• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Chipset Snapdragon 778G, Ternyata Lebih Stabil Dibanding Series Lain! Ga Percaya?

.r4hma.Avatar border
TS
.r4hma.
Chipset Snapdragon 778G, Ternyata Lebih Stabil Dibanding Series Lain! Ga Percaya?




Hi sobat ponsel,

Ponsel setiap tahunnya pasti ada saja yang baru, bahkan jangankan hitungan tahun hitungan bulan sudah ada yang baru.

Eits, tapi tunggu dulu gan. Biasanya yang kamu pikirkan untuk ponsel kelas bagus adalah series tertinggi, seperti series 8 yang kita kenal.



Ponsel memang beda-beda harganya, bahkan chipset yang dipakai juga demikian ada seri tertinggi ada juga untuk menengah dan terakhir kelas bawah.

Tapi ini hanya berdasarkan pengalaman saja dari beberapa user ponsel yang saya pernah temuin nih gan! Sebenarnya kalau mau ponsel harga ga murah tapi juga ga mahal banget, apapun ponselnya namun chipset ini saya nilai cukup stabil.



Karena dari beberapa temen yang pakai merasa nyaman, dan enjoy walau bisa dibilang kalau dari performa di awal tentu series 8 lebih mendominasi tapi sayang masih kurang stabil.

Kalau series ini stabil banget, untuk multitask, untuk main game berat juga stabil, performanya juga sudah oke. Dan ponsel-ponsel dengan chipset ini layak juga untuk ponsel utama.



Yup, chipset snapdragon 778G yang sudah mendukung 5G bisa dinilai cukup stabil dibandingkan yang lain di brand yang sama.

Sebenarnya Chipset ini diluncurkan pada Mei 2021, namun sampai sekarang menurut saya pribadi masih jadi yang terbaik dan stabil dan tidak menimbulkan panas berlebih.



Bahkan chipset ini juga bukan untuk generasi ponsel khusus kelas atas, tetapi kelas menengah ke atas.

Namun untuk bersaing dengan chipset kelas atas masih bisa bersaing, bahkan snapdragon series 8 biasanya diawal kencang namun ditengah-tengah akan drop tidak stabil. Namun untuk 8 gen 1 belum pernah coba, karena ponsel harga mahal TS belum ada pengalaman, mungkin juragan ada yang punya dan bisa share pengalamannya.



Spesifikasi singkatnya, chipset Snapdragon 778G yang diproduksi oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) via proses manufaktur 6 nm.

Untuk komponen CPU, ada delapan core yang terbagi dalam tiga klaster. Klaster pertama diisi satu core Kryo 670 Prime (2,4 GHz).

Klaster kedua diisi tiga core Kryo 670 Gold (2,2 GHz), dan klaster ketiga diisi empat core Kryo 670 Silver (1,9 GHz). Kryo 670 Prime dan Kryo 670 Gold merupakan modifikasi dari Cortex A78, sedangkan Kryo 670 Silver menggunakan basis asli mikroarsitektur Cortex A55.

Cortex A78 adalah mikroarsitektur yang sama dengan yang digunakan SoC flagship Snapdragon 888.



Bisa dibilang performanya mirip Snapdragon 860/855+, Kirin 990 5G, MediaTek Dimensity 920, Exynos 9825 atau chipset Apple A12 Bionic. Tapi, menariknya lebih stabil dibandingkan Snapdragon 860.

Ponsel yang kamu bisa beli untuk mendapatkan chipset ini ada Samsung Galaxy A52s, A73, M52 5G, realme GT Master Edition, 9SE, Huawei Nova 9, Xiaomi 12 Lite dan vivo T1 Pro 5G.

Rentang harga paling murah di vivo T1 Pro 5G dan Realme 9 SE di harga Rp 4 jutaan dan paling mahal di Samsung A 73 di harga Rp 7 jutaan.



Bagaimana tertarik membeli ponsel dengan chipset ini? Buat saya sih sangat recomended banget gan, untuk ponselnya pilihlah yang sesuai budget dan selera.

Semoga info ini bermanfaat, bila berkenan share, cendol dan rate 5 see u next thread.


By r4hma


Sumber 1, 2






Quote:
Diubah oleh .r4hma. 24-06-2022 10:31
bang.toyip
Gttkaca2
nowbitool
nowbitool dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.5K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.