therminustAvatar border
TS
therminust
Video Tank Memblokade Bank HOAX, diambil dari latihan Militer China
https://apnews.com/article/fact-chec...t-597006254172

KLAIM: Sebuah video menunjukkan tank dikerahkan di jalan-jalan provinsi Henan China untuk melindungi bank dari pengunjuk rasa yang rekeningnya telah dibekukan.

PENILAIAN AP: Salah. Video ini diambil di provinsi timur Shandong, Cina, lebih dari 400 kilometer (248 mil) jauhnya dari provinsi Henan. Ini menunjukkan latihan militer tahunan yang tidak terkait dengan protes bank , menurut seorang karyawan meja depan di sebuah hotel yang terlihat di klip itu.

FAKTANYA: Ribuan pengguna media sosial dan puluhan penerbit online minggu ini secara salah mengklaim video tank militer yang berbaris di jalan menunjukkan pemerintah China melindungi bank dari pengunjuk rasa yang marah.

“Tank-tank ditempatkan di jalan-jalan di China untuk melindungi bank,” tulis sebuah tweet yang dibagikan lebih dari 47.000 kali. “Ini karena Bank of China cabang Henan menyatakan bahwa tabungan masyarakat di cabang mereka sekarang adalah 'produk investasi' dan tidak dapat ditarik."

Beberapa postingan menggunakan video tersebut untuk mengiklankan cryptocurrency. Yang lain menggunakannya untuk mengkritik China. Banyak yang menyamakan video itu dengan tindakan keras berdarah China terhadap protes pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen Beijing pada tahun 1989.

Namun, klaim ini salah menggambarkan lokasi dan alasan pertunjukan, yang berlangsung di Rizhao, sebuah kota di sepanjang garis pantai Shandong, sebagai bagian dari latihan militer.

Pencarian online untuk landmark yang ditampilkan dalam klip mengungkapkan bahwa salah satu bangunan yang menonjol adalah Ji Hotel di Rizhao, juga diidentifikasi di situs web perjalanan sebagai Rizhao Lighthouse Seaside Scenic Area Hotel. Pohon yang ditampilkan dalam video cocok dengan pohon yang muncul di gambar hotel.


Seorang anggota staf di meja resepsionis Hotel Ji mengkonfirmasi kepada reporter Associated Press bahwa tank-tank itu melewatinya pada 17 Juli, sebagai bagian dari latihan militer yang terjadi setiap tahun. Dia mengatakan itu tidak terkait dengan protes bank.

Dalam video tersebut, para pengamat terlihat dengan tenang berdiri di trotoar merekam tank-tank tersebut.



Rizhao adalah rumah bagi fasilitas Marinir, menurut peta yang bersumber dari publik tentang angsuran militer China yang dibuat oleh seorang mahasiswa Taiwan. Jaraknya beberapa jam dari ibu kota provinsi Henan, Zhengzhou, tempat empat bank yang menjadi pusat protes baru-baru ini bermarkas.



Para deposan bank China yang terlibat dalam protes tersebut adalah di antara ribuan pelanggan yang membuka rekening di enam bank di Henan dan provinsi tetangga Anhui yang menawarkan suku bunga yang relatif tinggi, AP sebelumnya melaporkan . Pelanggan kemudian menemukan bahwa mereka tidak dapat melakukan penarikan setelah berita melaporkan bahwa kepala perusahaan induk bank dicari karena kejahatan keuangan. Perusahaan induk yang terkait dengan bank sedang diselidiki oleh polisi.



Nasabah bank telah dilecehkan dan diserang oleh polisi, terutama dalam protes awal Juli di Zhengzhou. Beberapa nasabah bank yang diwawancarai oleh AP mengatakan bahwa mereka telah diinterogasi dan diancam oleh polisi.



Otoritas bank telah mengatakan bahwa mereka akan mengembalikan simpanan mereka kepada beberapa nasabah bank, tetapi banyak nasabah masih menunggu untuk mengetahui kapan mereka akan mendapatkan pengembalian.

___
Peneliti AP Si Chen di Shanghai berkontribusi pada laporan ini

Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan The Associated Press untuk memeriksa informasi yang salah yang dibagikan secara luas secara online, termasuk bekerja dengan Facebook untuk mengidentifikasi dan mengurangi peredaran cerita palsu di platform.



https://apnews.com/article/fact-chec...t-597006254172



Minion & Kadrun 11-12 Gak Hoax Gak Makan, Yang sudah multigasm crot harap dilap dulu

emoticon-Ngakak

Yang diisukan hoax Tank blokade bank di Henan

Padahal aslinya di Rizhao, yang memang salah satu lokasi markas militer China

Jarak Henan dengan Rizhao 400km+ setara dengan jarak Jakarta-Semarang





Diubah oleh therminust 23-07-2022 11:32
0
793
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.