• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kelembaman, Istilah Fisika yang Jarang Didengar Di Dunia Otomotif

iskrim
TS
iskrim
Kelembaman, Istilah Fisika yang Jarang Didengar Di Dunia Otomotif


Lembab? Bukan, tapi ini lembam adalah istilah hukum Newton yang kalau diterjemahkan dalam bahasa awam adalah
"Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam itu akan terus diam. Sedangkan, benda yang mula-mula bergerak, akan terus bergerak dengan kecepatan tetap".


Hm, maaf kalau thread saya kali ini rada mikir, tapi saya akan berikan contoh paling sederhana, contoh yang bisa kita ketahui dan lihat sehari-hari dikehidupan nyata. Lanjuuuut.

Contoh pertama, kita melempar bola keatas secara vertikal maka bola akan melambung tinggi namun secara lam at laun bola akan melambat dan kembali turun akibat adanya gaya gravitasi. Bola akan kembali turun (menolak gerak karena memiliki berat benda, massa) ditambah adanya gravitasi bumi semakin mempercepat bola turun kebawah.



Contoh kedua, adalah misalkan kita sedang duduk anteng dikendaraan yang berhenti parkir lalu tiba-tiba si supir tancap gas sekencang-kencangnya, gaspool lah istilahnya maka badan kita yang memiliki masa akan berusaha diam (cenderung mempertahankan diri) tapi akan tetap terdorong ke belakang, atau ketika mobil melaju kencang tiba-tiba direm sedalam mungkin oleh si supir maka badan kita seolah akan terlempar kedepan.

Contoh ketiga,adalah truk gandeng bermuatan penuh atau kereta api menarik 8 rangkaian gerbong. Ketika kepala kereta api (lokomotif) bergerak untuk maju maka gerbong yang tadinya diam akan mengikuti gerak lokomotif kedepan. Namun jika lokomotif diam maka rangkaian gerbong juga ikut diam. Ketika berhasil berjalan ini artinya lokomotif berusaha menghancurkan sifat kelembaman tadi seperti halnya ada gaya dorong pada bola yang dilempar tadi, bola akan bergerak maju tapi akan kembali lagi.

Konten Sensitif


Contoh keempat, sebenarnya saya malas untuk menjelaskannya karena kamu pasti tidak ingin mengalaminya. Yaitu mendorong mobil yang sedang mogok. Ya, lagi enak-enak denger musik dan berhenti dilampu merah lalu ketika lampu hijau mulai menyala mobil tiba-tiba mogok. Mau tidak mau harus didorong, disini kondisi mobil yang memiliki berat (massa) tetap akan diam jika tidak didorong dan akan tetap diam ditempatnya bila tidak ada gaya dorong oleh seseorang atau bantuan truk derek.



Contoh kelima, mobil akan mengikuti kemana keinginan drivernya. Seperti misalkan mobil bergerak maju atau akan mundur harus dibantu dengan mengubah posisi transmisi untuk maju atau bergerak mundur ditambah dengan bantuan gas. Mobil yang tadinya diam meski mesin hidup akan tetap diam sebelum ada perintah dari transmisi dibantu dengan injakan gas.

Semoga penjelasan sederhana ini bisa kita mengerti tentang Kelembaman didunia otomotif. Terimakasih pak Isaac Newton! Mohon maaf jika penjelasan saya kurang memuaskan mohon kritikan dan sarannya. Terimakasih.




Sebuah opini
Ref. tkp1, tkp2
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-07-2022 11:32
fathroni
fathroni memberi reputasi
3
1.4K
13
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.