• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Punya Tetangga Gak Waras dan Hobi Bikin Keributan? Begini Cara Tepat Mengatasinya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Tetangga Gak Waras dan Hobi Bikin Keributan? Begini Cara Tepat Mengatasinya
Bikin emosi dan naik darah, susahnya punya tetangga kurang waras dan hobi cari masalah.
Begini cara menyikapinya!


Tetangga, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang rumah tempat tinggalnya berdekatan atau sebelah menyebelah.

Namun sebenarnya makna dari istilah tetangga sendiri lebih luas GanSis, tidak hanya diartikan sebagai orang yang tinggalnya dekat dengan rumah yang ditinggali, melainkan rekan tenggang rasa dalam satu lingkup kehidupan yang setiap hari pasti kita jumpai keberadaan mereka.

Rukun dalam bertetangga itu sangat penting untuk dilakukan GanSis, karena memang saat kita hidup di suatu tempat kita juga harus tahu dengan siapa kita bersosialisasi, sebagaimana sejatinya kita terlahir sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain, begitupun orang lain yang membutuhkan peran kita untuk ada.

Hidup bertetangga sendiri memang diakui tidak mudah, akan selalu ada orang-orang dengan karakter unik yang harus diperlakukan berbeda sesuai dengan karakter masing-masing.

Susahnya disini jika Agan Sista tinggal di suatu tempat yang terdapat tetangga tidak waras dan hobi bikin keributan. Maka sudah dapat dipastikan akan membuat kalian merasa tidak nyaman karena kehadiran mereka sering bikin emosi dan naik darah.

Lalu bagaimana cara menyikapi tetangga yang tidak waras dan hobi bikin keributan?
Berikut ini beberapa caranya.




1. Diamkan

Saat ada tetangga yang tidak waras suka mengurusi urusan Agan Sista atau sering membicarakan kalian, selama itu tidak berlebihan maka tanggapi dengan biasa saja atau diamkan GanSis.

Tetangga yang tidak waras dan hobi bikin ribut biasanya tidak hanya bermasalah dengan satu orang, bisa jadi tetangga-tetangga yang lain juga pernah dibuat emosi dengan kehadiran kehadiran tetangga GanSis yang satu ini.

2. Tegur

Jika sudah berlebihan seperti menyebarkan fitnah, merusak batas rumah, berlaku semena-mena seperti menghidupkan musik keras-keras sampai tengah malam, maka cara menyikapinya adalah dengan menegurnya secara langsung GanSis.

Tegur dengan teguran yang santun tapi membuat mereka jera untuk melakukan perbuatannya kembali, itu akan lebih baik dari pada Agan Sista hanya adu mulut.

3. Laporkan Pada Aparatur Setempat

Jika sudah ditegur tapi juga tidak jera dalam membuat keributan atau menebar keresahan maka Agan Sista dapat melaporkan tetangga yang bermasalah tersebut ke pihak keamanan setempat seperti ketua RT atau RW.

Biarkan urusan tersebut diurus oleh yang berwenang karena memang sudah seharusnya dalam bertetangga saling menjaga kenyamanan.

4. Peringatan Keras

Meskipun sudah dilaporkan pada RT dan RW setempat untuk ditegur dan diberikan sanksi, tidak jarang ada tetangga yang masih nekat untuk membuat keributan GanSis.

Jika sudah seperti ini maka lebih baik Agan Sista berikan peringatan keras dengan langsung memberikan ancaman untuk melaporkan mereka kepada pihak yang berwajib dengan alasan mengganggu kenyamanan dan membuat kegaduhan sebagaimana Pasal 503 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Kalaupun ada bentuk teror atau kerugian materil yang kalian alami akibat ulah tetangga kalian, maka ada pasal lain yang bisa digunakan untuk melaporkan mereka.



Itulah GanSis cara menyikapi tetangga yang kurang waras dan hobi bikin keributan.

Dalam bertetangga sendiri memang dibutuhkan dan diwajibkan untuk memiliki kepekaan, jangan berlaku semena-mena sampai melanggar aturan atau membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Jika memang tetangga kalian memiliki sesuatu atau mampu membeli dan mencapai pencapaian tertentu, maka berbahagialah karena paling tidak kalian bisa menjadikan tetangga kalian tersebut sebagai motivasi untuk lebih maju. Jangan memendam perasaan iri dengki yang kemudian muncul aksi-aksi jahil akibat dari perasaan iri hati yang ada.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
MasterSims
bucek5451
screamo37
screamo37 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
14.1K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.