samsol...Avatar border
TS
samsol...
Refly Harun Bahas Soal Anies Baswedan yang Tolak Lamaran Prabowo Pada Pilpres 2019
Terkini.id, Jakarta – Ahli hukum tata negara, Refly Harun membicarakan soal lamaran Prabowo Subianto kepada Anies Baswedan yang terjadi pada saat pemilu 2019 lalu.

Diketahui bahwa Prabowo Subianto melamar Anies Baswedan untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi dirinya bertarung dalam pemilihan presiden 2019.

Namun menurut Refly Harun, Anies Baswedan menolak lamaran Prabowo Subianto dikarenakan mantan Menteri Pendidikan ini sudah mengetahui Ketua Umum Gerindra tersebut akan kalah.

Refly Harun menjelaskan bahwa Anies Baswedan mengetahui alasan mengapa Prabowo Subianto akan kalah pada tahun 2019 kemarin.

Salah satu alasan tersebut adalah terdapat kemungkinan bahwa pemilu pada tahun 2019 tidak bersih dengan pengerahan kekuatan di pemerintahan.

Refly Harun juga bercerita soal pertemuannya dengan salah satu taipan yang berujar bahwa tidak perlu oposisi kampanye karena pemenangnya sudah pasti Jokowi.

“Itu barangkali prediksi, tetapi kita kan harus paham konstelasi politik yang kita dengar-dengar. Allahu a’lam, ya namanya omongan orang bisa jadi betul based on experience, hanya sekadar nebak, atau memang sudah ada grand design, we don’t know exactly,” ujar Refly Harun, dikutip wartaekonomi.co.id, Kamis 14 Juli 2022.

Disisi lain, Refly Harun meramal jika Anies Baswedan dilamar oleh Jokowi pada tahun 2019, maka Gubernur Jakarta tersebut akan menerimanya.

Refly Harun berpendapat apapun alasan Anies Baswedan tentunya sudah pasti siapa yang menemani Jokowi akan menang dan memperoleh pekerjaan yang ringan.

“Sebaliknya saya yakin, seandainya pada tahun 2019 misalnya Anies dilamar oleh presiden Jokowi sebagai wakil presidennya, saya yakin Anies mau. Kok bisa begitu? Karena menjadi wakil presiden Jokowi itu paling strategis dan pasti paling besar peluang pemenangnya,” tutur Refly Harun.l

“Menjadi wakil presiden Jokowi nggak perlu kerja keras, tapi menjadi wakil presiden Prabowo bakal kerja keras dan mungkin bakal kalah,” lanjut Refly Harun.

Refly Harun menguraikan walaupun dirinya tahu soal kekalahan Prabowo Subianto, bukan berarti dia langsung mendukung petahana (Jokowi).

[B]Lebih lanjut lagi, Refly Harun membeberkan bahwa kubu petahana berpotensi besar dalam melaksanakan permainan curang.


Pada tahun 2019, Refly Harun mengatakan ia bersikap netral dan selalu mengkritik pemerintah era Jokowi dan menyuarakan pemilu yang adil.


https://makassar.terkini.id/refly-ha...maran-prabowo/

Ini bukti bahwa tolol itu kagak kenal genre pendidikan.

Di pecat jdi menteri kog mau di angkat jdi wapres....

Repli ini siapa di banding hakim2 MK.

Ini analisa penuh kebencian dan sakit hati doang dri seorang pecatan yg kehilangan sisi objektifnyaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh samsol... 14-07-2022 05:57
spay21
spay21 memberi reputasi
9
2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.