• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jarang Belanja Buah? Jangan Sekali Kali Nyebut Nama Buah Ini Nanti Bingung Sendiri!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Jarang Belanja Buah? Jangan Sekali Kali Nyebut Nama Buah Ini Nanti Bingung Sendiri!


Pernah ada kejadian lucu, minggu lalu saya dan mantan pacar sedang pergi kepasar tradisional untuk cari buah. Nah, kebetulan disebelah saya ada orang bule Amerika bertanya pada penjual; "Ada pisang?" dengan logat dan gaya khasnya sambil matanya mencari-cari buah yang dimaksudkan.

"Ada, mau pisang apa nanti saya ambilkan dibelakang,"kata sipenjual "Iya, pisang.." jawab si bule. Sipenjual bertanya lagi "Pisang Ambon atau pisang Barangan?" Wajah bule terlihat bingung dan sekali lagi dia cuma bisa menyebut "Ya, pisang, .. banana," katanya.

Daripada berlama-lama saya menyuruh sipenjual untuk mengambilkan beberapa jenis pisang agar dipilih oleh si bule. Dan bule akhirnya senang mendapat pisang yang dia mau, pisang Ambon.


Saya jadi timbul ide membuat tulisan mengenai ragam buah dan varietasnya yang ternyata memang di Indonesia itu kaya akan jenis buah-buahan. Bangganya tinggal dinegara tropis ini.

Kalian tahu tidak terutama buat kamu yang jarang beli buah-buahan kalau ingin membeli buah dan hanya menyebut 'nama ibu' atau nama buah secara umum akan menimbulkan kebingungan tersendiri seperti bule diatas?

Kalau belinya disupermarket mungkin tidak begitu kaget karena buah terpajang semua dengan rapih, tapi kalau kamu belanja buah dipasar tradisional kamu akan kebingungan sendiri atau malah cuek karena tidak tahu dan menerima begitu saja buah yang ditawarkan penjual.

Padahal kalau dagangan penjualnya lengkap kamu akan balik ditanya seperti si bule tadi. Ketika kamu menanyakan satu jenis buah saja misalnya buah Apel, Anggur, Pisang, Salak, Jeruk, Mangga, atau Jambu maka akan balik ditanya "Mau apel merah, apel hijau, atau apel manalagi?", "Ada anggur China, ada anggur Amerika dan anggur Bali", "Salak Pondoh atau salak Bali?", begitu seterusnya.



Mengapa pedagang buah tradisional menanyakan ini alasannya karena keterbatasan tempat, terkadang masih ada yang didalam kardus atau kotak kayu yang ditumpuk dibelakang sambil menunggu matang karena kotak kayunya ada yang diisi serbuk karbit (biasanya mangga, pisang, alpukat dll).

Indonesia yang kaya akan buah lokal dan banyaknya buah import masuk ke Indonesia membuat pembeli akhirnya diberikan banyak pilihan. Jangankan yang import, buah lokal pun banyak jenis varietasnya seperti buah mangga ada mangga arum manis, mangga madu, mangga golek, mangga gincu, mangga indramayu, dan banyak lagi. Ciri dan rasanya pun mantap.

Jadi setelah membaca thread saya ini buat kamu yang jarang belanja buah bisa jadi masukan, setidaknya kamu jadi tahu varian buah dan jenis buah apa yang akan kamu beli. Jangan sampai niatnya beli Jambu air malah dapatnya jambu Mete. Muehehe.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 09-07-2022 12:11
screamo37
screamo37 memberi reputasi
16
7.5K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.