• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Waspada Keracunan AC Mobil Saat Berkendara, Lakukan Cara Ini Sebagai Pencegahan
Satu keluarga keracunan AC mobil saat berkendara di Tol Pekanbaru-Dumai, wajib waspada dan jadikan ini sebagai pelajaran bersama


Publik tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video berdurasi 5 menit 5 detik yang memperlihatkan satu keluarga keracunan Air Conditioner (AC) mobil saat berada di Tol Pekanbaru-Dumai pada hari Minggu, 3 Juli 2022 lalu.

Dalam video yang beredar, terlihat 4 orang tengah mengalami lemas di luar mobil saat berada di Tol Pekanbaru-Dumai tepatnya di kilometer 40 sebelum akhirnya diketahui oleh petugas Patroli Jalan Raya atau PJR Tol Permai.

Menurut penjelasan dari penumpang mobil mereka mengalami keracunan AC mobil, sampai akhirnya supir memutuskan untuk menepi dan keluar dari dalam kendaraan.

Saat mobil yang dikendarai oleh para korban dicek petugas, memang benar ditemukan adanya kerusakan pada bagian AC. Bau menyengat masih tersisa di dalam mobil yang diduga kuat adalah menjadi penyebab para penumpang mengalami keracunan.

Sebagai tindakan, team PJR membawa para korban ke klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Beruntung kejadian tersebut tidak merenggut korban jiwa karena supir segera menyelamatkan diri dengan menepi dan keluar dari dalam kendaraan.




Kejadian penumpang keracunan AC mobil ini bukan menjadi sebuah kasus dan kejadian yang baru dan pertama kali terjadi GanSis. Sudah beberapa kali diberitakan kejadian serupa yang bahkan sampai memakan korban jiwa.

Tidak dapat disepelekan, AC mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu di dalam kendaraan ternyata bisa berbahaya jika mengalami gangguan atau salah dalam penggunaannya.

Adapun penyebab kenapa AC mobil dapat mengakibatkan keracunan ternyata ada beberapa alasannya GanSis, mulai dari keadaan AC yang sudah tidak layak, tidak pernah dicek kebersihan dan fungsinya, atau juga bisa karena salah dalam penggunaan semisal menghentikan mobil dengan tetap menghidupkan mesin dan AC nya.

Penumpang kendaraan mengalami keracunan karena biasanya ada gas CO atau Carbon Monoksida yang merupakan dari hasil pembakaran mesin mobil.

Banyaknya kejadian penumpang mobil ini tentu harus dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua GanSis. Jangan sampai kejadian serupa terjadi dan dialami oleh kita sendiri atau keluarga terdekat yang sedang dalam perjalanan dan mengendarai mobil.

Lalu apa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari keracunan AC mobil yang bisa kita lakukan?
Berikut ini beberapa caranya GanSis.




1. Tidak Menghidupkan Mesin dan AC Saat Parkir

Masih banyak orang melakukan kesalahan ini GanSis, yaitu menghidupkan mesin dan menyalakan AC saat parkir dalam waktu yang lama.

Menghidupkan mesin dengan menyalakan AC dalam waktu lama bisa menyebabkan kebocoran gas buang yang masuk kedalam kabin mobil dan membuat orang yang ada di dalamnya keracunan.

2. Rutin Cek Kelayakan AC

Menurut beberapa informasi yang TS dapatkan, untuk menghindari keracunan AC mobil yaitu dengan cara rutin melakukan pengecekan kelayakan AC GanSis.

Kebocoran saluran pembuangan gas CO perlu dilakukan agar tidak ada kemungkinan gas bocor di dalam bagian mobil dan membuat orang yang ada di dalam mobil keracunan.

3. Menjaga Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara di dalam mobil perlu untuk diperhatikan dengan cara sesekali membuka jendela kendaraan GanSis.

Mungkin Agan Sista sering merasa terganggu dengan angin luar yang masuk melalui jendela, tetapi perlu diketahui bahwa ternyata sesekali membuka jendela itu perlu untuk dilakukan agar sirkulasi udara terjaga dan jika ada gas CO di dalam mobil segera dapat ternetralisir.

4. Mengetahui Gejala Keracunan AC

Pusing dan mual saat berada di dalam mobil, bisa jadi itu adalah gejala keracunan AC GanSis. Segera buka kaca jendela mobil atau menepi untuk sejenak keluar agar Agan Sista tidak lebih jauh menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan gas karbon monoksida.

Itulah GanSis beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keracunan AC mobil. Agan Sista harus waspada dalam berkendara karena keracunan AC dapat membahayakan keselamatan kalian.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
garpupatah
garpupatah memberi reputasi
14
5.4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.