Yuri89
TS
Yuri89
Ratusan Buruh Sepatu Nike Terancam di PHK

Jakarta - Viral video karyawan PT Victory Chingluh Indonesia yang menolak pemutusan hubungan kerja (PHK). Dalam video yang beredar di media sosial, PHK dilakukan kepada karyawan yang tengah menjalani masa percobaan (training) di bawah tiga bulan.
Diduga perusahaan mengumumkan soal PHK secara mendadak. Berdasarkan keterangan salah satu karyawan PT Victory Chingluh Indonesia, awalnya karyawan yang statusnya masih masa percobaan tiga bulan dikumpulkan di kantin.

"Langsung PHK hari itu, padahal tanggal 11 Juli mereka seharusnya lulus masa percobaan," kata salah satu karyawan yang tidak ingin disebutkan namanya kepada detikcom, Rabu (29/6/2022).

Karyawan ini juga mengatakan, bahwa kabar PHK juga akan berdampak pada karyawan yang masih bekerja di bawah dua tahun.

"Saya setahun saja belum, jadi kita takut karena PHK kemarin itu mendadak. Nggak ada pemberitahuan. Jadi bakalan ada kloter kedua di bawah dua tahun. Kelebihan 9 line, aturan 40 line," tuturnya.

PT Victory Chingluh Indonesia merupakan sebuah pabrik alas kaki yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten.


Kemudian, berdasarkan dokumen yang diberikan kepada detikcom, alasan dari PHK tersebut karena perusahaan tengah mengalami penurunan pesanan hingga 30%. Dokumen ini merupakan keterangan dari karyawan perusahaan itu juga.

"Bahwa hasil meeting dengan management. Management menyampaikan bahwa kondisi perusahaan lagi menurun order sampai 30%. Maka manajemen akan merilis karyawan masa percobaan sebanyak 289 orang (karyawan masa percobaan) dalam jumlah 49 line dan targetnya 40 line" tulis dokumen karyawan.

Dengan persoalan tersebut serikat pekerja (sp)/serikat buruh (sb) Chingluh menolak dengan tegas keputusan PHK yang dilakukan perusahaan. Menurut karyawan, karena ada 289 orang artinya akan ada upaya PHK gelombang kedua.
"Maka ini sangat disayangkan karena perusahaan tidak pernah mau mengakomodir usulan dari sp/sb yaitu membuka program penawaran namun, itu pun ditolak oleh perusahaan," lanjut dokumen tersebut.

Sebagai informasi, beredar video yang diunggah oleh @abouttng, tergambar sejumlah karyawan meneriakkan penolakan akan PHK yang dilakukan perusahaan. Tidak hanya itu, ada juga karyawan yang menangis karena pengumuman dari perusahaan.


"Tolak-tolak PHK, tolak PHK sekarang juga," suara gemuruh karyawan dengan tepukan tangan dalam gedung PT Victory Chingluh Indonesia.

"Buruh bersatu tidak bisa dikalahkan," lanjut gemuruh karyawan.


Susah juga punya perusahaan besar yak..
Pendapatan menurun, karyawan gak mau di phk. Terus gajinya darimana..
Diubah oleh Yuri89 01-07-2022 15:23
garpupatah
garpupatah memberi reputasi
12
3.3K
46
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.