• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Sinetron Indonesia Terjelek yang dihujat Karena Plagiat dan Tidak Kreatif

cintadine
TS
cintadine
5 Sinetron Indonesia Terjelek yang dihujat Karena Plagiat dan Tidak Kreatif


Kalau kita membicarakan mengenai sinetron Indonesia, memang sinetron Indonesia yang mutunya baik hanya sedikit bahkan sejak puluhan tahun yang lalu sinetron lokal yang berkualitas jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari. Kalau yang berkualitas rendah dan asal jadi ya memang sangat banyak hingga detik ini.

ikatan Cinta ketika awal penayangannya memberikan cerita yang cukup fresh dan orisinil namun lama kelamaan malah ngawur dan ceritanya menjadi semerawut karena hanya mementingkan rating semata. Begitu juga dengan sinetron lainnya yang hanya berlomba-lomba panjang-panjangan episode.

Kalau sinetron Indonesia yang jelek itu biasa karena mungkin sudah menjadi tradisi. Tapi bagaimana dengan sinetron plagiat yang menjiplak serial tv dari negara lain? Tentu saja itu sangat tidak kreatif dan melanggar yang namanya hak kekayaan intelektual. Sudah mah plagiat, jelek pula.

Sebenarnya mengadaptasi serial tv dari negara lain seperti Korea Selatan bisa jadi legal asalkan membeli lisensinya untuk hak melakukan remake bukan memplagiatnya.

Nah, berikut ini adalah sinetron Indonesia yang merupakan plagiat dari serial drama Korea atau pun dari negera lain.

Dari Jendela SMP


Sinetron ini memang sudah menuai kontroversi semenjak pertama kali tayang di SCTV. Mulai dari ceritanya yang awalnya akan ada sepasang anak SMP yang melakukan hubungan di luar nikah sampai hamil sampai dengan sebuah adegan yang membuat seorang stuntman terluka saat syuting.

Bukan hanya itu, sinetron ini juga sempat dihujat oleh netizen karena salah satu episodenya dianggap melakukan plagiat Squid Game dengan judul Dolanan Game dengan atribut yang mirip namun dengan budget yang jauh lebih murah meriah dan cerita yang sama sekali tidak jelas dan juga tidak ada intinya. 

Beruntung sinetron ini tidak diperpanjang dan sudah tamat.

Siapa Takut Jatuh Cinta

Ini adalah sinetron Indonesia yang pernah tayang di tahun 2003 dengan dibintangi oleh Leony, indra Bruggman, Roger Danuarta, Steve Emmanuel dan Jonathan Frizzy. Sinetron ini dianggap sebagai plagiat Meteor Garden yang saat itu tengah booming dengan F4 sebagai para pemainnya. Ya, ceritanya juga sangat mirip yaitu gadis miskin yang kuliah di kampus orang kaya dan bertemu dengan empat orang laki-laki super kaya dan menjadi penguasa kampus.

Meteor Garden sendiri adalah adaptasi komik Jepang Hana Yori Dango dan Jepangnya sendiri baru membuat versi live actionnya pada 2005 kemudian Korea Selatan pada 2009 dengan judul Boys Over Flower. Nah, Siapa Takut Jatuh Cinta ini tidak membeli lisensinya dan sinetron ini berhenti tayang tidak sampai tamat.

Demi Cinta
Konten Sensitif

Sinetron Demi Cinta yang tayang di RCTI pada 2005 dianggap plagiat karena banyak kemiripan dengan drama Korea legendaris, Autumn in My Heart yang merupakan drakor yang pertama kali tayang pada tahun 2000 dengan dibintangi oleh Won Bin dan Song Hye Kyo.

Keduanya sama-sama menceritakan dua anak yang tertukar keluarga ketika masih bayi. Yang satu tumbuh di keluarga kaya raya dan satunya lagi bersama keluarga miskin dan mereka saling bertemu. Tidak ada kejelasan dari pihak pembuat sinetron apakah sinetron ini memang jelas-jelas menjiplak atau tidak.

Sinetron Demi Cinta dibintangi oleh Leony dan Rionaldo Stockhorst. Sedangkan Autumn in My Heart adalah drakor pertama yang menjadi gerbang gelombang Korea di kawasan Asia.

Kau Yang Berasal dari Bintang

Inilah sinetron yang pernah menghebohkan jagat maya karena dianggap meniru drama Korea berjudul My Love From the Star yang pertama tayang pada 2013 sedangkan sinetron ini tayang setahun sesudahnya. Dari segi alur cerita memang sangat sama yaitu seorang gadis yang menjadi aktris terkenal sejak kecil dan sering bertingkah seenaknya kemudian bertemu dengan pria tampan yang ternyata adalah seorang alien. Sebuah premis yang mirip dengan My Love From the Star.

Dikecam oleh netizen, sinetron yang dbintangi oleh Nikita Willy itu ternyata tak mendapatkan izin lisensi dari SBS, tv yang memproduksi My Love From the Star. Baru berjalan dua episode, alur cerita pun diubah. Ada-ada saja.

Cinderella Boy

Sinetron Cinderella Boy dibintangi oleh Ariel Tatum dan ditayangkan pada 2007. Sinetron ini sangat mirip dengan drama Jepang yang dibintangi oleh Shun Oguri yaitu Hana Kimi. Meskipun ditayangkan di tahun yang sama namun cerita Hana Kimi memang adaptasi asli dari manga Jepang berjudul sama rilisan tahun 1996. 

Keduanya sama-sama menceritakan tentang seorang gadis SMA yang menyamar sebagai laki-laki dan masuk ke dalam sekolah khusus laki-laki agar bisa menemui idolanya yang bersekolah di sana. Hana Kimi memang dikenal sebagai salah satu dorama terbaik yang penuh dengan kekocakan tiada henti. 

Nah, itu dia gan pembahasannya. Ya semoga di jaman sekarang sineas kita pada kreatif nggak seperti yang dulu. emoticon-Ngakak (S)

Referensi
goeltom25338186ZeroBlueGuy.KASKUS
BlueGuy.KASKUS dan 23 lainnya memberi reputasi
24
9.7K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.