vidyazafiria057Avatar border
TS
vidyazafiria057
Rajapaksa Klaim Sudah Berupaya Cegah Krisis di Sri Lanka
Eks Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, mengklaim telah berupaya melakukan segala cara untuk mencegah krisis ekonomi di negara itu.
Adapun Rajapaksa telah menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya setelah kabur dari Sri Lanka ke Maldives dan Singapura di tengah demonstrasi warga. Pengunduran dirinya telah diterima oleh parlemen Sri Lanka.

"Berdasarkan kepercayaan saya, saya telah melakukan segala cara untuk mengatasi krisis ini, termasuk mengundang seluruh anggota parlemen untuk membentuk kerja sama dengan semua partai atau persatuan pemerintahan," demikian isi surat yang diberikan Rajapaksa dalam pengunduran dirinya, dikutip dari Reuters, Minggu (11/7).

Surat itu dibacakan secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Parlemen Sri Lanka, Dhammika Dasanayake dalam pertemuan parlemen pada Sabtu (16/7).

Dalam surat itu, Rajapaksa menyampaikan krisis finansial Sri Lanka berakar dari salah atur ekonomi yang terjadi bertahun-tahun sebelum dia menjabat sebagai presiden. Tak hanya itu, pandemi Covid-19 juga menyebabkan Sri Lanka kekurangan pengunjung asing dan pengiriman uang dari pekerja asing.

Sementara itu, pengunduran diri Rajapaksa diterima oleh parlemen pada Jumat (15/7). Parlemen Sri Lanka kemudian bertemu pada Sabtu (16/7) untuk memulai proses pemilihan presiden baru.

Parlemen Sri Lanka bakal berkumpul pada Selasa (19/7) untuk menerima kandidat presiden negara itu. Selanjutnya, pemungutan suara untuk presiden bakal diadakan pada Rabu (20/7).

Merespons pengunduran diri Rajapaksa, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe telah disumpah sebagai pelaksana tugas (Plt) Presiden Sri Lanka sampai presiden definitif terpilih.

Diberitakan Reuters, pengunduran diri Rajapaksa terjadi setelah massa berhasil menguasai kediamannya dalam protes besar dan membuatnya kabur.

Masyarakat Sri Lanka menyalahkan keluarga Rajapaksa dan sekutunya atas inflasi, kekurangan barang pokok, dan korupsi di negara itu. Krisis ekonomi tersebut telah terjadi di Sri Lanka selama berbulan-bulan.

Keluarga Rajapaksa sendiri telah mendominasi politik Sri Lanka sejak lama. Saudara laki-laki Rajapaksa, Basil Rajapaksa, sempat menjabat sebagai menteri keuangan tetapi berhenti pada April saat massa mulai melangsungkan protes.

https://info24jamterkini.blogspot.co...esia-yang.html
apawaal
apawaal memberi reputasi
1
891
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.