• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Benci dengan Koruptor dan Kejahatan yang Lain? Didik Anak dengan Sifat-sifat Ini

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Benci dengan Koruptor dan Kejahatan yang Lain? Didik Anak dengan Sifat-sifat Ini
Membenci segala bentuk kejahatan dari korupsi sampai dengan ketidak jujuran aparat penegak hukum?
Didik anak-anak dengan sifat ini untuk mempersiapkan masa depan lebih baik


Krisis kepercayaan terhadap pemegang kendali kekuasaan dan pemerintahan, mungkin sebagian orang sedang berada dalam fase ini.

Bukan tanpa alasan, pasalnya beberapa penguasa dengan jabatan penting dan vital tertangkap basah melakukan tindakan kejahatan yang seharusnya tidak dilakukan karena bersangkutan dengan nasib banyak orang.

Itu hanyalah ulah dari beberapa orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan kekuasaan untuk mendapatkan keuntungan pribadi, mereka sering disebut oknum karena memang tidak semua orang dengan jabatan atau kedudukan tersebut berperilaku jahat dan menyalahgunakan wewenang.

Tentu saja wajar masyarakat membenci para oknum-oknum tersebut, karena yang mana seharusnya ditangan mereka ada kesejahteraan berubah menjadi sejahtera bagi diri sendiri karena adanya korupsi atau rasua.

Lantas apa yang harus Agan Sista lakukan saat membenci sosok koruptor, maling, jambret, aparat penegak hukum yang tidak adil, atau pelaku kejahatan sosial?

Pastinya cara terbaik membenci sifat-sifat buruk adalah dengan bersikap baik GanSis, mendidik calon generasi penerus menjadi generasi yang bermartabat sangat perlu dilakukan karena di tangan mereka kekuasaan masa depan.

Apa saja sifat dan karakter yang harus diberikan pada anak-anak sekarang calon pemimpin negeri?
Berikut ini diantaranya.




1. Jujur dan Taat Tuhan

Sifat jujur, adalah sifat pertama yang harus ditanamkan kepada anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Kejujuran dan ketaatan kepada Tuhan akan menjauhkan seseorang dari berperilaku tidak baik karena mereka memiliki kepercayaan bahwa apa yang dilakukan akan dipertanggungjawabkan.

Perlu diketahui, orang yang jujur akan melakukan apapun atas dasar kebaikan, jika seseorang kehilangan sifat jujur maka kebaikan sudah akan sangat jauh dengan orang tersebut entah seniat apapun mereka berbuat baik karena ketidak jujuran akan membawa mereka pada ketersesatan.

2. Bijaksana

Bijaksana dalam mengambil keputusan juga menjadi salah satu sifat dan karakter yang harus anak-anak miliki agar mereka dapat menjadi pemimpin yang adil dan tidak ditunggangi kepentingan diri sendiri dan orang yang berkepentingan di masa depan.

Paham mana baik dan buruk akan menjadi kunci apakah seseorang dapat bersikap bijaksana ataukah tidak. Kebijaksanaan bisa diajarkan dengan mengarahkan anak-anak untuk paham makna kebaikan dan keburukan, dengan mereka paham hal tersebut maka mereka tidak akan menyalahgunakan wewenang di masa depan.

3. Adil

Keadilan yang hakiki tidak memihak yang berkuasa atau berjaya adalah keadilan yang harus diberlakukan di negeri kita GanSis.

Berikan pengertian adil yang benar-benar adil kepada anak-anak agar mereka menjadikan keadilan sebagai kebiasaan dalam hidup mereka.

4. Pandai

Tidak dipungkiri pandai juga sesuatu yang penting dan harus dimiliki oleh seseorang baik itu orang biasa atau bahkan calon pemimpin negeri. Seseorang yang pandai akan selalu memilih jalan yang tepat untuk hidupnya dan orang lain, sedangkan orang yang pintar cenderung hanya akan memilih jalan yang menguntungkan bagi diri mereka sendiri.



Itulah GanSis beberapa sifat dan karakter yang harus kalian tanamkan pada diri anak-anak kalian jika Agan Sista membenci koruptor, maling, atau pelaku kejahatan yang lain.

Masih banyak sifat yang lain yang harus diajarkan tetapi 4 dari sifat di atas menjadi yang paling penting dan utama agar anak terhindar dari berperilaku jahat dan keji terhadap kehidupan orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 20-07-2022 23:38
6666661234
screamo37
kopiko0385
kopiko0385 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.3K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.