lingkarpolitikAvatar border
TS
lingkarpolitik
Pembangunan IKN Dimulai Awal Agustus 2022, Kebutuhan Logistik dari Luar Kaltim


Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rencananya akan dimulai pada awal Agustus 2022 ini. Sejumlah persiapan telah dilakukan dan telah memasuki tahapan finalisasi.

Plt Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam membenarkan bahwa rencana pembangunan IKN akan dimulai pada awal Agustus tahun 2022 ini. Sebab sejumlah kegiatan telah dilakukan proses lelang.

Sehingga tinggal menunggu tahapan pengerjaan proyek pembangunan fisik. Mulai dari jalan hingga beberapa infrastruktur pendukung lainnya.

"Mungkin awal Agustus ini sudah dimulai pembangunannya, walaupun semuanya sudah ada kegiatan persiapan di lapangan," kata Hamdam pada Sabtu (18/6/2022).

Sejauh ini tahapan yang telah siap di lapangan yakni pengerjaan jalur logistik. Jalur ini menjadi penentu awal berjalannya pembangunan IKN nanti. Pasalnya, kebutuhan logistik menjadi sangat vital, sehingga pemerintah melakukan persiapan.

"Jalur logistiknya sudah persiapan dari beberapa bulan yang lalu," tambahnya.

Selain itu, Hamdam menyebut 95 persen kebutuhan logistik di Kalimantan Timur (Kaltim) sejauh ini datang dari luar daerah.

"Kita tidak punya cukup bahan-bahan baku untuk pembangunan di sini. Kecuali material alam seperti batu dan pasir, tapi itu kan komponen yang tidak banyak," tuturnya.

Dalam mempermudah proses mobilisasi logistik untuk pembangunan IKN, pemerintah akan memanfaatkan Pelabuhan Balikpapan-PPU sebagai jalur pendistribusian.

Termasuk memperbaiki infrastruktur jalan agar dapat memuluskan proses pengiriman material pembangunan menuju IKN.

"Jadi bisa lewat darat dan laut. Pasti dimanfaatkan, ada beberapa pelabuhan khusus, intinya seluruh pelabuhan khusus akan dimanfaatkan untuk menerima logistik, termasuk pelabuhan yang ada di Balikpapan," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/202...-dipenuhi-dari

mediokersparta
apawaal
apawaal dan mediokersparta memberi reputasi
2
1.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.