• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Ini Loh, Plus Minusnya Punya Plat Nomor Cantik Kendaraan Versi Samsat

iskrim
TS
iskrim
Ternyata Ini Loh, Plus Minusnya Punya Plat Nomor Cantik Kendaraan Versi Samsat


Dijalan kamu pastinya pernah dong melihat plat nomor kendaraan yang kalau dibaca menyerupai sebuah kata, misal B 1454 AJA dibaca menjadi BIASA AJA, terlihat unik dan antimainstream? Tentu saja karena plat nomor ini bukanlah dicetak secara kebetulan tapi memang bisa dipesan.

Dibuatnya pun bukan asal buat seperti menggunakan jasa pengganda plat nomor dipinggir jalan, tapi memang ada prosedur dan aturan resminya, soal legalitas pastinya aman, termasuk warga sipil siapapun bisa memesan dengan beragam nama atau istilah yang disuka selama nama itu belum dimiliki orang lain dikendaraannya.

Sudah jadi rahasia umum, untuk bisa memiliki plat nomor cantik ini pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya ekstra yang sudah ditentukan oleh Samsat besarannya tergantung pada kategorinya. Kasarnya, semakin sedikit huruf dan angka yang di cetak pada plat nomor kendaraan harganya semakin mahal.

Dari sumber yang saya baca, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi mengatakan, pemerintah bersama Polri telah menetapkan biaya resmi tentang pembuatan plat nomor pilihan bagi masyarakat.

Menurutnya, aturan ini sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP yang berlaku pada Polri, serta Keputusan Kakorlantas Polri Nomor: Kep/166/VIII/2019 tentang NRKB Pilihan.



Contoh misalnya BH 151 2 TT emoticon-Ngakak (S)ini harga termurah sekitar Rp 5juta, sedang harga tertinggi misalkan B 1 sekitar Rp 20juta saja. Nomor cantik ini harus diperpanjang saat pergantian kaleng/plat 5 tahunan plus biaya ekstra nomor cantik tadi.

Jika pemilik hanya mengganti dan membayar biaya kalengnya saja tanpa biaya nomor cantiknya maka otomatis berganti jadi plat umum dan nomor cantik tadi dibekukan sementara, tapi bisa dipakai orang lain yang berminat sesuai dengan biayanya. Siapa cepat dia dapat.



Lalu dimana sih nilai minusnya menggunakan nomor cantik kendaraan ini seperti yang tertulis pada judul thread? Jawabannya, Minus 1: Tak lain adalah biaya ekstra tadi harus dikeluarkan setelah membayar biaya ganti plat 5 tahunan, Minus 2 karena nomor cantik ini mudah diingat dan dikenal, ketika nomor cantik ini berpindah kepemilikan bisa menimbulkan salah sangka, berabe kalau pemilik barunya ternyata ugal-ugalan maka pemilik pertama bisa dikira pelakunya.

Jadi setelah mengetahui plus minus tentang plat nomor kendaraan ini apakah kamu tetap berminat untuk memilikinya, Gan?




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 30-07-2022 16:04
yasyah81andrah.ajarotten7070
rotten7070 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
11.6K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.