• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Motor Dengan CC Sama Apakah Sama Kencangnya? Fikir Lagi Deh Setelah Baca Ini!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Motor Dengan CC Sama Apakah Sama Kencangnya? Fikir Lagi Deh Setelah Baca Ini!


Thread iseng tapi mikir, saya sedang membandingkan misalkan ada 2 jenis motor dengan penggerak mesin berbeda tapi dengan CC sama apakah ketika melaju cepat keduanya akan sama kencang?

Katakanlah motor A adalah tipe matic dan motor B adalah tipe manual, secara tulisan diatas kertas sama-sama memiliki 125 CC (centimeter kubik). Seperti kita tahu CC adalah volume ruang silinder pada mesin yang biasanya orang awam dengan mudah melihat pada body motor bertuliskan angka CC nya misal 125 cc, 150 cc 200 cc dll.

Kecepatan setiap motor tadi dilihat dari angka CC nya, dimana isi atau volume silinder ini menentukan jumlah gas yang bisa masuk ke dalam silinder saat kendaraan melakukan langkah isapnya. Makin besar CC nya atau ukuran volume mesin maka pembakaran bbmnya pada silinder akan semakin banyak pula, dan semakin besar juga kapasitas udara yang masuk ke dalam mesin, otomatis lanju motor pun semakin kencang.



Nah, menurut saya (ini murni opini saya sih, kalau salah mohon dimaafkan dan di dikoreksi) meski memiliki CC yang sama dan karakter mesin berbeda tentu akan berbeda pula pada proses pembakaran, timming kerja mesin, bobot kendaraan dan pengemudinya, diameter roda, jenis bahan bakar, skill pengendaranya dan lainnya. Akibatnya meski CC mesinnya sama belum tentu memiliki kecepatan yang sama.

Tapi apakah pihak produsen motor mampu membuat keduanya seimbang dalam kecepatan saat disejajarkan dalam start yang sama? Saya rasa bukan hal yang sulit untuk dibuat oleh produsen. TAPI tentu saja produsen akan berhati-hati ketika mengeluarkan produknya, intinya setiap keluar motor baru harus benar-benar diriset kebutuhannya, harus tepat untuk segmentasi pasarnya dan tipe medannya.

Misalnya satu produsen motor mengeluarkan 2 motor baru sama-sama 150 CC, satunya manual satunya lagi matic. Meskipun keduanya sama-sama 150 CC belum tentu sama kecepatan lajunya. Sesuai dengan karakter dan lingkungan penggunaannya. Motor manual biasanya cenderung ke segmen sport diperuntukkan untuk kecepatan tinggi tidak mungkin disamakan dengan matic yang segmentasinya untuk penggunaan sehari-hari.



Produsen tidak akan mau bunuh diri yang sudah susah payah membangun karakter dan membentuk pasar sesuai segementasinya. Kasarnya pemakai motor sport 150 CC pun tidak ingin disamakan dengan matic 150 CC karena memang sudah jelas beda karakter mesinnya, dijalan raya motor sport tetap akan mengasapi matic.

Tapi apakah matic dengan 150 CC nya mampu mensejajarkan atau lebih unggul dalam kecepatan? Jawabannya tentu saja bisa dengan catatan jika sudah dimodifikasi beberapa part dan penyeseuaian sektor mesinnya. Pengerjaannyapun bukan oleh sembarang orang, harus mekanik atau modifikator mesin berpengalaman yang bisa melakukannya.

Tapi resiko paling dirasakan adalah mesin lebih cepat bergetar dan pastinya boros bensin. Namanya juga dipaksakan, kecuali ganti utuh mesin lain (swap engine) cara paling cepat dan mudah.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-07-2022 00:43
indrastrid
jiresh
salvation101
salvation101 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.8K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.