hostermaxAvatar border
TS
hostermax
7 Alasan Kenapa Mie Instan Kurang Baik Bagi Kesehatan

Foto sebagai pemanis agar tidak melukai pembuat mie instan emoticon-Big Grin

Siapa yang tidak tahu mie instan? Makanan yang terbuat dari tepung ini sangat disukai semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tidak hanya untuk pengganjal saat lapar saja, mie instan bahkan sering juga dijadikan makanan pokok bagi sebagian orang. Hal itu disebabkan oleh rasanya yang nikmat dan bisa membuat perut menjadi kenyang. 

Sayangnya, pakar kesehatan telah menyebutkan bahwa mie instan ternyata bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan. 

Sebenarnya, apa saja yang menjadi alasan kenapa mie instan termasuk ke dalam makanan yang tidak sehat? Simak informasinya berikut ini.

Alasan Kenapa Mie Instan Kurang Baik Bagi Kesehatan


Dibalik rasanya yang enak dan mudah untuk dibuat, pakar kesehatan telah menyebutkan bahwa mie instan bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi. 

Dibawah ini adalah beberapa alasan kenapa mie instan kurang baik bagi kesehatan yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Sulit dicerna oleh tubuh



Alasan kenapa mie instan kurang baik bagi kesehatan yang pertama yaitu sulit dicerna oleh tubuh. Pakar kesehatan telah menyebutkan bahwa mie instan menjadi salah satu makanan yang paling sulit untuk dicerna oleh perut kita. 


Proses pengolahan mie instan bisa berlangsung sangat lama sehingga membuat perut merasakan sensasi yang tidak nyaman. 

Selain itu, jika sering mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu yang panjang, kemungkinan akan menyebabkan tubuh sering terpapar bahan kimia berbahaya berupa hidrokasinol serta t-butil hidrokuardon.

Bahan kimia tersebut tergolong ke dalam bahan pengawet yang bisa menyebabkan datangnya gangguan pencernaan dan diare pada tubuh kita. Bahkan, hal ini bisa saja memicu kekacauan produksi insulin dan kadar gula darah dalam tubuh kita.
2. Bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Nutrition membuktikan bahwa orang-orang yang suka mengonsumsi mie instan ternyata memiliki risiko lebih besar untuk mengalami masalah sindrom metabolik.

Masalahnya, hal tersebut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke yang bisa berpotensi memicu kematian dini.

3. Memiliki kandungan garam yang sangat tinggi

Alasan kenapa mie instan kurang baik bagi kesehatan selanjutnya yaitu mie instan memiliki kandungan garam yang tinggi. Salah satu bumbu yang membuat mie instan memiliki rasa yang sangat nikmat adalah adanya kandungan garam yang cukup tinggi.

Padahal, berdasarkan penelitian yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension pada tahun 2014 lalu (BacaRed), dihasilkan fakta bahwa orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi garam bisa menyebabkan risiko meningkatnya terkena masalah tekanan darah tinggi.

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak juga dapat memicu peningkatan risiko terkena kematian dini. Hal itu karena masalah pada jantung, pembuluh darah, dan ginjal.

4. Bisa meningkatkan risiko obesitas

Satu porsi mie instan memang tidak bisa membuat perut kita merasa kenyang dan puas, namun jika kita terbiasa mengonsumsinya setiap hari, kita akan lebih mudah mengalami masalah obesitas.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang lebih cepat kembali merasakan lapar dan akhirnya membuat kita ingin memakannya lagi.

Jika kita menuruti keinginan untuk makan mie lagi, ini akan membuat asupan kalori menjadi berlebihan. Dampaknya tentu saja akan memicu peningkatan berat badan.


5. Bisa membahayakan hati
Alasan kenapa mie instan kurang baik bagi kesehatan selanjutnya yaitu bisa membahayakan fungsi hati. Kandungan bahan kimia yang ada di dalam mie instan ternyata bisa memicu kerusakan pada organ hati. 

Jika hal it terus diabaikan, dikhawatirkan hal tersebut akan memicu datangnya penyakit hati sehingga menurunkan fungsinya untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

6. Bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal

Adanya garam dalam jumlah yang banyak tidak hanya membuat tekanan darah naik tapi juga akan membuat risiko meningkatnya terkena batu ginjal. 

Tidak hanya memicu sensasi nyeri ketika buang air kecil, masalahnya ini bisa saja menurunkan fungsi ginjal dengan signifikan.

7. Bisa merusak otak

Alasan kenapa mie instan kurang baik bagi kesehatan yang terakhir yaitu bisa merusak otak. Bahan kimia yang terdapat di dalam mie instan ternyata bisa menyebabkan dampak buruk bagi otak kita, khususnya berupa kerusakan sel-sel dan jaringan di dalamnya. 

Hal ini bisa saja membuat fungsi kognitif, daya ingat, dan berbagai fungsi otak kita lainnya akan mengalami penurunan.

Itulah 7 alasan kenapa mie instan kurang baik bagi kesehatan. Melihat fakta-fakta diatas, sebaiknya kita membatasi mengonsumsi mie instan demi menjaga kesehatan tubuh kita. 

Semoga bermanfaat.



7 Alasan Kenapa Mie Instan Kurang Baik Bagi Kesehatan
0
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
[Komunitas] The Lounge Kaskus
[Komunitas] The Lounge Kaskus
301Thread369Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.