cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
4 Tempat Rekomendasi Liburan Keluarga di Kabupaten Pati


Cangkeman.net - Pati merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berada paling utara Provinsi Jawa Tengah yang berdekatan dengan Kota Jepara dan Kudus. Kota Pati terkenal dengan slogan “Pati Bumi Mina Tani” yang bisa diartikan sebagai kota Pati sebagai tempat pertanian dan memiliki banyak sekali lahan pertanian, sehingga masyarakat setempat makmur dan sejahtera hidupnya karena hasil pertanian yang melimpah ruah. Kota ini mungkin asing bagi warga Jawa Timur dan Jawa Barat, sebab kota ini sangat kecil dan tidak begitu terkenal. Aku sendiri mengenal kota ini karena kota ini kelahiran ayah aku. Dulunya aku mengira kota ini sangat terpencil dan jauh dari peradapan karena minim infrastruktur dan beda banget suasananya dengan perkotaan besar. Lambat laun aku mulai mengenal kota ini karena banyak sekali destinasi wisata yang bisa memanjakan mata. Kalian mau tau apa saja tempat healing terbaik di Kota Pati? Yuk simak artikel ini. Let’s go!

Pantai
Siapa nih diantara kalian yang kalau healing mencari pantai karena segar liat warna langit pantai, air, dan pasir pantai. Di kota Pati tidak kekurangan pantai, lo. Banyak sekali pantai di pinggiran kota ini. Contohnya Pantai Goa Manik, yup destinasi ini sangat lengkap sekali, karena ada pantai dan goa. Pantai di sini cukup bersih dan banyak permainan seperti ATV, motor-motoran dan banyak juga tempat duduk santai di pinggir pantai. 

Kalau kalian ingin main air/basah-basahan di pantai diperbolehkan, loh. Asal saat air pantai tidak pasang. Jadi, main ke pantainya saat musim kemarau saja. Oh iya, di pantai ini disediakan perahu untuk kalian yang ingin menyeberang ke pulau mandalika. Pulau Mandalika berada di tengah-tengah pantai ini. Selain itu, di samping pantai, juga terdapat bangunan sejarah yaitu benteng Portugis. Cukup capek sih jika kalian ingin melihat bentengnya, karena berada di atas bukit. So, yuk cobain kesini.

Kebun Kopyor
Kalian tau nggak kopyor itu apa? Kopyor itu sejenis kelapa muda/degan tetapi sudah tua, sehingga airnya sedikit dan isian buahnya agak lembek. Di Pati banyak sekali kopyor. Hampir setiap rumah warga halamannya ditanami pohon kopyor. Maka dari itu, tidak heran di Pati terdapat tempat wisata Kebun Kopyor. Di sana banyak sekali pohon dan buah kopyor yang bisa kamu ambil langsung dari pohonnya, besti. Di sana murah banget loh harga kopyor hanya 10.000, sedangkan di kota besar kopyor dijual dengan harga 25.000. Udah murah, tempatnya sejuk, yuk cobain healing ke sana. Oh iya kalian bisa menemukan wisata Kebun Kopyor di Kecamatan Tayu, desa Dukuh Seti.

Sentra Pabrik Kacang
Kalian pernah tidak memakan snack buatan PT Dua Kelinci? Jika pernah, kalian bisa lo liburan ke PT Dua Kelinci. Kalian akan tau bagaimana proses produksi, packing dan pastinya kalian bisa membeli oleh-oleh hampers snack untuk keluarga kalian. 

Sentra Kacang Dua Kelinci ini terbuka untuk umum lo ya, walaupun hari libur bisa dong ke sana. Lumayan kan liburan sekalian mendapatkan ilmu tentang kacang. Ternyata tidak hanya Dua Kelinci saja, Kacang Garuda juga diproduksi di kota Pati, loh. Karena dalam satu kota terdapat 2 sentra pabrik kacang, kota ini disebut dengan kota kacang.

Gunung Muria
Gunung Muria terletak diantara 3 kota, salah satunya kota Pati. Maka tidak heran jika pada pagi hari kita bisa melihat gunung Muria saat cuaca cerah di kota Pati. Gunung ini merupakan gunung berapi tertidur, yang artinya masih bisa erupsi tak tau kapan. Gunung Muria digunakan sebagai gunung pendakian dan di lereng gunung Muria terdapat makan Walisongo yaitu Sunan Muria atau Raden Umar Said. Sehingga kalian bisa ziarah dilanjut mendaki gunung. Loh kan enak banget healing satu lokasi tetapi dapat banyak manfaat.

Gimana nih? Tertarik bukan mengunjungi kota Pati? Jangan menilai kota dari “katanya”, tetapi nilailah kota dari “kata kita dan mata kita”.


Tulisan ini ditulis oleh Hilda Ayu Putri Nadifa di Cangkeman pada tanggal 30 Mei 2022
provocator3301
provocator3301 memberi reputasi
10
2.8K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.