• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • 'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)

iskrim
TS
iskrim
'Mata Kucing' yang Jarang Orang Ketahui Manfaatnya (Sering Kelindas?)


'Mata kucing' atau paku jalan sebagaimana namanya adalah memberikan efek pantulan bila tersorot cahaya lampu kendaraan, memang sangat berguna bagi pengendara yang tengah melintas dijalan yang minim penerangan jalan.

Mata kucing yang paling sering kita temui ada 3 jenis dan bentuk; segi empat, tiang, dan bulat. Ketiganya di ciptakan dengan harapan memiliki fungsi yang maksimal sesuai dengan kondisi jalan dan dipasang sesuai dengan pertimbangan maksimal untuk hal keselamatan berkendara.

Seperti Glass Stud atau kita sebut dengan bola (membulat) mata kucing, sering kita temui biasanya tertanam cukup dalam dan berjejer mengikuti arah tepi garis bahu jalan atau pemisah jalur 2 arah.



Glass Stud memiliki kelebihan dapat memantulkan cahaya dari berbagai sudut pandang pengemudi, sehingga paling aman digunakan untuk petunjuk jalan untuk menunjang keselamatan dalam berkendara terutama saat cuaca berkabut dan malam hari. Glass Stud sangat cocok digunakan pada jalan yang memiliki banyak belokan ataupun jalan yang memiliki persimpangan sebidang (tapi bukan jalan tol).

Bentuk Glass stud sebenarnya hanya separuh bulat, selebihnya berbentuk tabung pendek dan kecil tujuannya adalah agar dapat tertanam dengan baik dan kuat karena sering menerima benturan ban. Selain Glass stud yang memiliki standar reflektif, ada juga jenis yang didalamnya sudah tertanam led dengan bantuan tenaga surya mini sehingga cahayanya lebih terang dan jangkauan penglihatan bagi pengemudi pun jadi sangat baik.



Ketiga jenis mata kucing tadi selain menjadi penunjuk jalan tapi juga memberi efek kejut berulang-ulang agar pengendara segera tersadar bila sudah melewati batas aman jalan yang dia lewati. Kita seharusnya sangat bangga dan berterimakasih pada Percy Shaw sang penemu 'mata kucing' jalan ini karena telah membantu dan menyelamatkan kita dari malapetaka dijalan saat minim penglihatan dan minim cahaya.

Dulu kecilnya saya era 90an dimana didaerah saya sedang dibangun proyek jalan tembus provinsi sering iseng dengan sengaja melindasnya dengan ban sepeda saya. Saya dan teman-teman secara bergantian melindas dan bermanuver zig-zag diantara Glass Stud dan Cone pembatas jalan. Tapi ya gitu, kalau lagi apes melintasi Glass Stud ban sepeda kita bisa saja meleset dan sepeda jadi seperti terhuyung, kita pun nyaris terjatuh tapi anehnya terus saja mengulanginya.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

hsk31
hsk31 memberi reputasi
28
7.3K
75
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.