• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Deretan Sensor yang Tak Masuk Akal di TV Wakanda, Dari Tupai Sampai Atlet Renang

cintadine
TS
cintadine
Deretan Sensor yang Tak Masuk Akal di TV Wakanda, Dari Tupai Sampai Atlet Renang


Sejak beberapa tahun belakangan penayangan tv nasional memang semakin tidak menarik saja dan semakin banyak orang yang malas menonton tv seiring dengan semakin majunya teknologi digital. Orang beralih ke digital karena tayangannya lebih bebas dan tanpa kekangan yang namanya Lembaga Sensor Film (LSF) dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Tayangan do tv nasional itu sudah tidak menarik dan ditambah lagi oleh sensor ajaib yang dilakukan oleh pihak stasiun tv dan mereka melakukan itu karena takut kena sanksi oleh KPI. Rasanya hanya di negeri Wakanda ini penyensoran secara berlebihan dan tak masuk akal terjadi. 

Sampai sekarang sensor-sensor seperti itu terus dilakukan dan akan ramai dan viral ketika KPI membuat ulah terbaru. Ada banyak sensor-sensor yang tak masuk akal yang ada di tv nasional kita dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Kartun dan Anime yang Kena Sensor di Luar Nalar

Masih ingat sensor Shizuka yang pakai baju renang di anime Doraemon? Itu hanyalah contoh kecil saja dan pernah viral beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya ada Sandy si Tupai yang juga pernah kena sensor dalam kartun SpongeBob dan itu adalah salah satu keajaiban yang pernah terjadi di negeri Wakanda ini. 



Tak berhenti di situ, anime-anime lain pun kena sensor seperti Tsunade yang juga ikut kena sensor dan juga gambar-gambar sejenis. Sang pembuat animenya pun mungkin akan geleng-geleng kepala jika tahu kalau di sini sensornya sedemikian berlebihan dan mending tidak usah ditayangkan saja sekalian.

Bukan hanya itu, anime atau kartun yang tayang di tv nasional juga sering kali kena blur bagian senjata dan darah. Begitu juga dengan adegan-adegan pertarungan yang dipotong-potong dan membuat penonton kebingungan. Sudah berapa anime yang kena begal KPI dan tidak boleh ditayangkan lagi.

Yang terbaru adalah tayangan My Hero Academia d RTV yang penuh dengan sensor dan blur.

2. Sensor Puteri Indonesia 2016

Sebenarnya yang melakukan sensor itu bukanlah KPI namun pihak stasiun tv sendiri. Akan tetapi stasiun tv melakukan itu karena saking takutnya dengan KPI yang seenak udelnya melakukan teguran karena tidak melakukan sensor. Itu terjadi ketika tayangan Puteri Indonesia 2016, kita tahu kalau kebaya adalah pakaian adat asli Indonesia dan sering dikenakan oleh para peserta Puteri Indonesia. Inilah yang disensor, bagian dada peserta. Jelas ini merupakan salah satu tindakan penyensoran yang luar biasa ajaib yang pernah terjadi di tv Wakanda.

Setelah diusut ternyata pihak stasiun tv mengaku "terpaksa" melakukan sensor tersebut karena tak mau berurusan dengan KPI kalau-kalau KPI menganggap itu adalah sebuah pelanggaran.

3. Sensor Atlet Renang

Pada 2016 yang lalu CNN Indonesia pernah menayangkan berita Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat dan memberitakan persiapan atlet renang menuju PON ke-19 tersebut. 

Ada satu hal yang membuat kita mengerutkan kening yaitu tubuh seorang atlet renang wanita diblur total dan hanya tersisa kepalanya saja. Sontak saja sensor ini membuat heboh netizen saat itu. Kasusnya sama, pihak stasiun tv yang parno dengan KPI dan menyikat habis dengan cara blur total.

4. Senjata Juga Kena Sensor

Ane pernah nonton film Saving Private Ryan di Bioskop Trans TV dan lucunya senjata para tentara kena blur, buat apa dilakukan penyensoran itu? Apakah anak-anak atau remaja langung depresi setelah melihat senjata api di TV? pisau juga kena sensor, padahal pisaunya cuma buat motong kue. emoticon-Ngakak (S)

Senjata yang kena blur ini terjadi di hampir semua film action dan bahkan di acara film kartun sekalipun.

5. Adegan Gelut dipotong

Ane pernah nonton film James Bond di Bioskop Trans TV pas lagi seru-serunya adegan aksi dan James Bond sedang berkelahi dengan penjahat tiba-tiba ane merasa seperti James Blo'on dan kebingungan tiba-tiba penjahatnya sudah mati tanpa ada adegan penyebabnya. Ternyata adegan tersebut banyak dipotong dan tiba-tiba saja si penjahat sudah mati, menjadikan penonton tidak menyaksikan ceritanya dengan utuh. 

Adegan dipotong di film-film action sebenarnya sudah menjadi rahasia umum dan karena itulah para penonton lebih memilih nonton di aplikasi streaming yang utuh tanpa sensor yang menganggu.

Nah, gan. Ada lagi tayangan tv lainnya di Wakanda ini yang kena sensor tak masuk akal? emoticon-Ngakak (S)

Referensi
nekodhanimomo3003emineminna
emineminna dan 29 lainnya memberi reputasi
28
13.7K
234
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.