Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
237
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62d29fbb788b3834f363ef38/kenapa-sistem-khilafah-punah-dan-sekarang-susah-mendapatkan-tempat
Kali ini kita akan membicarakan dari sisi yang berbeda tentang penerapan sistem khilafah, dimana itu adalah sistem ketika pemerintahan dimasa lalu berdiri. Ada perbedaan pendapat menurut pandangan saya dimana khilafah itu terbagi menjadi dua yaitu secara umum dan khusus. Kita harus mengerti dulu sistem apa yang dipakai oleh khilafah secara umum, karena jelas sistem ini didefinisikan sebagai kepemi
Lapor Hansip
16-07-2022 18:23

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

icon-verified-thread


Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Kali ini kita akan membicarakan dari sisi yang berbeda tentang penerapan sistem khilafah, dimana itu adalah sistem ketika pemerintahan dimasa lalu berdiri.

Ada perbedaan pendapat menurut pandangan saya dimana khilafah itu terbagi menjadi dua yaitu secara umum dan khusus.

Kita harus mengerti dulu sistem apa yang dipakai oleh khilafah secara umum, karena jelas sistem ini didefinisikan sebagai kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslim untuk menerapkan hukum-hukum Islam dan mengemban dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia. Orang yang memimpinnya disebut khalifah.

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Jadi, secara umum negara apapun yang menerapkan hukum-hukum Islam dalam berbagai aspek kehidupan di masyarakat bisa disebut sebagai khilafah, dengan pemimpinnya sebagai khalifah mau mereka itu Raja, Presiden, atau apapun namanya dalam sistem sekarang ini.

Karena kalau kita ambil contoh setelah Khulafaur Rasyidin khilafah setelahnya itu berbentuk dinasti yang tercatat sejarah dari dinasti ummayah hingga yang terakhir Dinasti Ottoman, namun saat itu khilafah dianggap punah.

Kenapa kok bisa?

Karena sering kalah perang, banyak utang, namanya berbentuk kerajaan kadang para pembesar istana sering besar pasak daripada tiang. Hasilnya Kekhalifahan Usmani dibubarkan pada 1 November 1922. Khalifah terakhir, Mehmed VI, meninggalkan bekas daerah kekuasaannya digantikan dengan gerakan nasionalis Turki yang dipimpin Mustafa Kemal.

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Sedangkan secara khusus sistem pemerintahan bisa disebut sebagai Khilafah apabila menerapkan Islam sebagai Ideologi, syariat sebagai dasar hukum, serta mengikuti cara kepemimpinan Nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin secara bai'at atau pemilihan.

Melihat dua model sistem seperti ini tentunya di zaman sekarang sistem kerajaan yang masih melakukan syariah Islam dalam hukum-hukumnya bisa dilihat pada Dinasti Hasyimiyah (dari 1921 hingga sekarang), dinasti ini dari keluarga Hashim yang menguasai Yordania dan raja pertama mereka adalah Raja Abdullah I pada 1921. Keluarga tersebut masih memerintah Yordania hingga sekarang pada masa pemerintahan Raja Abdullah II bin Al Hussein.

Perlu diketahui, garis keturunan keluarga Hasyimiyah ini, kakek buyut Nabi Muhammad SAW dari suku Bani Kenana. 

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Sedangkan ada dinasti lain yang menerapkan syariah Islam lainnya yaitu Dinasti Al Saud (dari 1932 hingga sekarang) dimana Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud dianggap sebagai penguasa pertama kerajaan Saud.

Kenapa mereka tidak dianggap sebagai khilafah?

Karena kalau kita mengacu luas wilayah khilafah di masa keemasan sistem ini, tidak cocok karena luas wilayah dinasti sekarang terbatas. Apalagi kalau dibandingkan masa Khulafaur Rasyidin tentu menyalahi aturan bai'at.

Belum lagi khilafah merupakan negara satu kesatuan. Satu kesatuan dalam pemerintahan, hukum, keamanan, maupun keuangan. Keuangan seluruh wilayah khilafah dianggap satu kesatuan dan APBN-nya juga satu, bisa dibilang sistem khilafah itu dipakai oleh Indonesia dengan adanya bai"at oleh MPR/DPR lalu disetujui rakyat lewat perwakilannya.

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Hanya saja masih setengah-setengah karena masih menggunakan hukum buatan Belanda, bukan berdasarkan sumber hukum dari al-Quran, al-Hadits, Ijma’ sahabat, dan qiyas. Walau dalam perjalanannya secara perlahan sumber hukum dari syariah mulai masuk satu persatu dalam undang-undang.

Yang menarik sistem khilafah ini dibentuk dengan konsep menguasai ekonomi seluruh wilayah dimasa itu, maka baitul mal yang pertama kali dihadirkan dimana kekayaan negara yang berasal dari rakyat, disalurkan untuk kepentingan rakyat, bukan untuk pejabatnya.

Disini memberantas kemiskinan menjadi hal yang utama, ketika masyarakat makmur maka konsep-konsep lainnya mengikuti. Maka agak aneh kalau ada yang bilang Nabi miskin karena menahan lapar, bisa dibilang tidak miskin karena konsepnya kesederhanaaan.

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Dalam dunia modern konsep menguasai ekonomi ini malah tidak dimiliki oleh penggiat khilafah sekarang ini, tapi dimiliki oleh grup atau kelompok yang berbasis perusahaan yang bernama Vanguard Group Inc, BlackRock Inc, Berkshire Hathaway Inc. Namun pemegang saham pengendali Berkshire Hathaway adalah Vanguard Group, kan semakin menarik.

Siapakah dibalik Vanguard apakah John C. Bogle, tentu tidak tapi siapa dibalik kelompok hebat ini?

Terlebih, BlackRock, Fidelity Investment, JP Morgan, Bank of New York, State of street, UBS, Vanguard Group. Kalau ditotal seluruh asset mereka, itu sama dengan 2/3 PDB dunia. Kalau sistem khilafah bisa menguasai 2/3 PDB dunia, karena menguasai seluruh industri di dunia, tentu mau dicekoki ilmu syariah model apapun akan berpengaruh pada banyak negara.

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Karena khilafah sebenarnya bukan hanya untuk menguasai wilayah saja, tapi sarana dakwah. Sedangkan dimasa dinasti khilafah lebih sering memperlebar wilayahnya dengan perang, tidak sejalan dengan konsep dakwah.

Tak heran kalau sekarang para pejuang khilafah juga terbagi dua persis seperti Menshevik dan Bolshevik dalam mewujudkan komunisme di dunia, ada yang ingin perlahan namun pasti ada yang ingin revolusioner yang brutal namun ternyata banyak yang gagal.

Bisa dibilang khilafah adalah sebuah sistem politik, namun saat ini khilafah tidak mempunyai konsep jelas. Tujuannya untuk apa? Karena Islam sudah banyak dikenal manusia, tinggal penerapannya dari individu atau manusianya saja yang kadang keblinger.

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Bahkan dalam dunia pendidikan Islam banyak carut marut oleh oknum yang mengaku orang terpandang, karena dikultuskan, bahkan dibela setengah mampus sudah seperti dewa ini kan lucu! Karena Islam tak pernah menyuruh membela mahluk hidup apapun itu bentuknya.

Quote:

Dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari No: 3189 dari sahabat Umar RA. Rasulullah bersabda:

“Janganlah kalian melampaui batas dalam memujiku sebagaimana orang Nasrani mengkultuskan Isa bin Maryam. Sesungguhnya aku hanyalah hamba-Nya, maka itu katakanlah (bahwa Aku hanyalah) ‘abduhu wa rasuuluhu (hamba Allah dan utusan-Nya.”



Sekarang? Silahkan agan pikirkan kenapa ada tindakan kurang baik oleh pemilik ponpes, atau ormas tapi malah dibela setengah mampus, ini karena pengkultusan dari budaya nenek moyang yang masih dianut.

Jelas, dalam hadist hal itu tidak dibenarkan. Maka karena masih banyak penganut agama namun tidak belajar ilmu yang sesungguhnya, hanya taklid buta, dan tidak memberdayakan akal yang sudah dibuat oleh Allah maka sistem khilafah yang digaungkan saat ini bukan untuk kebaikan dimasa depan, malah akan banyak perang saudara, karena siapa yang akan menjadi khalifahnya?

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

Mau ambil dari orang Asia, Eropa,Timur Tengah, Afrika atau Amerika? Beda mahzab syiah dan sunni aja ribut ini penentuan khalifah tentu bisa perang dunia dimana-mana! Maka konsep ini menjadi mentah, dan tidak mendapat tempat di politikus lokal sebuah negara, kecuali memakai konsep New World Order dengan berbagai konspirasinya.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"

Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3, 4
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?





Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
gpandita memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
51.7K Anggota • 911.2K Threads
Halaman 2 dari 5
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 20:51
jangan beri tempat
profile-picture
apawaal memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 20:57
sekarang trendnya balik ke nash.
ada ga text di aq dan hadist yg mengharuskan negara dng sistem khilafah?

mayoritas pendapat adalah tdk ada,

level sistem khilafah adalah hasil ijtihad para ulama saja yg msh bisa didebat.

jadi keributan sebenarnya bisa selesai jika kembali ke acuan dasar.
ada nashnya tidak?





emoticon-Shakehand2
profile-picture
apawaal memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 20:58
Gak usah melebar ke sistem lah, pemerintahan lah, ekonomi lah dan bla bla...

Ada 5 khilafah yang pernah eksis dan tercatat sejarah yg katanya "golden age" islam.. Yaitu Ummayah, Abbasia, Ayyubid, Rashidun, dan Ottoman jadi khilafah mana yg mau jadi rujukan sistem khilafahnya? Itu dulu yg perlu di jawab baru melebar ke sistem, hukum, ekonomi dll...

Disini ada golongan anti oligarki tapi khilafah itu erat dengan oligarki....
profile-picture
ifrit50 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 21:16
Rawan sih, sifat dasar manusia kan serakah. Apapun yang sifatnya absolut akan jadi diktator pada saatnya, udah pasti abuse the power.
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 21:19
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Karna masi banyak manusia yang belum tobat
emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir
profile-picture
rickyrickardo memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 21:27
Mending hidup dami, cari ketentraman aja, dan memajukan teknologi. Biar anak cucu hidup lebih baik
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
3 0
3
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 21:33
Semua negara memang saling membutuhkan. Tapi Eropa saja menyatukan kekuatan dengan ada yg namanya uni Eropa. Nah negara mayoritas muslim, bisa saja menyatukan sistem ekonomi nya untuk negara-negara muslim. Dengan ada nya kolaborasi, bukan tidak mungkin negara muslim jadi kiblat ekonomi dunia.

Jadi cara pandang kekhilafan kita harus diubah.
profile-picture
Soekarti memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 21:40
1.) klo khilafah diterapin di indo auto pecah tuh provinsi lain yg didominasi non muslim mau denial fafifu ngeles "tapi dalam khilafah orang non muslim tetap dirangkul blablabla"...nyatanya jaman utsmani dulu aja itu bejibun kok anak2 kristen yg dipaksa convert ke Islam terus dikasih pelatihan janissaries, klo nolak?ya bayar jizya.
2.) klo khilafah diterapin di indo jgn kan perpecahan ke yg non muslim aja, ke sesama muslim aja auto perang saudara. ex : yg kepilih jadi khalifahnya antara gol wahabi salafi, nu, muhammadiyah, dll pasti yg gak kepilih gak setuju dan ngeberontak. Ini kalau baca sejarah peradaban Islam manapun endingnya sering banget berakhir gini.
3.) negara yg sering dijadiin patron khilafah sama penggaung khilafah gak lain dan gak bukan turki utsmani--nyatanya tuh kekhalifahan utsmani gak islami2 banget : dari 600an tahun umur kekhalifahan utsmani gaada 1 pun khalifahnya yg pernah naik haji, di lingkaran khalifahnya pada doyan miras, perbudakan meraja lela(yg jadi budak diimpor dari eropa), praktik homoseksual juga meraja lela era itu(bejibun lukisan dan catatan2 era itu yg ngenampilin kondisi saat itu emang se gak bermoral itu), dan yg terparah angka melek literasinya super rendah sekitar <10% bahkan perkembangan teknologi dari barat kaya mesin ketik banyak yg ditolakkin. Mau indo jadi kek negara percontohannya Khilafah yg sering diidam2kan felix siaw dkk ?
profile-picture
julljul memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 21:57
Berat kalau udah ngomongin urusan agama tuh.
😅
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:28
gue gak percaya segala sesuatu yg berbau islamist
profile-picture
julljul memberi reputasi
3 0
3
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:31
Bukan jamanya, kalo emang bagus n baik seperti digemborin kaum pemuja "Kilaf AH" kenapa bisa diruntuhin & susah bangkit + negara ngarab sono ga ada yg make tuh sistem.

Kalo mau bukti beli aja pulau di luar sono wat bikin negara baru sendiri pake tuh sistem, contohin terbukti apa kaga tuh sistem, jangan malah maksa negara yg dah punya sistem sendiri wat merubahnya (apa bukan makar namanya?).
profile-picture
caurboy memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:34
Kemarin sempat TS bikin trit gosip... Sekarang balik ke jalur biasanya..
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:40
Nunggu hasil perang rusia dulu, biar eropa ditabokin jadi pariah secara merata baru dipikirin bareng masalah khilafah
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:52
ngga laku karna gada khilafah era modern yg terbukti sukses dan bisa dijadikan teladan.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:56
Kalo skrg sering dipakai oleh golongan yg suka belanja tp ga mikir panjang. Khilaf ah...
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:56
Percuma di jelasin penjilat gurun pasir ma seneng di injek2 kaum seiman, yg penting diiming2 surga da bahagia
profile-picture
caurboy memberi reputasi
3 0
3
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 22:59
SEKARANG MASYARAKAT SUDAH BANYAK YANG CERDAS... TIDAK MAU LAGI DIBODOHI OLEH ILMU TAHAYUL METAFAKTA YANG DIAJARKAN DI PESANTREN ITU. MASALAH MUNCUL KETIKA ULAMA DIKULTUSKAN BAGAIKAN DEWA SEHINGGA APAPUN KEINGINANNYA HARUS DTURUTI DAN DIPENUHI TERMASUK JIKA IA INGIN MERASAKAN DARAH PERAWAN.
profile-picture
caurboy memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 23:06
Pembahasan nya sangat berat 😅
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 23:16
Tidak ada negara Normal gunakan sistem Khilafah.
Yang ngotot Khilafah apa mereka masuk kaum gak normal ya? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh apawaal
profile-picture
caurboy memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
16-07-2022 23:35
insyaallah khalifa pasti kembaliKenapa Sistem Khilafah Punah! Dan Sekarang Susah Mendapatkan Tempat?
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia