ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Dilema Aborsi Para Korban Pemerkosaan


Menurut Anda seperti apa hukumnya aborsi? Tentunya apa yang disebut aborsi itu haram dalam agama dan dalam keadaan tertentu termasuk ilegal dalam hukum di negara ini. Hukum mengenai aborsi diatur dalam UU no. 39 tahun 2009 tentang kesehatan yang mana dijelaskan alasan-alasan aborsi diperbolehkan sekaligus juga dilarang.

Pada pasal 75 dijelaskan beberapa kondisi yang dapat mengecualikan larangan aborsi, di antaranya adalah bila kehamilan mengancam nyawa sang ibu atau adanya kemungkinan genetik bawaan genetik cacat yang akan menyulitkan hidup sang bayi nantinya.



Dalam pasal itu pula dituliskan bahwa bayi yang tercipta dari pemerkosaan dan dapat menyebabkan trauma psikologis bagi sang ibu, legal untuk diaborsi. Tentunya praktek aborsi ini harus mendapat persetujuan dari pihak-pihak bersangkutan dan juga tenaga kesehatan berwenang.

Meski demikian itu secara hukum, bagaimana dengan sudut pandang moral?

Mungkin buat yang masih ingat dengan band Padi pasti ingat lirik lagu mereka yang bunyinya; ’Kita terlahir bagai selembar kertas putih.’ Nah, itu dia, tak ada bayi yang terlahir dengan dosa. Tak peduli meski lahir di kandang babi sekali pun, seorang bayi itu suci layaknya kertas yang baru dicetak. Dan karena anggapan itulah aborsi dianggap sebagai sebuah kejahatan keji, tak peduli meski sang ibu adalah korban pemerkosaan.



Mungkin di sekitar Anda sendiri ada banyak orang yang suka sekali ikut campur urusan orang lain. Mereka selalu mengatakan bahwa Anda harus begini, harus begitu, harus jadi seperti ini, harus bersikap seperti itu, blablabla blablabla. Orang-orang seperti ini akan berteriak paling keras untuk menentang aborsi tetangganya yang korban pemerkosaan, tetapi saat si anak lahir mereka juga yang akan berteriak paling keras mencap anak itu sebagai anak haram.

Akhirnya si ibu, sang korban, terjebak dalam dilema berkepanjangan. Di satu sisi dia tidak menginginkan anak, itu sesuatu yang terjadi di luar keinginannya. Namun di sisi lain ada kemanusiaan dan moralitas yang membuatnya harus melahirkan sang anak.

Tentunya jika menggunakan akal sehat menggugurkan bayi di kandungan adalah pilihan terbaik. Coba bayangkan kondisi si ibu, belum tentu dia bisa membesarkan si anak dengan penuh cinta dan dukungan seperti ibu-ibu normal, terlebih si anak akan tumbuh besar tanpa seorang ayah. Mungkin akan lebih baik bila sang anak tak perlu melihat dunia yang kejam ini. Tak perlu dicap sebagai anak haram.



Namun di sinilah uniknya manusia. Manusia punya tiga macam otak; satu di kepala, satu di selangkangan, dan satu lagi di hati. Tergantung situasi dan kondisi, salah satu otak bisa menguasai tubuh secara penuh dan jika sudah melibatkan kemanusiaan, moral, dan kehidupan bermasyarakat, otak yang berada di hatilah yang terkadang menggerakkan tubuh kita.

Cinta, belas kasih, tanggungjawab, tak ada manusia yang bisa sepenuhnya membuang emosi-emosi ini sehingga beberapa orang memilih menanggung semua resiko dan melahirkan sang anak. Keputusan yang berat, tentu saja, mungkin suatu hari nanti si ibu akan menyesal, mungkin juga dia akan sangat bersyukur.

Konten Sensitif


Meski demikian tak sedikit juga yang memilih melakukan aborsi. Biasanya para pelaku masih tengah menempuh pendidikan, masih remaja, dan otaknya masih dipenuhi dengan senang-senang belaka. Melakukan aborsi tentunya akan melenyapkan sumber masalah ke depannya dan juga menyelamatkan masa depan sang anak, tetapi aborsi juga bisa menyebabkan masalah-masalah baru seperti rasa bersalah hingga kemandulan.

Pada akhirnya pilihan mana pun yang diambil tetap akan ada resiko dan bebannya masing-masing. Dirudapaksa hingga hamil benar-benar seperti makan buah simalakama dan karena itu lebih baik untuk menghindar. Tentunya kejahatan bisa terjadi di mana-mana dan oleh siapa saja, tetapi kita selalu bisa menghindar, selalu bisa mengurangi resiko.

Namun jika sudah benar-benar terjadi… berdoalah. Semoga Tuhan menuntun jalanmu.

sumur
Diubah oleh ih.sul 07-07-2022 06:40
ushirota
ushirota memberi reputasi
12
2.2K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.