• Beranda
  • ...
  • Games
  • Kominfo Resmi Blokir Steam, Epic Games Store Hingga Twitch

idgamewareAvatar border
TS
idgameware
Kominfo Resmi Blokir Steam, Epic Games Store Hingga Twitch

Sehubungan dengan peraturan baru dimana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mewajibkan pendaftaran PSE. Pendaftaran ini ditujukan kepada mereka yang layanan di Indonesia.
Bagaimana jika tidak mendaftar? Kemkominfo akan melakukan sanksi mulai dari sanksi tertulis, denda hingga yang paling berat adalah pemblokiran.
Ternyata aplikasi seperti Steam, Epic Games Store dan Twitch belum melakukan pendaftaran PSE. Alhasil kemenkominfo melakukan pemblokiran dini hari tadi. Tidak hanya platform yang seputar layanan game. Platform keuangan seperti Paypal ternya juga diblokir oleh Kemkominfo.
Sontak hal ini membuat banyak masyarakat yang geram dan marah. Karena bukan hanya akses bermain game saja yang tidak bisa. Melainkan banyak orang yang bergantung dengan Paypal sebagai alat pembayaran gaji hingga proyek freelance.

Menariknya, ternyata Paypal bukan belum mendaftar melainkan sudah mendaftar namun sedikit terlambat. Namun waktu pagi di hari abut (30/07/2022) akses ke Paypal masih tetap diblokir. Padahal Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan beberapa waktu lalu mengatakan bahwa jika PSE “Iya (hanya sementara), kalau semua pemutusan akses terkiat PSE itu bentuknya sementara. Kalau mereka memperbaharui datanya atau mereka mendaftarkan, y akita memperbaharui datanya taua mereka mendaftarkan. Ya kita cabut, Namanya proses normalisasi. Begitu sudah terdaftar langsung otomatis hilang datanya, langsung data dari mesin pembokirnya hilang.”
Source: Twitter @Kemenkominfo
Jika melihat kejadian ini sepertinya sistemnya tidak “otomatis banget” ya.

Lalu kenapa orang-orang marah?
Konten Sensitif

Bukan hanya karena kesenangan mereka dicabut. Namun banyak hal positif yang bisa hilang karena pemblokiran ini serta beberapa hal negatif ditakutkan akan muncul.
Misalnya platform game seperti Steam dan Epic Games Store. Platform ini mewajibkan usernya membayar pajak sebesar 10% untuk setiap pembelian game. Bayangkan berapa banyak jumlah pemain game di Indonesia dan potensi kehilangan pendapatan negara karena hal ini.
Kemudian Paypal yang juga banyak disoroti masyarakat Indonesia. Di era globalisasi saat ini, sudah banyak orang Indonesia yang melakukan pekerjaan sampingan ataupun pekerjaan full time untuk perusahaan di luar Indonesia. Sehingga Paypal menjadi alat pembayaran utama karena paling terkenal dan terpercaya. Pemblokiran ini tentu akan mempengaruhi mereka, apalagi sistem Paypal yang ketat. Ketika “mengakali” pemblokiran ini menggunakan VPN. Paypal akan menghentikan akses ke akun Paypal kalian jika dirasa IP Address nya berbeda dikarenakan penggunaan VPN.

Dalam dunia game, pemblokiran ini tentu akan mengakibatkan adanya potensi pembajakan. Orang-orang akan mencari alternatif untuk mengkases game yang disukai. Game bajakan tentu akan jadi solusinya. Awalnya pemerintah bisa mendapatkan penghasilan dari sini, justru akan tidak dapat sama sekali.



Lebih lucunya lagi, website aplikasi bajakan justru masih bisa diakses tanpa VPN lagi.



artikel asli di idgameware.com
https://idgameware.com/kominfo-resmi-blokir-steam-epic-games-store-hingga-twitch-tagar-blokirkominfo-viral/
ariemail
indonesia.keren
khanak
khanak dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.8K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.9KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.