valkyr1
TS
valkyr1
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman


Jakarta - Sempat heboh narasi yang menyatakan Candi Borobudur dibangun oleh Nabi Sulaiman. Isu ini juga sempat dibukukan oleh KH Fahmi Basya. Tapi, seperti apa faktanya jika melihat sudut pandang ilmiah arkeologi dan sejarah?

"Memang kalau berdasarkan tinjauan tim, faktanya tidak seperti itu. Kalau KH Fahmi Basya menuliskan Borobudur kerajaan Nabi Sulaiman ya kita tidak tahu pendekatannya seperti apa," kata Brahmantara Pengkaji Pelestari Borobudur di acara 'Eureka! Edisi 6: Rahasia Borobudur', Senin (27/6/2022).

"Bicara dari aspek sejarah, arkeologi dan pelestariannya, itu tidak sesuai," lanjut Brahmantara menegaskan bahwa Candi Borobudur bukan buatan Nabi Sulaiman.

Candi Borobudur sendiri dibuat oleh Dinasti Syailendra, menurut penjabaran Bram di sekitar abad ke-8. Ini pun tertuliskan pada prasasti Sri Kahulungan sehingga bisa ditentukan waktu tahun pembuatannya.

Ada juga cerita yang didapatkan dari prasasti lainnya yang kemudian dikumpulkan untuk ditelaah lebih lanjut. Dari kumpulan prasasti ini, peneliti kemudian baru berani menyimpulkan kapan peninggalan ini dibangun dan siapa penggagasnya.

Candi Borobudur dibangun atas titah Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra tahun 824 dan selesai pada masa Ratu Pramudawardhani. Ilmuwan-ilmuwan Belanda seperti NJ Krom mencatat legenda lokal yang menyebutkan nama Gunadharma sebagai arsitek Borobudur.

"Kan kita pendekatannya seperti itu ya, kita melihat bukti-bukti faktual. Ada prasasti kemudian beberapa bukti catatan lainnya, jadi tidak asal menduga saja tapi berdasarkan literasi dan bukti-bukti faktual yang ada," tandasnya.

https://inet.detik.com/science/d-615...-nabi-sulaiman



Kalau borobudur itu benar peninggalan nabi sulaiman.. artinya borobudur harus d kembalikan fungsinya jadi masjid lagi.. kaya hagia sophia.. emoticon-Mad (S)

emoticon-Blue Guy Bata (L)


emoticon-Ngacir

Quote:



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 29-06-2022 07:30
GoKiEeLaBieEzZaloishviniest
viniest dan 33 lainnya memberi reputasi
34
4.7K
147
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.