• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menjadi Pedagang yang Curang dan Hobi Otak-atik Timbangan? Ini Resiko dan Karmanya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Menjadi Pedagang yang Curang dan Hobi Otak-atik Timbangan? Ini Resiko dan Karmanya
Menjadi pedagang culas yang hobi mengurangi timbangan untuk mencari untung sendiri?
Ini dia resiko dan karma yang bisa didapatkan


Jual beli, baik antara pedagang dan pembeli pastinya harus sama-sama untung dengan penawaran dan kesepakatan yang dilakukan karena memang jual beli merupakan aktivitas tukar menukar barang atau jasa yang berdasarkan pada akad kesepakatan bersama dan tidak ada unsur pemaksaan.

Penjual berperan sebagai penyedia barang atau jasa, sedangkan pembeli berperan sebagai orang yang membutuhkan barang atau jasa, transaksi dilakukan dengan barter barang dengan uang dimana pedagang mendapatkan untung dari barang yang dijualnya sedangkan pembeli dapat menggunakan barang yang dibelinya. Itu merupakan sekilas tentang jual beli.

Namun, dalam jual beli barang, ternyata masih ada intrik-intrik licik yang meresahkan GanSis.
Pedagang ingin mendapatkan untung lebih banyak maka berlaku curang dengan melakukan berbagai cara dan salah satunya dengan mengotak-atik timbangan ini masih sangat sering ditemukan.

Pedagang mengotak-atik timbangan untuk mengurangi berat barang yang dijual, ini merupakan tindakan culas sekaligus licik karena dengan cara ini pedagang diuntungkan sedangkan pembeli dirugikan dan mengingkari akad jual beli.

Apakah orang yang berlaku curang terhadap timbangan ini akan mendapatkan resiko dan karma atas apa yang dilakukan?
Berikut ini beberapa resiko dan karma yang akan didapatkan.




1. Dosa

Telah disebutkan di dalam Al-Qur'an QS. Al-Muthaffifin/83: 1-6, bahwasannya kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang yaitu orang yang jika menerima takaran meminta lebih, dan jika memberi takaran mereka mengurangi, hukuman dan ancaman di hari kebangkitan itu benar adanya dan berlaku curang itu dosa besar.

Bukan hanya di dalam surat Al Muthaffifin, banyak peringatan lain yang datang dari Allah untuk mereka yang berlaku curang saat jual beli. Dosa besar benar-benar akan diberikan kepada orang yang mengurangi orang lain dalam jual beli dan ancaman neraka jahanam bagi mereka yang mencuri hak orang lain.

2. Celaka

Celaka dunia akhirat tidak bisa luput akan didapatkan oleh orang yang melakukan kecurangan terhadap ukuran timbangan dalam jual beli.

Berlaku curang terhadap orang lain maka akan ada suatu masa mereka mendapati kerugian atas kecurangan yang dilakukan dan tidak akan mendapatkan keuntungan yang benar-benar keuntungan sebagaimana yang diharapkan dan menjadi tujuan atas kecurangannya.

3. Ditinggal Pembeli

Curang sekali dua kali kemungkinan pembeli atau pelanggan tidak sadar bahwa diri mereka dicurangi, tetapi perlu Agan Sista ingat bahwa tidak ada tindakan kejahatan yang sempurna maka suatu saat kecurangan akan terbongkar dan jika sudah terbongkar maka kalian akan ditinggalkan oleh para pembeli yang sudah menjadi pelanggan tetap.

Saat kalian ditinggal oleh pelanggan tetap karena berlaku curang maka jangan tanya siapa yang salah, karena sudah jelas ini adalah resiko dan karma dari kecurangan yang kalian lakukan.

4. Bangkrut

Sudah dapat dipastikan penjual atau pedagang yang berlaku curang dengan mengotak-atik timbangan untuk mengurangi berat akan menemui masa atau waktu mereka bangkrut dengan cara yang tidak diduga-duga.

Kebangkrutan ini merupakan resiko dari kejahatan yang dilakukan, karena mengurangi timbangan sendiri merupakan bentuk lain dari pencurian dalam jual beli.



Itulah GanSis resiko dan karma yang akan didapati oleh pedagang yang culas, curang, dan suka mengotak-atik timbangan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara mengurangi pembeli.

Mungkin Agan Sista masih banyak yang belum percaya saat tidak mengalami sendiri, dan baru akan percaya setelah melihat buktinya secara langsung. Maka buat GanSis yang berjualan dengan cara curang, segera sadar sebelum ancaman tersebut datang atau tunggu sampai benar-benar datang sebagai pembuktian.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa menjadi peringatan bagi Agan Sista yang masih melakukan kecurangan.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
andrah.aja
shotgunBlues
jiresh
jiresh dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.8K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.