Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mobil Ketabrak Kereta, Apa bener Mitos adanya Gelombang Elektromagnetik?

50F14Avatar border
TS
50F14
Mobil Ketabrak Kereta, Apa bener Mitos adanya Gelombang Elektromagnetik?
Kecelakaan mobil tertabrak kereta api kembali terjadi. Siang tadi, Selasa (21/6), sebuah mobil tertabrak KA Argo Sindoro di Tambun, Bekasi. Akibatnya, satu orang tewas.
Penyebab kecelakaan ini masih didalami. Namun diduga, mobil tersebut mogok saat melewati perlintasan kereta dan tertabrak KA Argo Sindoro hingga terseret sekitar 500 meter.

"Di dalam mobil itu ada satu sopir yaitu suaminya, kemudian ada istri dan satu orang anak. Ada 3 orang di dalam mobil itu. Yang meninggal 1 yang sopirnya itu. Tiba-tiba kendaraannya mati, anak-istrinya turun nah bapak yang sopirnya itu masih berusaha untuk menghidupkan/menjalankan kendaraannya," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kompol Arga Dirja Putera dalam wawancara yang ditayangkan dalam video 20detik, Selasa (21/6/2022).

Kenapa mobil bisa mogok di perlintasan kereta? Menurut Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, kemungkinan mobil mogok di perlintasan kereta karena human error. Dia bilang, kebanyakan peristiwa mobil mogok di tengah perlintasan adalah mobil transmisi manual yang kemungkinan karena salah penggunaan gigi atau karena panik.

"Kalau saya lihat yang sering terjadi adalah, antara jalan sama rel kereta itu biasanya kan jalannya jelek. Biasanya kalau mobil manual, nggak ada momentum sehingga kalau salah kopling itu pasti nyangkut. Ini saya ngomong manual, kalau matik harusnya nggak ada masalah. Biasanya dia (mobil manual mogok di rel kereta karena) nggak ada momentum. Kalau ngebut juga kan risiko, mesti pelan-pelan. Mungkin aja pada saat itu karena nggak ada momentum akhirnya mobilnya mati. Mungkin aja pakai gigi tinggi sehingga saat momentum lewat rel itu mati karena seharusnya pakai gigi rendah," kata Didi kepada detikcom, Selasa (21/6/2022).

1. Menurut Didi, biasanya di perlintasan kereta api sebidang itu jalanannya sedikit rusak. Karenanya, untuk melewati perlintasan kereta mobil perlu momentum untuk naik secara perlahan. Kemungkinan saat melaju pelan itu mesin mati. Didi menyebut, saat melewati perlintasan kereta api seharusnya pakai gigi rendah. Jika pakai gigi tinggi, bisa jadi momentum hilang sehingga mobil mogok.

2. "Karena mungkin panik. Kalau panik sudah susah. Panik pasti apa pun bisa terjadi. Misalnya salah masukin gigi atau pedal kopling. Terus masalahnya kalau mogok nggak bisa distarter lagi, itu mesti dicari tahu masalahnya apa. Karena panik mungkin bisa, terus karena mobilnya pada saat itu bermasalah mungkin saja bisa," jelasnya


Mitos Ada Gelombang Elektromagnetik

Sementara itu, beredar narasi yang menyebutkan mobil bisa mogok di perlintasan kereta karena dipengaruhi gelombang elektromagnetik dari kereta tersebut. Didi menampik anggapan tersebut.
"Itu mitos. Kalau misalnya pengaruh dari gelombang elektromagnetik, setiap mobil atau motor yang lewat (perlintasan kereta) pasti mogok, itu logikanya. Jadi nggak ada hubungannya antara gelombang elektromagnetik sama mobil yang melintasi rel kereta. Nggak ada hubungannya sama sekali. Kita ngomong sebagai orang awam aja, kalau memang ada elektromagnetik berarti semua mobil yang lewat situ akan mati. Kenapa ini cuma sewaktu-waktu aja?" ucapnya.

Didi bilang, peristiwa mobil mogok di perlintasan kereta api ini tak hanya terjadi di Indonesia. Di luar negeri juga banyak kejadian serupa, tapi tidak ada yang menyimpulkan mobil mogok karena gelombang elektromagnetik.

"Kalau saya lihat bukan hanya di Indonesia, saya cek di Amerika segala macam, ternyata kejadian seperti ini juga ada. Kesimpulannya sama, karena saat melintasi itu jalannya nggak bagus sehingga butuh momentum, karena jalannya jelek pelan-pelan, sehingga mungkin salah pengoperasian giginya, sehingga nggak kuat, mati," ucapnya.


Sumur


Intinya sih, pengecekan dan perawatan berkala pada kendaraan kudu tetap terjaga yaa gan, cek secara berkala itu penting, apalahi pemakaian utk harian..

Gimana menurut ente GanSist ??
Diubah oleh 50F14 22-06-2022 01:35
0
1.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.