• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips Bagus, Meredam Suara Bising Rumah Dipinggir Jalan (Share Pengalaman)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Bagus, Meredam Suara Bising Rumah Dipinggir Jalan (Share Pengalaman)


Pemilik rumah atau tinggal di kontrakan yang lokasinya persis ditepi jalan pasti tahu gimana rasanya sering terganggu oleh suara kendaraan yang setiap harinya lalu lalang apalagi menggunakan knalpot bising, rasanya sulit untuk bisa hidup tenang bahkan kadang sering terkaget dibuatnya.

Bukan cuma suara knalpot tapi ada juga suara pengamen orkes 17an yang suara speakernya segede gaban layaknya konser berjalan, semakin lengkap penderitaan jika posisi rumahnya didekat jalan menanjak, membuat telinga ini harus benar-benar ikhlas menerima dalam keterpaksaan.



Mantan teman kuliah saya yang beda jurusan (dia arsitek) memberikan tips yang menurut saya sangat bagus buat diterapkan dirumahmu yang bernasib sama dengan rumah Surya, teman saya. Ubahannya pun bisa dilakukan dengan atau tanpa tukang, tinggal pilih cara mana yang paling mudah dilakukan seperti berikut ini. Dimulai dari cara yang ribet dulu, ya.


PERTAMA

Kita mulai dari cara yang tersulit dulu adalah dengan cara memindahkan letak jendela dan pintu (termasuk lubang angin) yang tadinya langsung menghadap jalan atau paling dekat dengan jalan. Dengan merancang ulang design letak pintu atau memindahkannya dari sumber masalah tentu suara tidak langsung masuk ke dalam rumah lewat celah pintu dan getaran suara dari jendela.


Ubah letak pintu jendela, kecilkan, atau kurangi jumlahnya

Tapi tenang masih ada solusi mudahnya yaitu mengurangi jumlah jendela dan ukuran jendela dan mengganti kaca yang ukurannya lebih tebal atau dengan kaca double glass UPVC. Mengganti material kusen pintu, jendela dengan kayu yang lebih tebal dan padat. Kayu yang lebih padat dan tebal seperti kayu Meranti dapat meredam suara lebih baik lagi, jika kayu berkualitas sulit didapat bisa diganti dengan alumunium kualitas premium biasanya memiliki ketebalan dan kepadatan yang bagus.


KEDUA

Rumahmu belum ada pagar tembok atau sudah ada tapi masih bising? Nah, sebaiknya mulai sekarang bisa tuh menanam pohon di pot-pot yang cukup banyak, buat rumah yang belum ada pagar dinding bisa menyalurkan hobinya yang lagi trend sekarang. Menanam aneka pohon namun sebaiknya carilah tanaman yang memiiki daun yang banyak-rimbun, padat berdempetan dan bisa tumbuh cukup tinggi seperti tanaman pucuk merah.


Buat jaring tanaman rambat solusi rumah tanpa pagar

Sedangkan buat rumah yang sudah ada pagar dinding bisa segera menanam tanaman merambati tembok. Semakin rata tanamannya tersebar menutupi pagar tembok akan semakin bagus untuk meredam suara masuk. Jika masih memiliki space tanah juga kamu bisa menanam tanaman sejenis cemara, tanaman tinggi lain yang berdaun rindang.


KETIGA

Tahu bagaimana fungsi busa atau foam peredam suara dalam ruangan studio siaran atau musik? Yes, pemasangan peredam accoustic foam ini menurut teman saya mampu mereduse tingkat kebisingan dari luar sebesar 3 hingga 4 dB, cukup membantu.


Pasang accoustic foam, menyeluruh.

Pemasangannya pun cukup mudah tinggal tempel merata dibagian ruangan dekat dengan sumber suara. Sayangnya biaya yang dikeluarkan juga cukup besar bila semua ruangan harus ditutup rata. Solusi lain bisa dengan mengganti dinding dengan bahan gypsum dimana gypsum juga memiliki pori-pori yang bagus untuk meredam suara. Pilih mana?


KEEMPAT

Jendela tanpa adanya Gorden tentu terasa aneh, pemasangan kain Goden adalah untuk menutup pandangan orang dari luar rumah juga menghalangi sinar matahari langsung ke dalam rumah. Dipasaran model gorden dijual banyak macam bahan dan jenisnya, tapi mengganti bahan gorden yang tepat bisa untuk meredam suara dengan baik dari luar.


Gorden tebal dan vitrase bisa menjebak suara lebih baik

Intinya selain mengganti kain gorden yang lebih tebal (tanyakan kepenjualnya) perlu juga ditambahkan vitrase jendela yang bahannya juga lebih tebal. Pemasangan gorden dan vitrase ini akan menciptakan 2x jebakan suara lebih baik yang otomatis kekuatan suara masuk ke ruangan akan semakin berkurang banyak.


KELIMA

Coba perhatikan bahan pintu rumahmu apakah dibuat dari bahan yang tipis semisal dari bahan plastik UPVC atau kayu tipis yang kopong dalamnya? Solusinya mudah tinggal mengganti pintu dengan bahan kayu berkualitas dan lebih tebal seperti kayu tua Meranti atau Jati, meski agak mahal tapi paling bagus kualitasnya untuk bisa meredam suara.

Konten Sensitif

Raven door solusi menutup celah pintu yang praktis


Sebagai tambahan, belilah semacam penambal celah pintu seperti raven door, pemasangannya cukup ditempel dibawah pintu kegunaannya cukup banyak dan sering dipasang di hotel-hotel yaitu untuk mencegah air hujan masuk, serangga (kecoa, cicak, ataupun ular kecil), debu, udara AC dan cahaya masuk atau keluar melalui celah di bawah pintu.

Satu pesan saya, kalau rumahmu sudah benar-benar minim suara dari luar jangan lupa untuk memasang bel rumah yang bagus agar kiriman paketmu segera kamu terima atau orang yang menjemputmu segera kamu ketahui, ya emoticon-Big Grin




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 03-08-2022 01:23
tiny.url
MemoryExpress
khususfilm
khususfilm dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.5K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.