iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kenapa Hp Dulu Baterainya Lebih Awet Tanpa Butuh Powerbank, Hp Sekarang Apakabar?


Saya tidak sedang mengecap atau asal ngomong karena saya mengalami 2 masa peralihan, 2 hape dimasanya. Hape 90an adalah era kejayaan Nokia cs dan era 2000an hp Samsung cs hingga kini.

Tahu dimana perbedaan mendasar keduanya tentu kita semua bisa menjawabnya, hape 90an fiturnya masih begitu basic dan sederhana berbeda jauh setelah era internet memasuki era handphone yang lebih modern, smartphone dengan berbagai fitur dan pengembangan yang lebih modern.

Menjawab pertanyaan dari judul thread saya kalau mau bernostalgia masa itu untuk sekali charge saja biasanya setiap 4 atau 5 hari sekali, beda sekali dengan zaman sekarang yang kalau perlu dalam sehari bisa 3-4 kali charge baterainya.

Casing dan layar yang masih begitu sederhana, saya ingat pernah punya Nokia yang tombol power On/offnya ada diatas.



Hape dulu memang awalnya hanya untuk bertelepon jenis 'portable' tanpa kabel. Fitur paling canggih pun hanya SMS, MMS dan bermain game Space Impact Nokia atau yang iklannya diperankan oleh presiden Amerika Serikat, Bill Clinton kala itu tengah asik bermain game Snake yang melegenda.

Dari deretan hape jadul yang pernah saya miliki diantaranya ada hp Philips 1994, beuh,.. baterainya kuat loh, bisa bertahan selama lebih dari 1 minggu tanpa charges dengan penggunaan normal. Dan Pda/Pocket Pc dan smart phone jadul seperti Motorola e680 saat itu juga belum butuh yang namanya powerbank.

Karena handphone zaman dulu kinerjanya nya memang masih begitu simpel, layar masih monokrom, pixel layar dan hasil foto yang masih burik, belum menggunakan jaringan internet yang jadi biang keladinya baterai jadi cepat habis. Semua pasti meng-amini karena kini setiap hari smartphone kita selalu terhubung dengan koneksi internet dari menggunakan hal yang sepele, bergaul, main game, tugas sekolah, sampai urusan pekerjaan harus ada internet.



Tapi dari rasa ketergantungan manusia dengan powerbank beruntungnya baterai smartphone sekarang mulai ada kemajuan seperti memiliki kapasitas yang lebih besar, perlahan tapi pasti suatu saat teknologi baterai akan semakin canggih dan semakin mengecil, tipis pula!

Nah, dari cerita saya kali ini apakah kalian juga mengalami era MMS terasa begitu istimewa, membuat file ringtone sendiri dengan format file .mid, koleksi video berformat .3gp, misscall, sms singkat?




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 04-07-2022 16:40
0
2.3K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.