• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenang Saat Memiliki Motor Pertama Kali, Usia Berapa tuh Gan?

beergembira.Avatar border
TS
beergembira.
Mengenang Saat Memiliki Motor Pertama Kali, Usia Berapa tuh Gan?
Motor pertama yang kalian miliki pasti punya nilai kenangan tersendiri. Meskipun itu bukan motor terbaik dalam hidup kalian, tapi rasanya bakal berkesan banget. Gue sendiri mulai bisa pake motor saat masih SMP dan biasa pake motor bokap buat ke mana-mana. Motor pertama yang bener-bener gue dapatkan pake uang sendiri ya baru ketika gue memasuki usia 21 tahun. Itu pun motor second. Tapi rasanya senang dan bangga bisa punya motor hasil usaha sendiri dan dengan STNK atas nama gue (of course setelah ganti nama), wkwkwk.


Pic source: 1

Ada banyak hal menarik yang gue alami ketika menggunakan motor pertama milik sendiri. Suka-dukanya membekas sampe sekarang dan sering bikin gue ketawa sendiri kalo inget lagi, hehe. Ini nih, beberapa hal yang gue lakukan saat itu:

1. Parno Saat Memarkir Motor di Tempat Ramai


Pic source: 2

Namanya hasil usaha sendiri, bawaannya khawatir terus saat harus memarkir motor di tempat umum. Overthinking ngebayangin motor digondol maling, kegores kendaraan lain, atau jatuh sampai kondisinya gak sehat. Sedih dan takut ngebayangin motor hasil nabung jadi hilang atau rusak. Pokoknya saat-saat itu, gue jadi gak bisa lama-lama ninggalin motor di parkiran deh, wkwkwk. Cupu ya?

Sekarang malah gue santai banget sampe kadang lupa tadi parkir motor di sebelah mana. Kalo pengen lebih aman, paling gue cari area parkir yang dekat dengan security atau terpantau CCTV aja.

2. Fotoin Motor Tiada Henti


3

Saking bangganya dengan motor pertama gue, kerjaan gue kalo lagi gabut ya foto-fotoin motor sendiri. Dari sisi depan, kiri, kanan, belakang, semua deh difotoin. Terus, gue upload di medsos (dulu sih masih jaman facebook dan awal-awal instagram). Sempet pengen posting dan pamer di grup-grup facebook juga, tapi motor orang lain jauh lebih bagus, gue jadi insecure.

Kalo liat foto-foto itu, gue jadi malu sendiri karena ngerasa kelakuan gue jaman dulu norak bener, wkwkwk.

3. Gatel Pengen Modif Ini-Itu


Pic source: 4

Setiap gajian atau dapat rejeki lebih, yang gue pikirkan saat itu adalah meng-upgrade performa dan penampilan si motor. Rasanya penasaran pengen modif diginiin-digituin, ngide macem-macem. Tapi ujung-ujungnya gak jadi karena takut gagal. Malah ribet kan, ntar gue jadi susah ke mana-mana kalo motor gue rusak gara-gara gagal ngemodif.

Sekarang gue justru lebih suka motor yang otentik sesuai penampilan asli pabrikannya, gak banyak dimodif aneh-aneh.

4. Rajin Nyuci biar Selalu Kinclong

Konten Sensitif

Pic source: 5

Hujan adalah musuh terbesar gue saat awal punya motor sendiri. Karena hujan bikin motor gue kotor dan gak enak dilihat. Setiap abis hujan, pasti langsung gue cuci. Kalo gak ada waktu, minimal gue semprotin air kran sampai sisa cipratan hujan hilang dan motor gue tampak bersih glowing. Gue udah kayak emak-emak punya anak balita, lebay banget kalo motor gue kotor-kotoran.

Kalo sekarang, gue malah sebaliknya. Asal gak kotor-kotor amat, ya gue biarin aja tuh motor. Kalo terpaksa harus dibawa hujan-hujanan juga udah gak pernah ngerasa khawatir kayak dulu.

5. Explore Tempat Servis


Pic source: 6

Dalam rangka menjaga dan merawat kondisi motor, gue sering explore tempat servis. Mulai dari nyobain tempat servis yang direkomendasiin teman, bengkel rumahan, dan bengkel resmi. Gue sempat juga beberapa kali kena tipu karena percaya-percaya aja sama bengkel yang ramai dan banyak direkomendasikan. Gak taunya parts yang masih bagus malah pada diganti dan biaya servis gue jadi membengkak. Atau gonta-ganti oli ngikutin saran mekanik, eh malah mesin motornya jadi cepet panas dan kotor. Pengen marah tapi gak bisa.

Seiring bertambahnya umur dan pengetahuan, sekarang gue udah gak penasaran nyoba-nyoba tempat servis. Kebetulan di dekat kantor gue ada Planet Ban, jadi gue sekalian servis di situ aja biar dekat. Selain bisa ganti ban, di sini juga bisa ganti oli pake oli X-Ten. So far, mesin motor gue jadi lebih enak dipake, tarikan lebih enteng, dan gak harus cepat ganti oli juga karena lebih tahan lama.

Gue gak menyesali kelakuan norak dan kebodohan gue di masa lalu, sih. Pengalaman-pengalaman itu memberikan gue pemahaman dan perspektif berharga seputar motor pribadi. Terus, karena sejarah memalukan itu, gue jadi punya bahan cerita buat ditertawakan, iya kan? Hehehe.

Kalian punya motor pertama di usia berapa tuh, gan? Terus, kegiatan norak apa aja yang kalian lakukan pada motor saat itu? Yok, share lah cerita norak, unik, dan lucu kalian saat memiliki motor pertama kali!
zaka_rudin
ferfer2323
ferfer2323 dan zaka_rudin memberi reputasi
8
1.9K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.