ariemailAvatar border
TS
ariemail
Produk Gagal Yang Dilupakan
Motor Matic Ini Dianggap Produk Gagal di Indonesia, Beberapa Malah Sudah Dilupakan



Dianggap lebih simpel dan nggak ribet seperti jenis motor lain seperti bebek maupun sport, banyak orang di Indonesia yang saat ini lebih memilih untuk membeli matic.
Meskipun mengalami peningkatan dari segi permintaan serta penjualan dalam beberapa dekade ini, ternyata ada juga lho beberapa motor matic yang bisa dibilang produk gagal, baik dari segi bentuk, performa, maupun penjualannya.
Kira-kira motor apa aja sih itu?
Berikut motor matic yang sempat dicap sebagai produk gagal di Indonesia.


Yamaha Xeon RC



Motor yang diharapkan Yamaha untuk menjadi pesaing Honda Vario ini berakhir tragis karena kalah jauh dari rivalnya, bahkan penjualan Xeon RC masih berada di bawah Mio dan Soul GT.
Buruknya penjualan dari Xeon RC ini sendiri diyakini karena adanya anggapan dari para konsumen yang menilai motor besutan Yamaha ini boros pada segi bahan bakar.


Yamaha Lexam



Diluncurkan untuk bersaing dengan Honda Absolute Revo, Yamaha Lexam juga memiliki sistem transmisi mesin matic dengan bentuk mirip seperti Jupiter MX.
Respon pasar terhadap Yamaha Lexam pun mirip-mirip denga Honda Absolute Revo karena motor yang satu ini juga diberhentikan proses produksinya pada tahun 2013 lalu dengan alasan kurang laku di pasaran.


Honda Revo AT



Motor matic tapi bentuknya kaya motor bebek, gimana bentuknya? Ya, wujudnya kaya Honda Absolute Revo gini nih sob!
Jadi, Honda Absolute Revo yang pertama kali rilis pada tahun 2010 ini sendiri memiliki desain dengan bentuk hampir 90% motor bebek, namun memiliki sistem transmisi mesin matic.
Honda sendiri akhirnya menghentikan proses produksi dari motor matic berwujud bebek ini pada tahun 2013 karena nggak memenuhi selera pasar yang menyebabkan penjualannya tak sesuai dengan ekspektasi.


Yamaha Nouvo



Produk yang bisa dibilang sebagai embahnya motor matic ini pertama kali diproduksi oleh Yamaha pada sekitar tahun 2002 (versi standar), 2004 (sporty), dan 2005 (Nouvo-Z).
Minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai motor matic kala itu membuat motor besutan Yamaha dengan sentuhan bebek ini nggak laku di pasaran, sampai akhirnya Yamaha Nouvo berhenti produksi pada tahun 2007.
Uniknya, usai proses produksinya dihentikan, motor yang satu ini menjadi buruan para kolektor karena dianggap memiliki bentuk yang unik jika dibandingkan dengan lainnya.


Kymco Free LX



Motor pabrikan Taiwan ini sebenarnya memiliki banyak keunggulan dibandingkan matic-matic lain pada zamannya, seperti kapasitas tangki 5 liter, bensin irit, serta footstep yang bisa diatur hanya dengan menekan tombol aja sob.
Sayang, merk motor yang satu ini kalah mentereng dari Yamaha, Honda, maupun Suzuki yang otomatis membuat produk Kymco nggak laku di pasaran.

Nah itu dia aganista, beberapa motor matic yang sempat dicap sebagai produk gagal di Indonesia. Gimana menurut aganista sekalian..





Inspired by: PMS Lounge
#ForumKaskus via @KASKUS
indrag057
dieq41
provocator.3301
provocator.3301 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Scooter Matic
Scooter Matic
288Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.