rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Kominfo Blokir Yahoo-DoTA Jika Tak Daftar PSE Hingga Tengah Malam Ini



Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memblokir Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang tak mendaftar hingga nanti malam pukul 23.59 WIB.

"Hari ini terakhir. Nanti saya [umumkan] siapa saja kemungkinan yang akan diblokir, pukul 23.59 (WIB). Kalau enggak ada [pendaftaran], kita siapkan [sanksi], naik ke mesin [pemblokiran] kita," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (29/7).

Sebelumnya, Kominfo mewajibkan pendaftaran PSE dengan tenggat Rabu (20/7). Setelah tenggat lewat, Kominfo memberikan perpanjangan tenggat pendaftaran lima hari kerja sambil mengirimkan surat teguran, Kamis (21/7).


"Kami memberikan waktu lima hari kerja. Kalau mereka tidak mau mendaftar maka mekanisme blokir akan berlaku," kata Semuel, dalam jumpa pers, Kamis (21/7).

Hingga saat ini, sederet platform besar, seperti search engine Yahoo dan Bing, game DoTA, Steam, eS E N S O Rmerce Amazon, CS Go, Origin, Epic Game, belum juga mendaftar. Saat ini, platform-platform itu masih bisa diakses.

Namun demikian, Semuel mengatakan pemblokiran itu bukan berarti akhir bagi PSE itu. "Bukannya kiamat, ada proses normalisasi," ucapnya.


Dikutip dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 5 Tahun 2020 soal PSE Lingkup Privat, normalisasi bisa dilakukan dengan semacam pendaftaran ulang.

Sejauh ini, berdasarkan data Semuel, 5.394 entitas/perusahaan dan 8.962 terdaftar di PSE Kominfo, dengan 55 lainnya diselidiki karena "ngaco-ngaco".

https://www.cnnindonesia.com/teknolo...ngah-malam-ini

DIblokir gan
0
1.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.