iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mengenal Karakter Retakan Kaca Mobil (Waspada, Jangan Sepelekan)


Hadirnya sebuah kaca di mobil membuat pandangan jadi sangat leluasa ketika berkendara, pun demikian kaca mobil juga berfungsi untuk melindungi dari terpaan angin, hujan, debu, polusi, dan membaca situasi disekitar. Keberadaan kaca mobil sangatlah penting bagi manusia.

Namun kaca mobil juga rawan pecah akibat suhu ekstrem, sesuatu benda tumpul atau tajam membenturnya drlengan kecepatan atau kekuatan tertentu (Gaya Fisik).Kalau sampai retak bahkan pecah ini sangat berbahaya terutama terjadi dibagian kaca depan atau Windshield.

Kaca yang retak tentu saja selain tidak nyaman dilihat tentu amat berbahaya jika ada angin atau hujan lebat membuat dorongan arau tekanan ke kaca depan lebih kuat (Gaya Fisik). Kaca yang awalnya hanya retak kecil tadi bisa berlanjut merambat panjang dan pecah kemudian.



Meskipun kaca depan mobil memiliki teknologi Laminated Glass terdiri dari lapisan PVB (Polyvinyl Butiran Film) yang mampu meredam benturan dan menjaga lapisan namun kekurangannya adalah bila sudah terjadi retakan bisa cepat merembet dan pastinya berbahaya.

Mengingat kekurangan ini maka menambahkan lapisan kaca film aftermarket bisa menambah benteng pertahanan agar kaca depan tidak langsung pecah, meskipun begitu tidak ada tawar menawar lagi.



Kaca depan retak harus segera diganti, bukan diakali seperti pada iklan penghilang retak yang sering kita lihat. Kaca yang dilapisi cairan ini sifatnya hanya mengaburkan efek retak tapi tidak lagi memberikan kekuatan kaca itu sendiri. Kalau sifatnya hanya sementara bisa menjadi solusi, biasanya retakan akan terjadi begitu cepat dan tidak akan pernah tahu kapan hari 'sial' kita datang (semoga tidak pernah terjadi. Aamiin).

Jadi beberapa hal dibawah ini bisa menjadi ukuran seberapa penting kita harus segera mengganti kaca depan/Windshield ini berdasarkan saran trman saya yang seorang mekanik langanan dan referensi yang saya baca, adalah sebagai berikut.



Retakan Halus
Retakan halus atau rambut ini hanya dikihat jika kita fokus mengamatinya, retwkan ini bisa dilakukan perbaikan dengan memberinya cairan atau lapisan seperti yang sering kita lihat pada iklan-iklan. Karena sifatnya situasional maka keawetannya tidak terjamin, maka kita perlu melihat perkembangan garis/alur retakan ini apakah semakin menebal dan menyebar atau tidak. Harus waspada jika retak halus ini semakin menunjukkan keberadaannya.

Retakan pinggir, retakan panjang, retakan bagian tengah ini sangat rawan kaca dan sebaiknya harus segera diganti. Proses terjadinya keretakan bisa cepat berlanjut dan makin parah karena ada dorongan (Gaya Fisik) dari luar seperti hempasan angin dan turunnya hujan, ditambah jika mobil melaju cepat dan sering melewati jalan tidak rata.

Kaca cekung, atau membentuk kedalam tertentu akibat pukulan atau benturan benda tumpul pada satu titik seperti kawah gunung, ini bukanlah retakan, meski reaksi pecahnya kaca lebih lamban tapi sangat menggangu pandangan mata. Mengganti kaca adalah solusi yang tepat.




Sebuah opini
Ref. Teman mekanik dan tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

jlamp
beluluk
screamo37
screamo37 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.