tidak menahan. Walaupun itu mencederai keadilan. Kenapa? Karena di sisi lain itu penerapan hukumnya saklek tapi pas di sisi kita ya manut, kita ikut proses hukumnya tapi diperlakukan beda proses hukumnya," ucap Herna.

Herna mengaku pihaknya turut berempati atas kondisi kesehatan Roy Suryo yang sempat sakit setelah diperiksa. Namun video Roy Suryo yang tengah tertawa lepas itu dianggapnya sebagai bentuk ketidakadilan penanganan kasus dari kepolisian.

"Kita tuh sebetulnya manut hukum. Ini kan sudah jelas-jelas bahwa perlakuan hukumnya beda, nih. Terus yang harusnya penista agamanya ditahan, tapi ini nggak ditahan," ujarnya.

"Kita fine-fine aja mungkin dia sakit kita juga punya welas asih melihat dia dibopong dan lehernya pakai penyangga. Tapi pas tadi pagi kita lihat cekakak-cekikik ikut touring-touring itu sebetulnya telah mewakili kita tentang ketidakadilan itu," tambahnya.

Lebih lanjut, Herna menyebut pihaknya juga akan mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia meminta penegakan hukum yang setara dalam kasus Roy Suryo.

"Iya rencana besok kita akan press con kita akan bacakan surat terbuka kita kepada Bapak Presiden, kepada Bapak Menkopolhukam, kepada Bapak Kapolri. Kita mau menanyakan kenapa ada penerapan hukum yang berbeda. Kita hanya perlu kejelasan itu," imbuhnya.


Viral Video Roy Suryo Tertawa Lepas
Video yang memperlihatkan Roy Suryo tertawa bersama koleganya dalam acara Mercedes SL Club Indonesia viral di media sosial. Polisi buka suara sambil menjelaskan terkait alasan mantan Menpora itu belum ditahan di kasus meme stupa Candi Borobudur.

"Terkait viralnya Roy Suryo yang touring motor dan sebagainya kenapa dia tidak ditahan, dia alasan sakit tapi di luar dia aktivitas seperti itu. Lalu terkait dengan itu, gimana tanggapan Polda Metro kan? Saya berbicara mewakili Polda Metro jadi jawabannya adalah penyidik punya pertimbangan kenapa belum ditahan. Itu jawabannya," kata Kabid Humas Polda Metro Kombes E Zulpan, Selasa (2/8).

Dalam video itu, Roy Suryo tampak memakai penyangga di leher seperti setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Ditanya mengenai kondisi Roy Suryo itu, Zulpan kembali menegaskan mengenai pertimbangan penyidik tak menahan Roy Suryo.

"Jawabannya dari Polda Metro Jaya seperti yang tadi sudah saya sampaikan. Silakan saja masyarakat berpersepsi itu hak masyarakat. Tapi penyidik tidak melakukan penahanan karena ada pertimbangan," ujar Roy Suryo.


Video Roy Suryo dalam acara Mercedes SL Club Indonesia juga diunggah di akun Instagram @mbslclubina. Selain itu, ada sejumlah foto yang dibagikan dalam kegiatan MBSL Monthly Gathering 2022 itu.

Redaksi telah menghubungi pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni Nasution. Namun Pitra tidak mau memberikan komentar. Roy Suryo juga telah dimintai tanggapan mengenai viral video itu. Namun hingga kini belum ada tanggapan.

Roy Suryo Tak Ditahan.

Seperti diketahui, Roy Suryo tidak ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama di kasus meme stupa Candi Borobudur. Polisi memastikan kasus itu akan berlanjut hingga ranah pengadilan.

"Kasus ini akan berlanjut, kita sekarang sedang kita lengkapi berkasnya sehingga nanti kalau sudah lengkap dikirim ke kejaksaan, apabila dinyatakan lengkap, baru tahap dua, lanjut proses persidangan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/8).

Zulpan mengatakan saat ini penyidik tengah melengkapi berkas perkara. Nantinya berkas akan segera diserahkan ke Kejaksaan agar bisa disidangkan.

"Yang bersangkutan sudah diperiksa sebagai tersangka. Jadi sekarang penyidik sedang melengkapi berkas terkait dengan kasus ini ya. Dipastikan kasus ini akan berlanjut," katanya.

Menurut Zulpan, pihaknya pun telah sesuai dengan prosedur dalam menangani kasus yang menjerat Roy Suryo. Penyidik disebutnya memiliki alasan yang kuat perihal tidak ditahannya mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut.

"Memang tidak dilakukan penahanan karena penyidik menganggap atas pertimbangan penyidik tidak perlu dilakukan penahanan sebagaimana diatur dalam KUHP, yaitu penyidik bisa atas keyakinannya ya, pertimbangan penyidik, tidak dilakukan penahanan," jelas Zulpan.

Dalam pertimbangan, penyidik meyakini Roy Suryo akan bersikap kooperatif hingga proses penahanan tidak perlu dilakukan.

https://news.detik.com/berita/d-6212...a-mau-nangis/2

Sukro stroooongggemoticon-Leh Uga


Proloque
aldonistic
gigbuupz
gigbuupz dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.9K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.