Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
87
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c03ae7d42a0d786b1ee710/menyoal-bucinnya-rahwana-kepada-shinta
Cangkeman.net - "Tuhan, jika cintaku (kepada Shinta) ini terlarang, mengapa Kau bangun megah perasaan ini dalam sukmaku" Untaian kata tersebut diucapkan oleh Rahwana dalam kisah epos Ramayana dan cukup populer di kalangan para pencinta. Quote di atas adalah semacam protes sang Raja Alengkapura kepada Tuhan. Dia mungkin berpikir, cinta adalah anugerah. Tak ada yang bisa meniupkan rasa
Lapor Hansip
02-07-2022 19:32

Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta

Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta

Cangkeman.net - "Tuhan, jika cintaku (kepada Shinta) ini terlarang, mengapa Kau bangun megah perasaan ini dalam sukmaku"

Untaian kata tersebut diucapkan oleh Rahwana dalam kisah epos Ramayana dan cukup populer di kalangan para pencinta. Quote di atas adalah semacam protes sang Raja Alengkapura kepada Tuhan. Dia mungkin berpikir, cinta adalah anugerah. Tak ada yang bisa meniupkan rasa cinta ke-dalam sukma seseorang, kecuali Tuhan.

Dia berpikir sungguh aneh ketika perasaan cinta (yang dianugerahkan Tuhan) telah tumbuh, namun kemudian terbentur tembok pranata dan nilai-nilai yang notabene diturunkan oleh Tuhan juga. Dasamukapun liwung, dia mengambil keputusan menculik Shinta dalam keadaan nglayung atau setengah gila karena cinta. Kita semua tahu akhir cerita dari keputusan ngawur Putra Begawan Wisrawa ini.

Dasamuka, pejuang ataukah pendosa cinta?
Kacaunya, para pencinta newbie jaman sekarang malah memuja Raja Alengka ini setinggi angkasa. Banyak dari mereka yang mendapuknya sebagai idola dan panutan dalam urusan memperjuangkan cinta. Kaos-kaos dan beraneka macam souvenir yang berisi quote Rahwana tersebut laku keras di pasaran.

Bagi saya pribadi, Rahwana tetaplah pendosa dalam urusan cinta. Maka ketika seorang pendosa cinta telah diangkat menjadi idola, kan jadi kacau urusannya. Jangan-jangan nanti generasi selanjutnya akan berlomba-lomba merebut cinta dari pasangan sahnya, kemudian dengan bangga mendaku sebagai pejuang cinta sejati.

Ok.. untuk urusan rasa, Pakne Indrajit ini tidak salah. Dia punya hak yang sama dengan manusia lain untuk mencintai Shinta, atau wanita manapun saja. Entah itu single maupun yang sudah berkeluarga. Bukankah mencintai adalah hak segala bangsa? Baik bangsa manusia, jin, maupun bangsa raksasa sekalipun.

Kesalahan fatal Rahwana
Namun ada satu hal yang dilupakan Rahwana, dan itu menjadi kesalahan fatalnya; yakni ketika dia memanifestasikan cintanya kepada Shinta yang ketika itu telah bersuami Rama, dalam bentuk penculikan. Artinya jelas bahwa dia memaksakan cintanya kepada Shinta. Sedangkan segala bentuk pemaksaan dalam urusan cinta harusnya ‘gugur demi hukum’ kan?

Dasakanta bisa saja berlindung dibalik alibi bahwa selama masa penculikan tersebut dia sama sekali tidak menyentuh Shinta. (yakin lu? Bertahun-tahun menculik cewek cantik semlohai semacam Shinta; dan tidak ngapa-ngapain, ndak colak-colek? Jangan-jangan.. ah sudahlah) Toh tetap saja dia telah merebut Shinta secara paksa dari Rama. Pakai empati dikit ngapa? Coba bayangkan perasaan Ramawijaya, pasti sakit tauk...

Akan lain ceritanya andai saja si putra sulung Sukesi tersebut bisa 'menikmati sendiri' perasaan cintanya. Membawanya ke ranah pribadi nan suci dan sunyi. Jika demikian, mungkin saat ini kita akan kompak mengenangnya sebagai pencinta sejati, alih-alih sebagai dedengkot angkara murka.

Andai cinta Rahwana bersifat platonic
Andai saja Rahwana sempat mengalami hidup di era 90-an yang penuh dengan lagu-lagu mellow, dia akan mengenal sebuah kredo 'cinta tak harus memiliki' (yaaa.. meskipun hati akan terasa ambyar dan remuk redam, wkwkwk). Dia perlu belajar banyak dari kebesaran hati generasi 90-an ini. Belajar bagaimana merawat platonic love tanpa setitikpun keinginan untuk memiliki. Eh tapi, gimana caranya mencintai tanpa keinginan untuk memiliki? Ya simpan di dalam hati saja. Atau paling banter, tuangkan ke dalam syair lagu dan puisi.

Atau jika dia sempat hidup di jaman now, mungkin dia bisa menuliskan kisah patah hatinya ke dalam lagu-lagu ambyar ala Almarhum Didi Kempot; atau bisa juga dangdut hip-hop ala NDX aka familia. NDX aka familia, -kita tahu- mengusung sebuah kredo suci 'patah hati tak perlu ditangisi, cukup dijogedi'. Kan lumayan ta? Dia bisa tenar dan bergelimang uang dari hasil management patah hatinya.

Apa mungkin Rahwana yang berangasan itu bisa berpuisi? Eh jangan salah. Sampeyan gak akan bisa menduga apa yang bisa dilakukan cinta. Apalagi ketika sedang patah hati. Sekali patah hati, kau akan getol menulis puisi. Dua atau tiga kali patah hati, kau sudah akan layak disebut sebagai penyair. Jika sampai 27 kali kau patah hati, you are a sufi. Ndak percaya? Coba saja.

Andai Saya Menjadi Ramawijaya
Andai (catet ya.. andai lho ini) saya berada dalam situasi seperti yang dialami oleh Ramawijaya; cinta sejati saya direbut seorang yang berinisial Maulana Indraguna Sutowo, saya tidak akan memilih jalan perang. Ya iyalah.. lha saya mah apa atuh? Senjata tidak punya, berkelahi juga ndak ahli, wadyabala juga tiada. Tentu ndak realistis kalau dengan sumber daya yang serba terbatas itu saya menempuh jalan pedang melawan dia yang memiliki segalanya.

Saya akan memilih jalan cinta itu sendiri. Bersumpah untuk setia memelihara cinta dalam dada, entah sampai kapan. Sebab manalah saya tahu akan rencana Tuhan. Dia bisa menelusupkan rasa cinta ke dalam hati kita -pun mencabutnya- kapanpun Dia mau. Kita tak punya kuasa menolak atau menahannya.

Tanpa merasa perlu untuk memiliki DiSas secara fisik (dari Shinta kok njur merembet ke DiSas sih?). Saya akan menderaskan mantra "Jangankan memilikimu duhai cinta, melihatmu bersin atau angop saja aku sudah bahagia tanpa umpama", dan mengabadikan sosoknya dalam baris-baris puisi serta tembang. Sambil tak putus menyebutnya dalam doa. Bukankah doa adalah cara terbaik bagi para pencinta untuk memeluk (bayangan) kekasihnya? Begitulah kura-kura.


Tulisan ini ditulis oleh Rois Pakne Sekar di Cangkeman pada tanggal 19 Mei 2022.
profile-picture
memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.3K Anggota • 914K Threads
Halaman 1 dari 3
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 21:00
Mantappp emoticon-Big Grin

Tp lama2 akan pudar dngan sendirinya emoticon-Berbusa (S)
1 0
1
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 21:31
Agama emang segalanya
profile-picture
saniba.ovetad memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 21:36
Begitu menyentuuuuh.....krn mgkin mengalami cerita yg hampir sama😅😅😅 terimakasih agan
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 22:19
Bumi dan bulan ...
Ketika bumi memaksa bulan untuk menjadi miliknya, maka kehancuran lah jadinya.
Bagi Rahwana dan Sinta ...
0 0
0
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 22:32
Baca komik jadul Ramayana oleh RA Kosasih. digambarkan sang dewi Shinta semasa jadi tawanan dijaga oleh Trijata anak perempuan Wibisana. walau secara nalar berasa ga mungkin Rahwana yang brutal tiada bermoral juga bisa menahan diri sementara adik sendiri ialah si Wibisana juga dibunuhnya kemudian. namun di jaman now Sri Rama sendiri ada yang anggap kejam lantaran juga ga percaya dan mengadakan upacara bagi Shinta untuk membuktikan diri via kobaran api sementara pengerahan massa untuk menjemput sang dewi walau terdiri dari pasukan kera juga mengakibatkan banyak korban. dengan misi tambahan menuntaskan keangkaramurkaan raja raksasa yang sudah lama merajalela. kalau Shinta ga diculik mungkin sang biang angkaramurka juga bakal tetap dibiarkan bersimaharajalela. gitu kali
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
5 0
5
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 22:53
Tulisan keren
0 0
0
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 23:11
Bagus artikelnya, penuh makna dalam pemilihan kata-katanya emoticon-Cendol Gan
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 23:49
Rahwana juga ngak jelek jelek amat kali...
Bagi banyak orang yang sedang bucin di luaran sana..
0 0
0
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
02-07-2022 23:57
TS mantan pujangga nih.. lihai merangkai kata
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 00:14
Ternyata bucin udah ada dari jaman yg sgt lama ya gan emoticon-Ngakak


Quote:
mampir ke HTane dulu gan emoticon-Ngacir,

Mengenal teknologi Brainwave (gelombang otak)

> https://kask.us/iKoJv



Diubah oleh greasemonkey09
0 0
0
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 01:49
Klo dari sisi vedanga...dia udah sempurna. Mati di tangan Rama adalah jalan menuju dia mokhsa.
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
2 0
2
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 03:33
Bucinnya rahwana masih gentle dibanding arjuna.
Rahwan culik tp gak diapa apain beda ama arjuna mw sampe rudapaksa, arjuna kacau lagi bini orang diembat terang terangan
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 03:43
artikelnya bagus, bacanya jd enak.
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 04:29
Bagaikan tiada lubang yg lain...
Sadarlah Rahwana

emoticon-Traveller
0 0
0
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 05:50
Ah, cinta yang megah menggelora ujung-ujungnya sange juga, Rama juga sama, begitulah. emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 05:52
Sita/Shinta lebih doyan yg good-looking kek Sri Rama/Ramawijaya
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 06:11
bucin sama istri orang gan
udah ngga bener ini mah
emoticon-Ngakak
0 0
0
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 06:21
Pejuang cinta kok targetnya bini orang. Itu mah uncontrolled sange namanya. emoticon-Ngakak
Cewek diculik bertahun-tahun oleh the uncontrolled sange man, masih percaya tuh ga di touch? Hehehe..... Klo kata cak lontong...mikiiiirrrrr..... emoticon-Ngakak
profile-picture
khususfilm memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 06:23
Dalam cinta... Tidak ada paksaan...
Kalau ada paksaan namanya bukan cinta...emoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
khususfilm memberi reputasi
1 0
1
Menyoal Bucinnya Rahwana Kepada Shinta
03-07-2022 06:25
Karena, kita belajar...
Mencintai tidak harus memiliki...
Bagaimana mau memiliki... Sedangkan, diri kita saja bukan milik kita (milik Tuhan dan akan kembali pada Tuhan)

emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia