harrywjyy
TS
harrywjyy
7 Minuman Es Khas Indonesia Yang Segar Dan Murah. Cuaca Panas Enaknya Minum Es Gan!

Sumber gambar: cookpad & resepedia

emoticon-Hai
Ngerasa gak sih kalo akhir-akhir ini cuaca panas banget? Panas-panas gini enaknya minum atau makan yang seger-seger. Minum es jadi salah satu pilihan yang tepat tuh gan. emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Tapi jangan banyak-banyak nanti batuk diomelin mama. Wkwk. emoticon-Blue Guy Peace

Gak perlu es yang mahal kaya gelatto, boba dan sebagainya. Di pinggir jalan ada banyak es seger dengan harga bersahabat kok. Dan pastinya cocok dengan lidah kita. Semuanya asli Indonesia lagi

Siang-siang panas enaknya minum es gan, nih ane kasih daftarnya. Apa aja ya? Yuk simak daftarnya. emoticon-Blue Guy Peace

1. Es Doger


Sumber gambar: cookpad

Es doger adalah sejenis es serut yang dibuat dengan campuran susu dan parutan kelapa. Warnanya pink dari es ini saja sudah membuat mata jadi seger. Biasanya es doger disajikan dengan aneka campuran seperti roti, tape, alpukat. Kemudian diatasnya diberi kental manis.

2. Es Cincau Hijau


Sumber gambar: cookpad

Ini salah satu favorit TS banget nih. Es cincai kalo lewat depan rumah pasti beli. Rasa esnya sih gak beda jauh dari es doger, cuma bedanya es cincau pake gula merah cair. Terus di bawahnya ada cincau hijau yang seger. Makan cincau di tengah hari itu enak banget lho gan. Pas cincau masuk tenggorokan itu rasanya adem banget, cocok buat kalian yang suka panas dalem.

3. Es Puter


Sumber gambar: cookpad

Dinamakan es puter karena proses pembuatannya yang diputer-puter di dalam tabung dan masih memakai cara tradisional. Es puter ini menggunakan santan sebagai pengganti susu. Sekarang ini, es puter udah banyak variasinya gan. Ada yang pake cone, ada yang pake roti, ada juga yang diberi buah.

4. Es Cendol


Sumber gambar: cookpad

Ini es yang akan selalu ada dan gak pernah sepi. Es cendol itu enak parah gan. Rasa gula merahnya yang bikin seger, dan ada sedikit rada santan. Cendol sendiri dibuat dengan tepung beras atau hunkwe. Kalo menurut TS lebih enak ini sih daripada Boba, harganya pun lebih terjangkau.

5. Es Buah


Sumber gambar: cookpad

Yang namanya buah, udah pasti seger gan. Es Buah ini memakai berbagai campuran seperti apel, buah naga, blewah dan masih banyak lagi sesuai selera. Kalo TS lebih suka pakai biji selasih. Terus dikasih susu kental manis dan sirup. Abis itu baru kasih es batu. Nikmati es buah secepatnya gan, karena kalo kelamaan nanti esnya mencair dan manisnya jadi berkurang.

6. Es Selendang Mayang


Sumber gambar: cookpad

Es selendang Mayang adalah es yang berbahan santan dan gula merah cair. Kemudian isinya terdapat kue lapis yang kenyal. Kesegarannya sudah tidak diragukan lagi. Es ini berasal dari Betawi dan kayanya TS udah jarang nemu penjual es ini. Di tempat kalian apakah masih ada? Padahal ini cocok buat dessert di kafe-kafe.

7. Es Teler


Sumber gambar: pinterest

Es Teler sedikit mirip dengan es buah. Hanya saja buah yang dipakai di es ini adalah buah nangka, alpukat, kelapa muda dan tambahan cincau. Selain itu es ini juga memakai santan dan kental manis. Lalu ada juga yang memakai es serut di bagian atasnya. Manis buah dan seger airnya cocok banget buat siang hari yang panas.

emoticon-2 Jempol

Mohon koreksi bila ada salah dan kekeliruan ya gan.


emoticon-Shakehand2

Minum es siang-siang gini emang enak banget gan. Sekaligus jadi rezeki buat para pedagang es keliling. Di tempat kalian masih ada kah tukang es yang lewat depan rumah? Kalo di rumah TS beberapa suka lewat walau gak konsisten.

Dari daftar di atas, mana favorit agan sista? Sudahkah punya rencana minum es siang ini? emoticon-Blue Guy Smile (S)
jlannisternketiahrobin763lusfdlrrhmn
lusfdlrrhmn dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.7K
110
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.