D.D.o.S
TS
D.D.o.S
Pengamat Nilai Surya Paloh, JK, dan SBY Potensial Jadi King Maker Pilpres 2024


Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Menara Nasdem Jakarta, Minggu (5/6/2022)



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengungkapkan tiga sosok potensial yang bisa menjadi 'king maker' dalam pertarungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ketiga sosok itu, kata dia, muncul dari hasil pertemuan antara Partai NasDem dengan Demokrat dan PKS beberapa waktu lalu di NasDem Tower Jakarta.


Dimana pertemuan parpol itu tercipta usai NasDem mengumumkan tiga bakal calon presiden yang akan diusung pada 2024 mendatang pada Rakernas kemarin.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu kandidat yang digadang akan diusung.

"Setelah NasDem mengumumkan nama tiga kandidat Capres maka PKS dan Demokrat segera merapat itu bukti yang cukup nyata, titik temu Demokrat dan PKS NasDem ada pada nama Anies Baswedan ya," kata Adi kepada wartawan dalam pesan singkatnya, Kamis (30/6/2022).



Dirinya menilai munculnya nama Anies Baswedan pada hasil Rakernas NasDem membuat Demokrat dan PKS langsung merapat ke NasDem.
Hal itu, kata dia, disebabkan PKS memiliki basis pemilih yang besar untuk mendukung Anies menjadi Presiden.

Sedangkan Demokrat menilai Anies sebagai simbol non koalisi pemerintah dan simbol oposisi karena tidak dimiliki oleh partai manapun.


"Serta punya kepentingan untuk menyorongkan AHY sebagai cawapresnya," beber Adi.

Dari variabel itu, kata Adi, yang memungkinkan ketiga sosok yakni Surya Paloh, Jusuf Kalla dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa menjadi king maker dalam Pilpres mendatang.



Sebab, kata dia, sejauh ini Demokrat masih memiliki ketergantungan kuat pada SBY sementara JK dinilai sebagai mentor utama politik untuk memilih Anies Baswedan.

Sedangkan Surya Paloh merupakan Ketua Umum NasDem yang akan mengusung Anies sebagai Capres.



"Variabel ini kemudian yang bisa menjelaskan kalau Surya Paloh, Jusuf Kalla dan Susilo Bambang sangat potensial jadi king maker di 2024 kita tahu," ucap Adi.



"Makanya sangat mungkin tiga sosok ini akan menjadi king maker di 2024 yang bisa mempertemukan begitu banyak kepentingan terutama kepentingan untuk bisa maju bersama berkoalisi mengusung Anies Baswedan bisa maju pilpres 2024 dengan tiga partai NasDem, PKS dan Demokrat," tukas dia.

Sumur

Pengamat kok melupakan mak banteng dan prabowo, emoticon-Ngacir

apawaal
apawaal memberi reputasi
1
1.8K
74
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.