• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bbm Kita Mahal? Cek Tetangga Sebelah Inilah Fakta yang Membagongkan!

iskrim
TS
iskrim
Bbm Kita Mahal? Cek Tetangga Sebelah Inilah Fakta yang Membagongkan!


Dikita membahas bbm memang paling sensitif, ditambah lagi aturan yang justru bikin ribet orang kecil sewaktu beli bensin subsidi, orang gunung apa kenal aplikasi, boro-boro pegang hape, mikir pupuk murah aja udah senengnya gak ketulungan.

Perkara harga minyak dunia naik jadi $ 120/barrel mungkin bisa dimaklumi tapi curat marutnya masalah korupsi dibadan usaha sekelas Pertamina menambah kepercayaan masyarakat semakin menipis. Timbul pertanyaan sebenarnya pemerintah masih mampu gak sih mensubsidi bahan bakar yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat?

Murah atau mahal itu adalah hal yang biasa, tergantung kekuatan keuangan masing-masing individu tapi harus ada pembanding yang nyata dan terdata seperti membandingkan harga bahan bakar Indonesia dengan tetanga terdekat, Malaysia.

Ada tiga jenis bbm di Malaysia yang saat ini dijual, yang paling rendah adalah bensin RON 95. Bensin jenis ini jauh lebih bagus dibandingkan dengan Pertalite bahkan sekelas Pertamax yang memiliki oktan 90 dan 92 saja.



Sumber yang saya baca harga BBM Malaysia per 12 Juli 2022, untuk bensin RON 95 dijual dengan harga RM 2.05/liter atau jika dikonversi kerupiah adalah Rp. 6.961/liter, secara kualitas padahal lebih bagus dari Pertalite dan Pertamax, tapi dijual lebih murah. Disubsidi kah, iya tapi dengan kualitas lebih baik.

Mau bensin yang kualitasnya lebih bagus? Untuk RON 97 yang nyaris setara dengan Pertamax Turbo (RON 98) dijual RM 4.80/liter atau jika dikonversi ke rupiah jatuhnya adalah Rp. 16.301/liter beda tipis dengan Indonesia diangka Rp 16.200/liternya, tapi tetap lebih murah Malaysia.

Dan perbedaan paling mencolok adalah harga BBM diesel. Dengan kualitas bahan bakar diesel setara Pertamina Dex hanya dijual RM 2.15/liter atau jika dikonversi ke rupiah jatuhnya adalah Rp. 7.300/liter, sedangkam di Indoensia harga Pertamina Dex dijual Rp. 16.500/liter!



Yang membagongkan lagi secara pendapatan rata-rata orang Malaysia dalam setahun lebih tinggi dari orang Indonesia, yaitu $ 12.500 atau setara dengan Rp 180 jutaan/tahun, menurut data Indonesia hanya mengantongi $ 4.3 atau setara dengan Rp 62 jutaan/tahun.

Fakta menunjukkan meski kekayaan orang Malaysia lebih baik dari Indonesia tapi harga bahan bakar disana tetap lebih murah. Itulah mengapa banyak masyarakat kita resah, hidup sudah susah ditambah harga bahan bakar melambung tinggi yang berakibat harga-harga komoditas lain ikut naik juga. Tanya kenapa?




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 14-07-2022 05:12
screamo37
screamo37 memberi reputasi
44
14.1K
367
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.