.r4hma.Avatar border
TS
.r4hma.
Kamu Pilih Motor Yamaha Atau Honda?




Banyaknya pengguna roda dua di Indonesia membuat jalanan semakin macet, terutama untuk akses di kota-kota besar.

Habis mau bagaimana lagi, dunia teknologi semakin berkembang. Terutama dunia otomotif pasti setiap 3 tahun sekali akan berubah design, dan juga tak hanya penampilan, engine serta cc besar semakin dilirik.

Belum lagi tenaga listrik mulai dikembangkan, walau pabrikan besar masih bertahan dengan yang konvesional brand China sudah banyak masuk membawa perubahan tentang motor listrik.



Berhubung tempat pemgisian listrik masih terbatas, saat ini masih fokus di motor berbahan bakar bensin.

Tapi di thread ini, berhubung di Indonesia ada dua pabrikan besar yang saling sikut dan pernah juga kerjasama melakukan kartel, yaitu Yamaha dan Honda maka kita akan bahas kedua motor ini dimata konsumen.

Bagaimana dengan Ducati, BMW, Aprilia, KTM? Bisa dibilang penjualannya di Indonesia terhadap motor eropa tidak sebesar dua pabrikan yang akan kita bahas.



Lantas apa kabar Suzuki, dan Kawasaki? Hampir serupa karena keduanya punya segmen yang berbeda, dan di Indonesia yang dilirik adalah moge buatan mereka, walau secara kualitas dua pabrikan Jepang itu berada di atas Yamaha dan Honda saat ini, tapi secara produksi dan service center serta nama kuat brand kalah pamor dengan dua pabrikan besar di Indonesia itu.

Oke sekarang kita tarungkan motor buatan Honda dan Yamaha, kamu pilih yang mana?

Disini saya akan mengulik motor yang saya pernah pakai saja, untuk Yamaha diantaranya saya pernah mencoba Vega R, Mio, dan N Max.



Sedangkan untuk Honda saya pernah menjajal Blade 110R, Beat, Vario dan terakhir PCX. Lantas berdasarkan analisis pribadi dari kedua brand ini ada kelebihan dan juga kelemahan.



Mesin



Untuk karakter mesin Yamaha lebih agresif di putaran bawah dibandingkan Honda. Apakah klepnya berbeda, namun untuk Blade putaran bawahnya juga agresif sebenarnya. Tapi untuk yang lain seperti biasa Yamaha lebih njos di putaran bawah.

Lebih enak untuk stop and go di daerah perkotaan, tapi efeknya mungkin ke bensin kali yak Yamaha jadi cepet boros dibanding Honda kecuali di kelas matic tipe atas.

Rem



Pemgereman Yamaha saya rasa lebih pakem dibanding Honda, apalagi kalau ada teknologi CBS bikin kepakeman dirasa berkurang terutama pada motor jenis matic Honda.

Namun efeknya juga Yamaha di komstir sering terkena masalah, entah ini saya yang pakainya jorok apa gimana hehehe...

Velg



Untuk kualitas Velg semakin muda tahun motornya semakin anjlok kualitas keduanya lebih mudah peyang, namun Honda bisa dibilang masih sedikit lebih baik terutama Vario 2012 masih pakai Enkei.

Saya rasa kualitas Velg bawaan motor jadul, lebih kuat dibandingkan motor baru yang sekarang. Tapi mungkin agan ada pengalaman berbeda.

Suspensi



Kalau ngomongin suspensi entah kenapa semakin kesini Honda agak kurang nyaman dibandingkan Yamaha. Tapi untuk produk lawasnya seperti Supra ane akuin Honda rajanya.

Tapi tetep Honda masih lebih baik dibandingkan Yamaha kalau untuk masalah ini.

Busa Jok



Jok motor merupakan hal yang utama, karena nyaman tidaknya berkendara tergantung Joknya. Untuk Honda Jok terasa lebih keras dan kurang nyaman dibanding Yamaha yang empuk dan biasanya kalau pake Honda pasti busa joknya diganti sama yang kaya punya Mio.

Empuk, enak, pantat terasa lebih nyaman bila berkendara jauh.

Design



Urusan design sih relatif, tapi dari kebanyakan motor Yamaha designnya lebih baik dibanding Honda.

Karena ane lebih suka design tegas dan meruncing, maka Aerox, Vario 2017, bisa dibilang design cukup bagus. Selebihnya, ya tergantung kesukaan tidak bisa dibandingkan.



Nah, itu sih menurut saya kalau menurut agan bagaimana? Dan pilih yang mana?

Semoga info ini bermanfaat, bila berkenan share, cendol dan rate 5 see u next thread.


By r4hma


Sumber klik, klik


kaiharis
goeltom25338186
64m64n9s
64m64n9s dan 29 lainnya memberi reputasi
30
15.6K
382
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.