• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pengendara Motor Nekat Terobos Jama'ah Tahlil, Pahami Pentingnya Etika dan Kesopanan

masnukho
TS
masnukho 
Pengendara Motor Nekat Terobos Jama'ah Tahlil, Pahami Pentingnya Etika dan Kesopanan
Heboh beredar video pengendara motor nekat terobos jama'ah tahlil, ini dia pentingnya etika dan sopan santun


Publik tengah dibuat heboh dengan beredarnya sebuah video seorang pengendara motor nekat menerobos sekumpulan warga yang tengah mengadakan acara tahlilan.

Beredar di media sosial dibagikan oleh admin akun Instagram @infocipete, sebuah video seorang pengendara motor nekat menerobos sebuah jalan yang sedang digunakan untuk acara tahlilan.

Diketahui dari caption unggahan, kejadian tersebut terjadi jalan Terogong 3, Cilandak Barat pada hari Rabu, 13 Juli 2022 yang lalu.

Sampai video tersebut viral dan menjadi bahan perbincangan publik, belum diketahui secara pasti siapa si pengendara motor yang nekat menerobos jama'ah tahlil. Namun, akibat dari ulah pengendara motor yang tidak dikenal tersebut hidangan terbuang percuma karena terlindas ban sepeda motor.

Ulah dari pengendara motor yang nekat menerobos jalan yang digunakan untuk tahlilan itu pun menuai respon komentar tanggapan. Netizen menilai apa yang dilakukan oleh pengendara motor tersebut tidak beretika dan kurang rasa sopan santun.

Apa sih sebenarnya manfaat dan pentingnya seseorang memiliki etika dan sopan santun?
Mari kita ulas bersama GanSis.




Sebelum membahas manfaat etika dan sopan santun, berikut ini penjelasan sederhana dari etika dan sopan santun.

Etika merupakan sebuah penilaian terhadap konsep kebenaran atau kebaikan dari sikap dan tindakan sosial yang berdasarkan kepada tradisi yang dimiliki oleh kelompok atau individu, sedangkan sopan santun adalah kaidah atau aturan hidup untuk tingkah laku manusia yang timbul dari hasil pergaulan kemudian menjadi aturan, perintah, larangan, dan sanksi yang sebenarnya juga bagian dari etika.

Setelah mengetahui apa itu etika dan sopan santun, ini dia beberapa manfaat etika dan sopan santun yang harus Agan Sista ketahui.


1. Membedakan Antara Manusia dan Hewan

Pentingnya manusia memiliki etika dan sopan santun adalah untuk membedakan antara manusia dengan hewan GanSis.

Mungkin saat ini antara hewan dengan manusia sulit untuk dibedakan meskipun dari segi bentuk jelas berbeda , karena memang saat ini kebanyakan manusia tidak memiliki etika dan sopan santun seperti halnya hewan yang dapat melakukan apapun tanpa memperhatikan etika dan sopan santun.

2. Tidak Hanya Berakal

Selain untuk membedakan manusia dengan hewan, pentingnya seseorang memiliki etika dan sopan santun yaitu untuk pembuktian bahwa manusia tidak hanya lebih unggul dari segi akal dibandingkan dengan hewan GanSis.

Perasaan, berkaitan erat dengan etika dan sopan santun, dan seseorang baru dapat dikatakan sebagai manusia jika mereka memiliki perasaan dan mampu menjaga perasaan dari orang lain.

3. Timbal Balik Penghormatan

Manusia adalah makhluk yang mengharapkan timbal balik dalam segala hal GanSis, termasuk dengan penghormatan.

Seseorang yang tidak memiliki etika dan sopan santun akan secara otomatis membuat diri mereka tidak dihormati dan dihargai oleh orang sekitar karena tidak dapat menghargai orang lain, itulah sebabnya kenapa etika dan sopan santun penting untuk dijadikan sebagai sikap baik yang diterapkan setiap saat dimanapun dan kapan pun.



Berikut tadi GanSis, pengertian, manfaat dan pentingnya etika serta sopan santun untuk dijadikan sebagai kebiasaan dan sikap hidup sehari-hari.

Banyak saat ini kurang didikan etika dan sopan santun sehingga bisa berlaku semena-mena dan seenaknya sendiri seolah mereka hidup tidak berdampingan dengan orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4

bossburung
bossburung memberi reputasi
27
15K
235
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.