valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
JakPro Ungkap Biaya Perawatan-Operasional JIS Capai Rp 60 M Per Tahun


Jakarta - PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap biaya perawatan dan operasional Jakarta International Stadium (JIS) mencapai Rp 60 miliar per tahun. Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto menjelaskan rincian kebutuhan pemeliharaan operasional JIS tersebut.

"Per tahunnya sekitar Rp 50-an (miliar), Rp 60-50 (miliar) itu adalah biaya seperti pemeliharaan, operasional house keeping, security, mechanical, electrical," kata Widi dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6).

Widi juga bicara soal lampu-lampu di JIS yang harus diganti sesuai dengan kebutuhannya. Termasuk pembiayaan asuransi yang masuk pos anggaran pemeliharaan puluhan miliar tersebut.

"Kalau ada lampu, itu harus diganti. Termasuk kepada utilitas juga. Asuransi bangunan juga masuk ke situ. Itu memasuki operasional dan maintenance. Itu rutin," jelas Widi.

Sementara itu, Direktur JakPro Gunung Kartiko menjelaskan soal depresiasi atau biaya yang timbul karena adanya penggunaan aset tetap yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Gunung mengatakan biaya depresiasi dan operasional JIS lebih dari Rp 200 miliar per tahunnya.

"Dari sisi masterplan development kita bisa lihat bahwa ada beberapa area pengembangan yang sebenarnya kami planning untuk menutup tadi yang disampaikan oleh Pak Widi, depresiasi yang cukup besar dan biaya operation maintenance yang cukup besar," ujar Gunung.

"Kami hitung biaya depresiasi dan operasi maintenance itu lebih dari Rp 200 miliar per tahun. Paling besar memang depresiasi Rp 150 miliar itu yang mungkin harus kita bahas bersama dari mana kami bisa mendapatkan revenue untuk menutup tersebut," imbuhnya.

https://news.detik.com/berita/d-6151...60-m-per-tahun

Dengan kata lain.. JakPro tekor > 200 M per tahun cuma gara2 JIS.. emoticon-Malu (S)

Dengan asumsi biaya sewa persija 1 M per pertandingan aja.. Tiap minggu ada event d JIS pun kaga bisa buat nutup biaya operasional nya.. emoticon-Malu (S)

Ini lom ngitungin cicilan + bunga yang mesti d bayar ke pemerintah pusat lho.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 30-06-2022 00:57
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
13
2.2K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.