• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Share Pengalaman Membeli Headunit Mobil yang Tepat Sesuai Budget

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Share Pengalaman Membeli Headunit Mobil yang Tepat Sesuai Budget


Adanya hiburan selama diperjalanan membuat suasana menjadi hangat, menghilangkan rasa jenuh dan kantuk, maka perangkat audio-video di mobil menjadi hal yang mutlak dan tidak bisa ditawar lagi. Mendengar musik, radio, atau menonton video adalah pilihan yang tepat.

Belakangan seiring dengan ketergantungan kita terhadap internet membuat fitur headunit oem dan aftermarket dipasaran menjadi bertambah, tidak lagi terbatas dengan audio-video saja tapi masalah konektifitas antara headunit dan smartphone menjadi fitur wajib di headunit zaman sekarang.

Headunit model single din atau double din tidak masalah selama mendukung perangkat nirkable atau kabel data yang bisa mengkoneksikan headunit dengan smartphone. Kegunaannya mungkin tidak perlu dijelaskan secara mendetail, namun yang paling umum sekarang ini adalah aktifitas seperti browsing, sosial media, membuka gps dan musik bisa bekerja dengan baik dan lancar.



Dipasaran memang ada banyak headunit aftermarket dijual dengan beragam fitur yang telah mendukung 2 operasi sistem terkenal seperti Android (AndroidAuto)dan iPhone (AppleCarPlay). Kedua operasi sistem yang sama tapi berbeda ini intinya mempermudah kerja kita terhubung dari smartphone ke headunit.

Headunit model zaman sekarang itu ibarat PC, sama-sama memiliki jeroan yang membutuhkan responsitifitas dan kerja yang cepat. Selain wajib tersedianya konektifitas operasi sistem tadi yang harus juga diperhatikan adalah spesifikasi hardware dan kualitas layarnya.

Percuma jika operasi sistemnya versi terbaru tapi responnya lemot, perpindahan menu lambat, touchscreen kurang sensitif, dan layar kurang tajam alias burik dan warnanya pun pucat. Tentu saja jadi kurang menyenangkan, bukan?



Ukuran Ram yang besar, layar sentuh sensitif, dan kerapatan layar yang tajam harus diperhatikan saat memilih headunit terbaik. Semakin besar angka RAM dan semakin rapat pixel layarnya akan semakin bagus.

Memang soal kualitas dan harga pastinya tidak akan bohong, tapi jika beruntung membeli merek dari asia ada juga yang bagus tidak murahan, tinggal menyesuaikan budgetnya masing-masing.

Hal lain adalah masalah konektifitas ketersediaan perkabelan yang mendukung kamera 3Dimensi. Mobil zaman sekarang rata-rata tersedia fitur kamera 3dimensi yang mempermudah kita saat parkir. Ketika kita upgrade headunit aftermarket pastikan tersedia socket khusus untuk kamera 3dimensi ini dan colokan kabel untuk speaker woofer terpisah.

Jika kamu seorang yang bertelinga emas, penyuka musik dengan kualitas tinggi maka hasil suara pastinya menjadi perhatian khusus. Selain memperhatikan spek hardware headunit perhatikan juga fitur bawaan pengaturan suara seperti kelengkapan efek (Equaliizer, Room effect, Penyeimbang suara, dll) dan ketahui juga karakter suara yang dihasilkan headunitnya.



Umumnya karakter suara headunit dipasaran adalah suara fokus pada vokal dan bass, kamu bisa tanyakan ke penjualnya dengan selera telingamu. Namun semuanya akan bisa disesuaikan setelah mengupgrade perangkat sound system dan hasil kerja tunner audionya. Menambah prosesor juga menjadi ide yang amat bagus.

Agar mendapat suara yang berkualitas disarankan berkonsultasi langsung pada tunner audio saat mensetingnya. Lakukan pengetesan beberapa musik sound check, lagu kesukaan dan penyesuaian efek suara yang diinginkan. Bisa ditambahkan peredam pada pintu, pilar, lantai agar suara yang keluar semakin fokus juga ide yang bagus.

Tapi perlu diingat sebelum berangkat ke toko aksesoris mobil yang menjual headunit adalah perlu membawa sendiri flashdisk yang berisi beberapa lagu favorit dan file film (.mp3, .wav, .flac, .mp4, .mkv) dengan suara dan karakter yang paling disukai dan dikenali. Saat pengetesan suara suara harus terdengar lebih baik dari sebelumnya, terutama pada bagian nada tertentu dan merata secara kualitas.

Terakhir, lebih baik menghindari pembelian secara online, tujuannya adalah agar tidak beli kecuali penjual memang menyediakan pemasangan ditempat dan memiliki mekanik khusus tunning audionya, maka bisa dipertimbangkan dengan harga paket.

Nah, itulah beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman pribadi tentang cara upgrade headunit aftermarket sesuai kebutuhan dan selera kita. Jika ada yang ingin menambahkan dipersilahkan dengan senang hati saya menerimanya sebagai referensi tambahan yang berguna. Terimakasih.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 06-07-2022 05:50
serviskabel
serviskabel memberi reputasi
4
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.