• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hobi Ngamuk, Emosi Tidak Stabil? Ini Cara Mengatasi Sifat Emosional Pada Diri Sendiri

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hobi Ngamuk, Emosi Tidak Stabil? Ini Cara Mengatasi Sifat Emosional Pada Diri Sendiri
Hobi ngamuk dan emosi tidak terkontrol bahkan untuk masalah yang sepele?
Ini dia cara mengatasi sifat temperamental negatif pada diri sendiri


Memiliki sifat dan karakter mudah tersinggung, dan gampang emosian bahkan terhadap hal-hal kecil yang tidak sesuai dengan keinginan atau biasa disebut dengan temperamental tentu sangat menghambat kehidupan dan aktivitas sosial.

Seringkali ditemui adanya orang-orang yang mudah tersinggung dan emosi saat mendapati orang lain tidak sependapat dengan pemikiran orang tersebut atau orang lain membuat kesalahan atas diri mereka.

Mudah emosian ini tentu sangat menghambat segala hal GanSis, bahkan juga dapat menjauhkan orang sekitar karena orang-orang yang ada di dekat Agan Sista akan merasa takut menjadi sasaran emosi.

Bukan hanya itu, sifat mudah emosian ini juga dapat beresiko besar pada kesehatan mental diri sendiri, karena dengan semakin sering seseorang meluapkan emosi kesalnya maka akan membuat pikiran terkuras dan perasaan tidak menentu yang juga akan sangat menghambat seseorang untuk dapat merasakan kebahagiaan dalam hidup.

Melihat resiko dari sifat emosional yang tidak terkontrol tersebut, tentu jika Agan Sista menjadi salah satu orangnya maka harus mulai pandai-pandai mengatur emosi GanSis. Berikut ini beberapa tips mengontrol emosi atau cara meminimalisir emosi yang sering meledak-ledak.




1. Menjadi Pemaaf

Kunci utama agar Agan Sista tidak mudah emosian bahkan terhadap hal-hal kecil adalah dengan menjadi seorang yang pemaaf GanSis.
Berusahalah memaafkan kesalahan orang lain meskipun itu baru saja mereka lakukan, dengan begitu kalian akan dapat berbicara dengan baik-baik tanpa harus menunjukkan sifat emosional yang tinggi atau memarahi orang untuk kesalahan mereka. Alihkan emosi atau tenaga kalian untuk memberikan nasehat baik, karena ini lebih bermanfaat dibandingkan emosi tidak tentu arah.

2. Menghindari Sumber Emosi

Hindari sumber emosi, mungkin ini tergolong cukup sulit bagi orang yang semua hal dapat membuat mereka emosi. Namun, cara ini bukan cara yang mustahil karena emosional tinggi saat akan meledak akan selalu ada jeda, manfaatkan jeda ini untuk mencari ketenangan dengan menjauhkan diri dari sumber masalah atau sumber emosi.

3. Sadar Diri

Kebanyakan oranb yang emosional atau temperamental mereka sulit untuk melihat kesalahan diri mereka sendiri tetapi mudah untuk melihat kesalahan orang lain.

Selalu merasa benar memang menjadi salah satu kebiasaan yang harus dihilangkan GanSis, karena tidak ada orang yang sepenuhnya selalu benar sama halnya dengan tidak ada orang yang selamanya salah. Pahami hal tersebut dan sadar dirilah, maka kesalahan orang lain akan bisa dimaklumi.

4. Menyikapi Semua Hal dengan Bijak

Kebijaksanaan dalam menghadapi masalah tidak melulu hanya motivator yang boleh memilikinya, Agan Sista yang bukan motivator pun boleh bijak terhadap hidup kalian sendiri.

Bersifat bijaklah dalam menghadapi masalah, sebab memang setiap masalah benar-benar akan ada solusinya jika dipikir dan dicerna baik-baik GanSis.
Masalah tidak akan semakin kecil atau selesai jika ada emosi, itulah sebabnya sifat emosional benar-benar harus dikontrol sebaik mungkin.



Itulah GanSis cara mencegah sifat emosional yang tinggi atau temperamental. Mungkin memang tidak mudah untuk menahan emosi, tetapi paling tidak Agan Sista tahu dimana tempat harus menyalurkan emosi dan tidak sembarang emosi bahkan untuk sesuatu yang kecil dan tidak perlu diributkan.

Oke GanSis, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran hidup bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
alifrian.
alifrian. memberi reputasi
9
2.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.