• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Jajanan Berbahan Aci Paling Favorit Dan Populer. Wajib Coba Nih!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
7 Jajanan Berbahan Aci Paling Favorit Dan Populer. Wajib Coba Nih!
Jajanan Olahan Aci Yang Wajib Dicoba



Aci adalah nama lain dari tepuk tapioka atau tepung kanji. Merupakan sebutan yang biasa diucap oleh masyarakat Jawa Barat, sebelum akhirnya semakin umum di telinga kita. Walau hanya sebuah tepung yang biasanya dicairkan, Aci ini bisa menjadi berbagai makanan ringan lho.

Biasa dijumpai di sekolah-sekolah, tempat jajanan, bahkan seringkali penjualnya berkeliling mencari pelanggan. Apa saja sih jajanan yang terbuat dari Aci? Berikut ini TS akan memberikan daftar makanan berbahan Aci.

emoticon-2 Jempol

1. Cilok


Sumber gambar: cookpad.com

Cilok atau Aci dicolok merupakan makanan berbahan Aci yang berbentuk bola seperti bakso yang direbus. Enak dimakan hangat-hangat saat baru keluar dari panci. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan saus pedas. Cilok yang biasanya tidak memiliki isi, akan tetapi ada pula cilok yang memiliki isi mulai dari daging sampai telur. Tentunya dengan harga yang berbeda ya.

2. Cimol


Sumber gambar: cookpad.com

Mirip-mirip seperti cilok, akan tetapi cimol ini berbeda. Cimol digoreng dan disajikan dengan aneka macam bumbu sesuai selera. Rasanya kenyal dan gurih. Saran TS kalau makan cimol ini harus pas masih hangat. Karena kalau sudah dingin, cimol akan sedikit alot dan kempes gitu gan sis.

3. Cilung


Sumber gambar: cookpad.com

Cilung ini sudah ada sejak TS masih di bangku SD lho. Singkatan dari Aci digulung. Dengan menggunakan stik kecil, si penjual akan menggulung Aci yang sebelumnya dimasukkan ke dalam minyak panas. Dulu, jajanan ini dimakan dengan suatu bumbu yang sampai sekarang saya belum tahu itu bumbu apa. Tapi rasanya enak, kenyal seperti Aci pada umumnya.

4. Cireng


Sumber gambar: cookpad.com

Cireng adalah Aci digoreng. Ya, makanan ini cukup sederhana. Aci yang sudah berbentuk adonan biasanya dibentuk lagi menjadi pipih dan tipis, kemudian digoreng begitu saja. Makanan ini enak dimakan dengan saus dan sambal.

5. Cirambay


Sumber gambar: cookpad.com

Makanan TS baru tahu nih, agak unik juga. Bentuknya mirip kwiteaw, panjang-panjang gitu. Tapi yang membedakan adalah cirambay ini berbahan Aci. Biasanya cirambay disajikan dengan bumbu-bumbu pedas. Saran TS, sebelum makan cirambay lebih baik bersabar menunggu minyaknya tiris, kalau tidak maka cirambay akan terlalu oily.

6. Baso Aci


Sumber gambar: cookpad.com

Baso Aci sedikit mirip dengan cilok, tapi beda di penyajiannya. Baso Aci biasanya disajikan dengan kuah pedas dengan campuran jeruk limau yang segar. (Enak bgt sih ini). Di dalamnya juga terdapat toping yang bisa kita pilih sesuai selera mulai dari fishcake, dumpling, otak-otak dan masih banyak lagi.

7. Cilor


Sumber gambar: cookpad.com

Cilor atau Aci telor. Jajanan ini memiliki dua versi. Ada cilor yang menggunakan tusuk sate, kemudian digulung telur. (Seperti telur gulung tapi isinya ada aci). Ada juga yang tidak di tusuk, jadi dimakan menggunakan sendok kecil dan dicampur dengan aneka bumbu-bumbuan. Kalo TS sendiri lebih suka cilor yang gak ditusuk, bumbunya lebih rata dan meresap.

emoticon-Cendol Gan

Quote:


Ya, itu dia tadi adalah makanan yang terbuat dari Aci. Jajanan ini selain murah juga mudah ditemukan di mana-mana. Wajib dicoba salah satu dari daftar di atas, sederhana tapi rasanya luar biasa.

Selain di atas, kira-kira apa masih ada lagi jajanan Aci yang belum TS sebut? Kalau ada yang kurang, komen di bawah ya! See you

emoticon-Haiemoticon-Hai
agus774
whizzman
shinwjy
shinwjy dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.5K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.