• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Portal Berita Indonesia banyak Yang Bermutu Rendah, Serakah Iklan dan Clickbait

cintadine
TS
cintadine
Portal Berita Indonesia banyak Yang Bermutu Rendah, Serakah Iklan dan Clickbait


Sekitar sepuluh sampai lima belas tahun yang lalu, media cetak masih banyak bertebaran walaupun sudah ada internet. Berbeda dengan sekarang di mana media cetak seperti surat kabar semakin sedikit karena sudah beralih ke digital alias portal berita online. Dengan cepat, masyarakat bisa mengakses konten berita lewat smartphone kapan saja tanpa harus keluar rumah untuk ke kios koran atau menunggu loper koran melamparkan surat kabar ke rumah kita.

Dengan hal yang serba praktis seperti sekarang, rasanya semakin mudah saja untuk mendapatkan berita yang aktual. Akan tetapi, di sisi lain portal berita di tanah air justru kalau dilihat-lihat hampir semuanya produk jurnalistiknya begitu rendah dan bahkan lebih layak disebut sebagai portal iklan daripada portal berita. Kenapa bisa demilkian?

Iklan Portal Berita yang Membabi Buta


Kalau hanya menampilkan iklan dari Google Adsense sih wajar-wajar saja, tapi kebanyakan portal berita di Indonesia dipasangi oleh iklan yang sangat brutal, menutupi layar, memberatkan loading, bahkan ada iklan video yang menyedot kuota. Aneh memang, konten teks tapi yang hadir adalah iklan video.

Kalau dilihat lagi, tampilan iklan bisa lebih banyak daripada konten berita itu sendiri. Bisa lebih dari lima puluh persen. Apalagi kalau diakses lewat smartphone, iklan bisa mengerubungi seluruh layar dan kita hanya kebagian 25 layar untuk membaca berita.

Kenapa ini bisa terjadi? Tak lain adalah agar perusahaan portal berita bisa mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya untuk bisa membayar para jurnalis, penulis, dan kontributor lainnya. Kita tahu kalau portal berita di Indonesia itu gratis.

Tapi ada juga portal berita premium seperti Kompas.ID dan The Jakarta Post yang berbayar dan tanpa iklan sama sekali. Tapi berapa banyak orang Indonesia yang mau bayar untuk produk jurnalistik?

Satu Artikel dibagi banyak Halaman

Pionir dari pagination atau pembagian satu konten ke banyak halaman adalah Tribun News dan diikuti oleh portal berita lainnya. Artikel hanya 300 kata tapi dibagi sampai 5 halaman dan membuat pembaca tidak nyaman karena buang-buang waktu dan tenaga saat berkonsentrasi dalam membaca konten.

Semua ini adalah karena algoritma Google yang memberikan nilai lebih kepada website yang punya banyak page view dan tingkat bounce rate yang rendah. Sehingga Google lebih memprioritaskan situs-situs seperti di page rank. Inilah sebenarnya, algoritma Google ini seperti bukan untuk manusia saja dan harus diperbarui.

Kualitas Berita dan Tulisan yang Alakadarnya


Terkadang ane berpikir apa benar para penulis konten di situs-situs besar itu para jurnalis profesional? Karena kebanyakan tulisannya justru asal-asalan, tidak memperhatikan kaidah jurnalistik, penjelasan yang berputar-putar hanya untuk memperpanjang kata sampai dengan judul yang ngawur dan clickbait.

Tribunnews sering melalukannya namun sekarang banyak yang meniru Tribunnews. Menariknya Tribun versi koran cetak justru kualitas kontennya bagus dan berbanding terbalik dengan versi websitenya yang kualitasnya parah. Para penulisnya bahkan tidak lebih baik dari penulis amatir yang sering menulis di blog.

Ini dikarenakan para penulis dan jurnalis di media-media online hanya berfokus pada kuantitas dan menjadi hamba SEO. Mereka menulis untuk mesin pencari, bukan untuk manusia.

Media Online di Luar Negeri


Media online di luar negeri yang sudah punya nama besar seperti The York Times memiliki kebijakan yaitu tidak gratis dan harus membayae $0.25 USD atau sekitar Rp. 4000 per minggu untuk mengakses konten berita tanpa iklan, murah memang kalau dibandingkan dengan konten premium di Indonesia. Tapi kalau hal ini diterapkan di media online Indonesia, sudah pasti pembaca akan ngamuk-ngamuk karena maunya ingin gratis.

Nah, menurut agan gimana nih tanggapannya? emoticon-Ngakak (S)

Referensi

Referensi 2
Diubah oleh cintadine 31-07-2022 17:31
Soekartijireshgpandita
gpandita dan 23 lainnya memberi reputasi
24
9.4K
113
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.