Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)
Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)

Merawat kendaraan tidak melulu urusan mesin, interior, dan eksteriornya saja tidak lengkap jika belum merawat bagian sepatu alias ban kendaraan. Ibarat pakaian sudah rapih pakai jas dan wangi tapi masih pakai alas sendal jepit yang buluk rupa.

Perawatan seputar ban bukan juga melulu masalah masa pakainya, tekanan anginnya, ketebalannya tapi kita juga harus memperhatikan kondisi ban ketika lama terparkir bisa menyebabkan flat spot.

Apakah flat spot itu? Menurut sumber yang saya baca flat spot adalah dimana kondisi permukaan ban (motor, mobil) terdapat bagian yang merata pada salahsatu permukaan ban, dengan kata lain bentuk ban tidak lagi membulat sempurna disebabkan ban terlalu lama diam dan terus menahan beban dititik yang sama, berhari-hari bahkan sampai berbulan-bulan.

Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)

Flat spot bisa dialami oleh semua tipe ban jika kendaraan terlalu lama diam ditempat terjadi perubahan bentuk. Gejala lain akan terasa setelah kendaraan dibawa jalan maka ada perasaan mengganjal atau ban berputar tidak mulus seperti melewati sebuah benda padat berulang-ulang pada durasi yang sama.

Kita tidak perlu khawatir atau sampai harus mengganti dengan ban yang baru. Selama kondisi ban masih bagus, umur ban belum habis masa pakainya maka ban tadi tetap bisa digunakan seperti biasanya. Tidak perlu khawatir ban jadi rusak, hanya kenyamanannya saja jadi berkurang.

Jika tanda ini kamu rasakan pada motor atau mobilmu maka sebaiknya melakukan treatment cukup ketempat jasa isi angin atau tambal ban. Mintalah tukangnya untuk mengurangi tekanan angin hingga mencapai kira-kira 15psi dulu. Lalu kendaraan dibawa jalan berputar-putar sekitar 1 kilometer sambil berputar kembali ke bengkel.

Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)
Bengkel lengkap menyediakan alat khusus 'Tire rest tool' mengembalikan bulat ban dengan cepat.

Tujuannya adalah mengembalikan kelenturan ban dan agar ban kembali bulat sempurna seperti semula. Baru kemudian ban yang mengalami flat spot tadi diisi angin 40psi, diamkan sekitar 1 jam dengan posisi ban diangkat menggantung tidak menyentuh tanah (bisa dengan cara didongkrak dulu).

Setelah itu semua ban diisi angin sesuai dengan standarnya. Bawa kendaraan berputar-putar kembali dijalan yang rata, biasanya tips ini selalu berhasil dan flat spot akan hilang.

Sedangkan tips agar kendaraan diniatkan parkir dengan waktu yang cukup lama maka sebaiknya tekanan angin dilebihkan 3-5psi dari tekanan standarnya, ini bertujuan agar ban memiliki kekuatan lebih lama dalam menahan beban di satu titik dan waktu efusigas (keluarnya angin/gas dari suatu kompartemen melewati lubang kecil) lebih lama maka flat spot bisa dicegah lebih lama.


Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)

Sebuah opini
Ref. tkp1, tkp2, tkp3
Img. Gugel


Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)
Flat Spot Pada Ban, Istilah Asing yang Harus Kita Tahu (Nggak Baca Rugi)
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 19-06-2022 11:04
njupriek
emineminna
Okutet
Okutet dan 17 lainnya memberi reputasi
16
4K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread15.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.